cara mencari produk yang ramai pembeli dengan mengunakan google trends

Tags

dalam bisnis online produk merupakan element yang paling esensial dalam mendukung kesuksesan bisnis. Produk yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat dapat mendatangkan banyak keuntungan. Sehingga pemilihan produk apa yang hendak di pasarkan, merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis.

Untuk ini perlu cara untuk melakukan reset produk yang tepat.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitas di internet yaitu google Trends.


Apa itu google Trends ?

Sekedar info, bagi anda yang baru mendengar istilah google trends, bahwa google trends adalah fitur web yang merupakan bagian dari perusahaan google yang secaraa online dapat anda gunakan untuk melakukan reset keyword.

Dalam hal ini dapat digunakan untuk mencari produk yang lagi ramai pembeli. Hasil reset akan ditampilkan dalam bentuk statistik grafik dalam kurunga waktu dan tempat tertentu secara detail.

Bagaiman cara menggunakannya ?

Pertama anda tentunya membutuhkan akses internet untuk mengunjungi alamat https://trends.google.com.  



Perhatikan pojok kanan atas dari halaman awal google trends di situ ada kolom untuk memilih negara. Cari dan pilih negara indonesia.

Sebelumnya anda sebaiknya membuat daftar produk-produk yang anda hendak pasarkan, minimal dua. Kemudian lakukan pembandingan dengan menggunakan google trends.

Pada kotak pencarian masukkan produk yang hendak anda bandingkan.


Misalnya saya akan membandingkan antara sepatu gunung dengan sepatu olahraga. Catatan : buat produk yang akan anda reset lebih spesifik contohnya sepatu gunung merek x.

Pada kotak pencarian awal saya tulis sepatu gunung kemudian search. Selanjutnya akan tampil statistik hasil pencarian “sepatu gunung”.

Pada kolom bandingkan yang berada di bilah kanan halaman masukkan produk yang hendak anda bandingkan. Misalnya saya akan bandingkan dengan sepatu olahraga.



Sebelumnya anda bisa mengatur beberapa hal untuk membuat hasil pencarian menjadi lebih spesifik.

Perhatikan gambar !

Pada point no 2 anda bisa memilih negara tujuan, jika target anda dalam negeri tidka usah diubah.

Pada point nomor 3 anda bisa mengatur rentang waktu. Misalnya saya ingin mengetahui perbandingan antara pencarian produk sepatu gunung Vs sepatu olahraga dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Jadi saya pilih yang 90 hari.

Kemudian pada point nomor 4 saya pilih belanja. Maksudnya bahwa hasil reset nantinya merupakan hasil dari statistik dari toko-toko online.

Dan point nomor 5 pilih penelusuran web.

Kemudian akan muncul statistik hasil pencarian untuk produk sepatu gunung dan sepatu olahraga dalam kurung waktu 3 bulan terakhir. Anda bisa memilih produk dari hasil rata-rata perbandingan.



Dari data warna biru mewakili spatu gunung dan merah adalah sepatu olahraga.

Berdasarkan google trends ternyata dalam kurung waktu 3 bulan di indonesia sepatu olahraga lebih banyak peminat dari pada sepatu gunung.  

Tidak berhenti di situ. Coba scroll halaman kebawa. Perhatikan perincian berdasarkan wilayah atau lokasi. Dengan ini anda bisa menargetkan wilayah mana lokasi pemasaran produk anda berdasarkan wilayah peminat produk terbanyak.



Untuk ini anda juga perlu mengetahui bagaimana cara pemasaran tertarget dengan menggunakan media sosial. Kami beri rekomendasi cara pemasaran dengan :

·         Dengan melalu WA.

WA saat ini merupakan aplikasi chat yang paling populer. Hampir semua orang yang menggunakan hp android menggunakan WA. Dengan cara tertentu anda bisa malaukuan pemasaran ke daerah tertentu di seluruh indonesia dengan menggunakan WA tanpa harus mengetahui nomor kontak WA banyak orang. Bagi anda yang belum tahu bagaimana caranya baca disini.

·         Dengan melalui FB

Kalau FB siapapun pasti punya, ini media sosial penguna terbanyak dan saat ini FB sudah menyediakan fitur khusu pengiklanan baik secara gratis maupun berbayar. Baca juga : Cara jitu beriklanVia FB.

Kedua media sosial diatas merupakan cara terampuh untuk melakukan pemasaran produk.

Saya kira cukup sekian, yang perlu anda lakukan sekarang setelah anda membaca artikel ini adalah mulai mengaplikasikannya dalam bisnis anda. Ingat.. sebuah perjalanan ribuan Kilometer selalu dimulai dengan satu langkah.











Artikel Terkait


EmoticonEmoticon