dalam bisnis online produk merupakan
element yang paling esensial dalam mendukung kesuksesan bisnis. Produk yang
tepat pada waktu dan tempat yang tepat dapat mendatangkan banyak keuntungan. Sehingga
pemilihan produk apa yang hendak di pasarkan, merupakan hal yang sangat penting
dalam sebuah bisnis.
Untuk ini perlu cara untuk melakukan
reset produk yang tepat.
Salah satunya adalah dengan
memanfaatkan fasilitas di internet yaitu google Trends.
Apa itu google Trends ?
Sekedar info, bagi anda yang baru mendengar
istilah google trends, bahwa google trends adalah fitur web yang merupakan
bagian dari perusahaan google yang secaraa online dapat anda gunakan untuk
melakukan reset keyword.
Dalam hal ini dapat digunakan untuk
mencari produk yang lagi ramai pembeli. Hasil reset akan ditampilkan dalam
bentuk statistik grafik dalam kurunga waktu dan tempat tertentu secara detail.
Bagaiman cara menggunakannya ?
Pertama anda tentunya membutuhkan
akses internet untuk mengunjungi alamat https://trends.google.com.
Perhatikan pojok kanan atas dari
halaman awal google trends di situ ada kolom untuk memilih negara. Cari dan
pilih negara indonesia.
Sebelumnya anda sebaiknya membuat
daftar produk-produk yang anda hendak pasarkan, minimal dua. Kemudian lakukan
pembandingan dengan menggunakan google trends.
Pada kotak pencarian masukkan produk
yang hendak anda bandingkan.
Misalnya saya akan membandingkan antara
sepatu gunung dengan sepatu olahraga. Catatan : buat produk yang akan anda
reset lebih spesifik contohnya sepatu gunung merek x.
Pada kotak pencarian awal saya tulis
sepatu gunung kemudian search. Selanjutnya akan tampil statistik hasil
pencarian “sepatu gunung”.
Pada kolom bandingkan yang berada di
bilah kanan halaman masukkan produk yang hendak anda bandingkan. Misalnya saya
akan bandingkan dengan sepatu olahraga.
Sebelumnya anda bisa mengatur beberapa
hal untuk membuat hasil pencarian menjadi lebih spesifik.
Perhatikan gambar !
Pada point no 2 anda bisa memilih
negara tujuan, jika target anda dalam negeri tidka usah diubah.
Pada point nomor 3 anda bisa mengatur
rentang waktu. Misalnya saya ingin mengetahui perbandingan antara pencarian
produk sepatu gunung Vs sepatu olahraga dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Jadi
saya pilih yang 90 hari.
Kemudian pada point nomor 4 saya pilih
belanja. Maksudnya bahwa hasil reset nantinya merupakan hasil dari statistik
dari toko-toko online.
Dan point nomor 5 pilih penelusuran
web.
Kemudian akan muncul statistik hasil
pencarian untuk produk sepatu gunung dan sepatu olahraga dalam kurung waktu 3
bulan terakhir. Anda bisa memilih produk dari hasil rata-rata perbandingan.
Dari data warna biru mewakili spatu
gunung dan merah adalah sepatu olahraga.
Berdasarkan google trends ternyata dalam
kurung waktu 3 bulan di indonesia sepatu olahraga lebih banyak peminat dari pada
sepatu gunung.
Tidak berhenti di situ. Coba scroll
halaman kebawa. Perhatikan perincian berdasarkan wilayah atau lokasi. Dengan
ini anda bisa menargetkan wilayah mana lokasi pemasaran produk anda berdasarkan
wilayah peminat produk terbanyak.
Untuk ini anda juga perlu mengetahui
bagaimana cara pemasaran tertarget dengan menggunakan media sosial. Kami beri
rekomendasi cara pemasaran dengan :
·
Dengan
melalu WA.
WA saat ini merupakan aplikasi chat
yang paling populer. Hampir semua orang yang menggunakan hp android menggunakan
WA. Dengan cara tertentu anda bisa malaukuan pemasaran ke daerah tertentu di
seluruh indonesia dengan menggunakan WA tanpa harus mengetahui nomor kontak WA banyak orang.
Bagi anda yang belum tahu bagaimana caranya baca disini.
·
Dengan
melalui FB
Kalau FB siapapun pasti punya, ini
media sosial penguna terbanyak dan saat ini FB sudah menyediakan fitur khusu
pengiklanan baik secara gratis maupun berbayar. Baca juga : Cara jitu beriklanVia FB.
Kedua media sosial diatas merupakan
cara terampuh untuk melakukan pemasaran produk.
Saya kira cukup sekian, yang perlu
anda lakukan sekarang setelah anda membaca artikel ini adalah mulai
mengaplikasikannya dalam bisnis anda. Ingat.. sebuah perjalanan ribuan
Kilometer selalu dimulai dengan satu langkah.
EmoticonEmoticon