Sebelum hujan udara di malam hari serasa panas. Kenapa ya ? Fisika menjelaskan


Sebuah pepatah mengatakan bahwa Cikal bakal ilmu berasal dari tanda tanya.Keingintahuan akan berbagai hal mendatangkan ilmu bagi sipencetus tanya tersebut.Sebuah motivasi untuk belajar

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu
Tidak ada kata pembuka semulia salam.

Apakah anda pengamat alam ?

Kalau iya, pastinya anda pernah merasakan dan bertanya-tanya mengapa sebalum hujan datang dimalam hari akan serasa lebih panas dibandingkan malam-malam biasanya ?


Sebelum hujan udara di malam hari serasa panas. Kenapa ya ? Fisika menjelaskan


Ini disebakan karena adanya akumulasi panas di admosfer bawah.

Pada siang hari kurang lebih selama 12 jam,d ari pagi hingga soreh ( cuaca cerah)  bumi akan terkena radiasi sinar matahari. Sebagian besar Radiasi tersebut akan dipantulkan dan sisanya di serapa oleh permukaan bumi. Kemudian Pada malam harinya permukaan bumi akan melepaskan energi panas yang selama seharian dia serap dalam betuk radiasi termal menuju ke atmosfer luar.

Pada kondisi cerah radiasi panas akan bergerak tanpa halangan menuju ke atmosfer luar, sehingga tidak menimbulkan perubahan suhu lingkungan. Namun, pada kondisi tertentu aliran radiasi termal ini terhalang dan menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi panas di atmosfer bawah ( lingkungan ).

Pertayaannya sekarang adalah apa yang menghalagi aliran tersebut ?

Dan jawabannya adalah awan yang membawa uap air. Dan kondisi yang dimaksud diatas adalah kondisi sebelum hujan atau mendung.

Itulah mengapa udara akan terasa lebih panas ketika hendak hujan.

Para orang tua, kakek – nenek  mungkin sering memberitahumu hal ini. “Kalau udara malam hari serasa panas pasti akan turun hujan”. Mereka tahu padahal mereka tidak belajar fisika. inilah yang disebut pengalaman hidup.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon