Contoh Soal Fisika C1-C6 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi oleh Anderson

Tags

Soal Fiska Berdasarkan Taksonomi Kognitif Revisi Bloom

Taksonomi Bloom khususnya pada ranah kognitif memfokuskan pada perkembangan intelektual yang diperoleh peserta didik pasca pembelajaran. Misalkan pada proses pembelajaran fisika, kesuksesan pembelajaran dapat di evaluasi dari kemampuan peserta didik menyelesaikan soal fisika disetiap jenjang tingkatan kognitif yang dipaparkan oleh Bloom. 

Bloom Membagi ranah kognitif kedalam 6 tingkatan yang kemudian mengalami revisi oleh Anderson yaitu :

  1. Mengingat
  2. Memahami
  3. Mengaplikasikan
  4. Menganalisis
  5. Mengevaluasi
  6. Mencipta

Masing-masing tingkatan kognitif tersebut di simbolkan dengan C (C1-C6) yang merupakan singkatan dari Cognitif.

Salah satu cara memahami ke enam tingkatan tersebut adalah dengan mengamati soal-soal yang terakait dengan tingkatan kognitif tersebut. Untuk itu berikut contoh soal fisika c1-c6.



    Contoh Soal Fisika C1-Mengingat.


    Soal tingkatan C1 menekankan pada aspek memori dalam artian bahwa peserta didik dapat mejawab soal dengan mengandalkan ingatan akan materi yang telah diajarkan.


    Contohnya : Satuan International (SI) dari tekanan adalah ?
     Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, peserta didik harus mempunyai ingatan terkait dengan tekanan. 

    Soal C1 memang merupakan kognitif tingakatan terendah, namun C1 ini sangat penting karena merupakan dasar dari tingkatan yang lain.

    Contoh Soal Fisika C2-Memahami.


    C2 atau kognitif kedua adalah memahami. Ada beberapa indikator dari memahami yang dapat diaplikasikan untuk membuat soalan fisika. Pada tingkatan ini peserta didik diharapkan tidak hanya mempunyai ingatan tekait materi tetapi juga dapat mengunakan ingatan tersebut untuk menjalaskan, menafsirkan, mencotohkan. 


    Contohnya : Perhatikan gambar dibawah !
    Sebuah bulu dan batu dengan massa yang sama dijatuhkan pada ketinggian yang sama pula. Gambar (a) dilakukan pada ruangan terbuka dan gambar (b) adalah ruang vakum. Tenyata walapun bendanya sama terjadi perbedaan hasil penamatan. Apakah yang menyebabkan fenomena tersebut. Jelaskan !



    Nah tentunya untuk menjawab pertanyaan tersebut peserta didik tidak hanya mengandalkan ingatan tetapi juga harus mampu mengkorelasikan antara ingatan satu dengan ingatan yang lainnya.



    Contoh Soal Fisika C3-Mengaplikasikan.


    tipe Soal C3 dalam fisika merupakan soal yang sangat mudah ditemukan. Mengaplikasikan dapat dikatikan dengan model soal yang menggunakan persamaan/rumus untuk mencari jawaban.


    contoh:Sebuah benda bergerak lurus 50 m ke arah Timur dalam waktu 60 sekon, lalu 30 m ke arah Barat dalam waktu 40 sekon. Laju dan kecepatan partikel itu selama waktu itu adalah...

    Untuk menjawabnya anda perlu mengaplikasikan pengunaan rumus laju dan kecepatan dengan mengunakan data yang diketahui.



    Contoh Soal Fisika C4-Menganalisis.

    Menganalisis (C4) termasuk kedalam ranah hots atau higher order thinking Skill dalam versi bahasa local disebut kemampuan berfikir tingkat tinggi sama halnya  dengan C5 dan C6. Kurikulum kita saat ini mencoba mengembangkan sistem pembelajaran untuk mengajarkan Hots ke para peserta didik. 

    untuk membuat soal fisika tinggkat C4 anda dapat menggabungkan dua sub materi atau dua persamaan untuk mencari jawaban penyelesaiaan soal. hal ini mengacu pada salah satu indikator dari C4 yaitu differenting. 

    Untuk contoh soalnya anda bisa melihanta di postingan kami sebelmnya Di link berikut : Soal Fisika Tingkat Kognitif C4 (menganalisis )


    Contoh Soal Fisika C5-Mengevaluasi.

    Mengevaluasi berati memberikan penilaian terkait soal. Dalam fisika soal C5 atau soal mengevaluasi dapat dibuat dengan memperhatikan  poin dan sistematika alur penyelesaikan soal. Menvaluasi mengarahkan peserta didik untuk menyimpulkan dimana kesimpulan akan diperoleh dari hasil memeriksa dan mengkritik. 

    Contoh Soal : dua buah benda dijatuhkan ke atas tanah yang lembek. Benda pertama berbentuk lancip bermassa 80 gram dijatuhkan pada ketinggian 2 m dari permukaan tanah. Benda kedua adalah sebuah bola pejal bermassa 120 gram yang dijatuhkan dari ketinggian 1.5 m dari permukaan tanah. 
    Dari kedua benda tersebut yang manahkan yang masuk kepermukaan tanah lebih dalam ? Jelaskan !
    Alur penyelesaian soal tersebut memerlukan urutan yang tepat. Pertama siswa harus menyelesaikan dan mencari sedalam apa masing-masing benda dapat menembus tanah kemudian mengevaluasi yang mana yang menembus tanah lebih dalam. 

    Contoh Soal Fisika C6-Mencipta.

    Tingatan C6 adalah mencipta. Dalam penerapanya di lingkungan sekolah, tipe soal ini masih sangat jarang ditemui. Biasanya hanya bisa ditemukan di olimpiade fisika. Di Kompetensi dasar fisika K13 pun masih sediit yang menggunakan KKO C6. 

    Mencipta yang dimaksud adalah bagaimana menformulasikan sebuah teori atau persamaan menjadi sebuah struktur yang menjelankan fungsi tertentu. 


    Contoh : Rangkailah Sebuah rangkaian seri-paralel dengan arus listrik sama besar di setiap percabangan dengan mengunakan 12 buah resistor masing-masing 5, 8, 12, 14, 56, 76, 2, 40, 100, 20, 5, 5 (satuan Ohm)

    Soal tersebut menuntut peserta didik untuk mencipta sebuah struktur dengan fungsi dan karakteristik tertentu bedasarkan pengetahuan yang dimilikinya.


    Artikel Terkait

    2 komentar

    Saya menyarankan agar diberi kunci jawabannya juga, supaya para pembaca dapat lebih paham tentang materi tersebut.


    EmoticonEmoticon