Cara Agar Hardisk bad Sektor dapat digunakan kembali

Mengalami masalah seperti PC tiba-tiba error ketika dihubungkan dengan hardisk, mencopy atau men-cut file ke hardisk selalu bermasalah ataupun sebagaian besar file dalam hardisk tidak bisa diakses merupakan indikasi bahwa terdapat sektor atau bagian yang rusak di dalam hardisk anda, masalah ini kemudian diistilahkan dengan bad sektor.

Banyak artikel di internet tentang cara memperbaiki  hardisk dengan menggunakan software seperti misalnya HDD generator dan sejenisnya, namun percayalah bahwa solusi tersebut tidak begitu bergunan untuk masalah anda karena sejatinya untuk memperbaiki bad sektor pada hardisk di perlukan perlakuan secara fisik sementara sotfware seperti yang disebutkan sebelumnya hanya menyetel kesalahan sistem pada hardisk. Jadi fokus kita adalah bagaimana cara atau trik yang bisa kita gunakan supaya hardisk masih bisa digunakan dengan normal tanpa harus bertemu dengan masalah-masalah seperti lalod saat mengkopi dan sebagainya. Dan trik tersebut adalah memisahkan bagian atau sektor yang rusak dan mengunakan sektor yang masih bagus. 

Bagaimana caranya yuk simak langkah berikut..

1.  Langkah pertama adalah anda membutuhkan aplikasi management partisi, yaitu anda perlu mengistall aplikasi Minitools Partition Wizard di PC anda dapat mengunduhnya di internet( Mohon maaf kami tidak menyediakan apliaksinya karena masalah kebijakan google )
2.    Hubungkan hardisk yang bermasalah dengan PC anda lalu jalankan aplikasi Minitools Partition Wizard
3.  Pilih hardisk dan klik kanan kemudian pilih surface test, fitur ini bertujuan untuk mengetahui persentase bad sectro pada hardisk dan lokasi bad sector tersebut.


  Kemudian pada jendela yang terbuka kilk start now. Tunggu sampai hardisk selesai di scan.



Perhatikan hasil scan dibawah, warna merah merupakan bagian yang bad sector dan ternyata posisinya berada di bagian awal penyimpanan data. Sementara bagian yang berwarna hijau merupakan sektor yang masih bisa digunakan.



Artikel Lainya : Cara mengunakan Kuota data telkomsel di luar wialayah

4.       Langkah berikutnya adalah kita akan memisahkan bagian yang bad sektor tersebut dari partisi utama, jadi setelah pemisahan nantinya akan terdapat 2 partisi satu partisi yang bagus dan satunya lagi bad sektor. Nah untuk itu klik kanan pada partisi kemudia pilih Move/Resize.


5.     Kemudian kita perlu sedikit hitung-hitungan untuk mengetahui berapa besar partisi yang akan kita pisahkan dari partisi utama. Berdasarkan hasil scan di atas patisi saya ternyata mempunyai 29 sektor yang rusak namun karena sektor tersebut distrik atau tidak bersambung maka kita akan memasukkan semua bagian hijau yang terletak di antara bagian merah jadi totalnya ada sekitar 2 1/3 baris ( jumlah kotak  terhitung sampai akhir kotak merah di baris ketiga, jumlahnya adalah 178 kotak ). Hardisk saya mempunyai kapasitas 149 Gb atau 149.000 Mb dengan total kotak-kotak terhitung 3054, jadi jika kita bagi 149000 Mb/3054 maka hasilnya 48.8 jadi 1 kotak berukuran 48.8 Mb, jika saya akan memisahkan 178 kotak maka total size yang akan saya pisahkan adalah 178 x 48.8 Mb = 8686.4 Mb atau sekitar 8.6 GB dari partisi utama. caranya tinggal isikan angka tersebut ke bagian unnlocated Space Before dan penting pastikan bahwa ukuran tersebut merupakan bagian partisi yang berada diawal penyimpanan data hal ini mengacu pada lokasi bad sektor atau kotak-kotak merah yang ternyata berada dibagian awal penyimpanan data sesuai dengan hasil Surface Test sebelumnya. Lalu tekan ok
6.       Langkah akhir adalah dengan menekan apply di bagian kiri atas jendela aplikasi.




Jika sudah selesai dan berhasil maka sekarang hardisk anda terlah terbagi menjadi 2 partisi satu partisi dapat digunakan dengan normal dan satu lagi berisi bagian yang bad sektor. Jadi anda tinggal mengunakan partisi yang normal.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon