Download Format Sura Lamaran Kerja Resmi (doc)

Salah satu berkas yang wajib ada saat anda melamar kerja adalah surat lamaran kerja. Ini mungkin terdengar sebatas formalitas semata, tetapi tetap saja semua lowongan kantoran maupun non kantoran kerja pasti mempersyaratkan prihal surat lamaran kerja ini.




Mengenai format surat lamaran kerja bisanya ada jenis instansi tertentu yang memang melampirkan format surat lamaran bersama dengan pengumuman lowongan kerja yang mereka buka. Jadi, teliti dulu dan baca baik-baik pengumuman lowongan kerja yang anda hendak lamar.

Namun, jika tidak ada dan memang lebih banyak yang tidak melampirkan format lowongan kerja anda bisa menggunakan Format surat lamaran kerja yang umum digunakan. 

Baca Juga :

Investasi Profit Besar dengan Mesin Pemanen Padi


Struktur Surat Lamaran kerja


Adapun elemen-elemen utama yang wajib ada dalam setiap surat lamaran kerja adalah sebagai berikut. 

Struktur Surat Lamaran kerja


1. Tanggal dan tempat pembuatan lamaran kerja


Posisinya diletakkan di pojok kanan atas dengan format :

Tempat, tanggal-Bulan-tahun ( tempat, 01-01-2019)

2. Foto Terbaru


Tepat dibawah tanggal dan tempat letakkan foto berwarna dengan ukuran 3x4 cm

2. Instansi tujuan dan lokasinya


bagian ini berisikan instansi mana yang hendak anda kirimi surat lamaran dan dimana lokasinya.  Untuk bagian ini surat lamaran ditujukan kepada kepala instansi/ pemimpin dari loker yang hendak anda lamar. Contoh Format :

Kepada Yth,                                                                          
HRD Bapak/Ibu PT. Mega Wisata
Di Bandung


3.  Data Diri anda


Bagian ini merupakan bagian yang paling penting karena berisikan data diri sang pelamar. Adapun data-data yang perlu diisi adalah :
  • Nama
  • TTD
  • Jenis Kelamin
  • NIK
  • Pendidikan Terakhir
  • Jabatan yang dilamar
  • Alamat domisili
  • Agama
  • No Hp
  • email


4. Maksud dan tujuan surat


Bagian ini sebagai pengganti prihal, jadi pada bagian ini anda tuliskan maksud dan tujuan dari surat ini. untuk surat lamaran kerja bisanya kata-kata yang dapat anda gunakan seperti berikut:

Sehubungan dengan adanya penerimaan karyawan di perusahaan yang bapak/Ibu Pimpin, saya bermaksud mengajukan surat lamaran agar dapat bekerja di tempat yang Bapak/Ibu pimpin.

5. Daftar berkas yang turut anda lampirkan


Setiap loker resmi pasti mempersyaratkan berkas, ya minimal minta foto copy KTP atau Kartu Keluarga. Pada bagian ini semua berkas yang anda lampirkan harus anda tuliskan.

6. Nama & TTD pembuat


Tepat di bagian sudut kanan bawah tuliskan nama dan bubuhi dengan tanda tangan anda.


Berikut format surat lamaran kerja yang siap anda edit. Kami membuatnya dalam format ms. word 2013, ukuran kertas legal. Berikut previewnya.


Warna merah adalah bagian yang perlu anda ganti. Kami sengaja menandai teks dengan warna agar tidak luput dari perhatian anda.

Bagi anda yang membutuhkan silahkan download melalui link dibawah ini :



Catatan : untuk mendownload pastikan anda menunggu hingga berkas dimuat hingga 100% kemudian klik tombol yang muncul.

Sekian dan terima kasih semoga artikel sederhana dan link download suarat lamaran kerja ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada masalah atau pertayaan seputar surat lamran kerja ini, jangna sungkan untuk menuliskan pertyaan anda di komentar blog ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon