Cara Mudah mendesain Font Sendiri dengan Corel Draw


Masih tentang corel draw, kali ini akan dibahas cara mendesain font dengan mengunakan corel draw.
Baik langsung saja simak langkah-langkah berikut.

1.    Pertama tentu saja adalah komputer atau pc yang hendak  digunakan untuk mendesain font telah terinstal dengan sofware corel draw.  Pada tutorial  ini yang saya gunakan adalah corel draw X7. Petama-tama jalankan aplikasi corel draw di pc anda kemudian buka lembar kerja baru dengan mengklik new dokument pada tab welcome screen.


2.       Atur ukuran kertas (dimension Page ) isikan dengan ukuran 200 x 200 mm
3.   Kemudian untuk memudahkan menyesuiakan ukuran huruf nantinya dapat mengunakan guide line. Guide line adalah garis bantu untuk mendesain.


4.  Kemudian anda bisa membentuk huruf sesuai dengan desain yang anda inginkan. Anda dapat mengunakan shape atau fitur lainya pada tutorial kali ini saya mengunakan rantangle tools yang dipadukan dengan shape tools untuk membentuk huruf yang dinginkan. Desain huruf mulai dari A – Z masing-masing di page yang berbeda.

Desain huruf b
sampai huruf Z

       Baca Juga : Cara mengatur Setingan Print di corel draw

5.     Kemudian setelah semua huruf telah di desain arahkan kusor ke page 1, lembar dimana huruf A berada kemudian export dengan menekan logo export dibagian atas atau dengan menekan tombol ctrl + E. kemudian pilih lokasi penyimpanan yang anda inginkan kemudian save dalam format ttf.



6.     Kemudian isikan familyname dan kemudia tekan ok

7.       Selanjutnya akan muncul jendela true type export. Pada bagian sebelah character block yaitu bagian sebelah kanan jendela pilih huruf A kemudian klik ok


7.    Lanjutkan hal yang sama pada lembar ke  2 yang berisi huruf B yaitu export dengan menekan tombol Ctrl + E kemudian pilih file tempat huruf A tadi dan kemudian tekan ok. Jika muncul jendela persetujuan replace tekan ok. Kemudia pada jendela true type export pilih hurub b kemudia tekan ok. Lanjutkan langkah yang sama untuk setiap huruf yang anda desain.

8.       Kemudia anda dapat mengeceknya dengan menginstal font yang ada buat, caranya mudah cukup dengan menklik 2 kali pada file ttf yang anda buat.

  

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon