Cara Mengubah Ukuran Foto Pribadi Menjadi 4x6 dengan Mudah (online)



Foto hasil jebretan kamera tidak serta merta dapat digunakan begitu saja untuk keperluan resmi. Hal tersebut karena untuk keperluan formal, foto harus di ubah keukuran tertentu. Misalkan untuk data diri kebanyakan diwajibkan mengunakan foto dengan ukuran 3x4 cm atau ukuran yang lebih besar yaitu 4x6 cm. Adapun ukuran lainya seperti 2x3 cm lebih sering digunakan untuk pembuatan kartu indetitas.

Kebanyakan Tukang edit foto atau studio foto sering menyimpan foto dalam satu ukuran saja, misalnya dalam zise 3x4 cm atau 4x6 saja. nah ini akan menjadi masalah saat kita membutuhkan ukuran foto yang tida kita punya, misalnya kita butuh ukutan 4x6 cm sementara yang ada cuman ukuran 3x4 cm saja atau sebaliknya.

Memangsih banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk merubah ukuran suatu foto seperti Photoshop, Coreldraw dan aplikasi lainnya, tetapi masalahnya adalah tidak semua orang menginstal deretan aplikasi tersebut di perangkat komputer mereka. lagian masa ia kita buang-buang waktu dan kuota untuk menginstall aplikasi hanya untuk merubah ukuran foto ?

Terlebih lagi aplikasi seperti photoshop dan coreldraw mempunyai ukuran yang relatif besar dan juga tentu saja aplikasi tersebut tidak murah.

Berhubung karena hal tersebut pada artikel kali ini kami membagikan sebuah tulisan berisikantutorial bagaimana cara merubah ukuran Foto 3x4 ke 4x6 atau sebaliknya tanpa aplikasi. 

Untuk Ini anda memang tidak membutuhakn aplikasi pengedit foto tetapi syarat mutlaknya adalah anda atau perangkat komputer anda terhubung ke internet. Mengapa ? karena kita akan memanfaatkan Online Tools untuk merubah ukuran foto.

Merubah Ukuran Foto 3x4 ke 4x6 dengan tools online


Ada banyak Website penyedia tools pengubah ukuran foto seperti: 

resizeimage.net
resize-photos.com
imagerezise.org
befunky.com;
dll



namun pada tutorial ini kita hanya akan menggunakan 
imageresize.org sebagai websiter acuan tutorial untuk merubah foto dari 3x4 ke 6x4 atau sebaliknya. Alasanya karena lebih simpel dan mudah dingunakan.

#langkah 1

Buka situ https://imageresize.org/ di browser anda.  

#langkah 2

Pada halaman awal website imageresize anda akan menemukan kolom upload foto. Tekan tombol Upload dan pilih foto 3x4  yang hendak anda rubah.

#langkah 3

Scrol halaman agak kebawah, kemudian pada poin "Resize Image Demension" tepatnya pada menu image Size pilih custom Size.
Selanjutnya akan mucul menu tambahan dibawah , atur dan sesuaikan seperti gambar dibawah:

Nah perlu anda perhatikan pada bagian ini. setelan gambar diatas untuk membuat foto yang semula 3x4 menjadi 4x6 cm. Untuk bentuk sebaliknya yaitu merubah foto 4x6 menjadi 3x4 cukup ubah angka diatas menjadi 3 pada Width dan 6 pada Height.

#langkah 4
Setelah selesain, scroll layar kebawah sampai mentok . Anda akan menemukan Button "save and download image" klik button tersebut untuk menyimpan pengaturan anda.
Kemudian langkah pamungkas adalah tekan download image dibawah priview foto yang ukuranya anda ubah tadi.

Sekarang coba lihat foto anda.

Merubah Ukuran Foto 3x4 ke 4x6 offline via MS. Word


Hmm.. kita berandai-andai sejenak. Seandaiya kuota tiba-tiba habis atau anda memang tidak punya kuota untuk mengakses internet bagaimana cara merubah ukuran fotonya ?

jawabanya adalah anda bisa menggunakan ms. word. Aplikasi ini pasti ada di setiap pc/laptop jadi masih masuk kes long title judul artike ini kan yaitu tanpa aplikasi, dalam artian tidak perlu download aplikasi lagi.

Jadi bagaimana caranya ? Sebagai bonus, begini caranya. Sangaaat simpel.
1. Buka dan jalankan MS. word perangkat anda. 
2. Insert Image yang anda ingin ubah.

3. Klik kiri pada Image 2 kali maka automatis anda kan terbawa ke tab format. Perhatikan di pojok kanan atas lembar kerja akan muncuk ukuran image, tinggal ganti ukuran foto sesuai dengan ukurang yang anda butuhkan. 



Nah Bagimana, yang ini juga mudah kan ?
Semoga artikel kali ini bisa berguna untuk anda para pembaca sekalian , sekian dan terimah kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon