Lama Masa Berlaku Kartu ATM Sebelum Kadaluarsa, yuk di Simak !


Kartu ATM ternyata juga punya tanggal kadaluarsa loh! sudah kayak Indomie saja ya punya tanggal kadaluarsa segala.  Kadaluarsa di sini berbeda dengan makanan saat kartu ATM anda telah mencapai waktu expired maka anda tidak akan bisa lagi menggunakan kartu ATM anda. 

 Lho terus bagaimana dengan uang yang yang saya simpan di tabungan?

Yang tidak dapat digunakan Cuma kartu atm-nya bukan berarti uang anda juga tidak bisa ditarik, hangus atau sebagainya. jadi tenang, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan kartu ATM anda kembali sesuai dengan bank yang Anda gunakan. 

Cek tanggal Kadaluarsa Kartu ATM

Jadi bagaimana cara mengetahui kapan kartu ATM kadaluarsa?
Untuk mengetahuinya Anda dapat melihatnya di dekat ATM biasanya ada tulisan angka yang didahului oleh kode valid thru.  Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.



Kode valid thru pada kartu ATM di atas bertuliskan 04/22 artinya kartu ATM Anda dapat digunakan sampai bulan april Tahun 2022. Biasanya posisi dari kode thru ini berbeda-beda tergantung dari jenis ATM yang Anda gunakan. Ada yang berada di bagian depan ATM dan ada pula yang di belakang ATM. Mayoritas yang sering ditemukan adalah kode Valid THRU berada di tampak muka dari kartu ATM tersebut. 

Baca juga : Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Go Update 2019


Lama masa aktif dari kartu ATM sendiri biasanya berlaku selama 5 tahun jadi misalnya Anda membuat atm pada tahun 2019 maka anda dapat menggunakan kartu ATM tersebut sampai tahun 2024. Setelah itu Anda harus melakukan pembaruan kartu ATM untuk menggunakanya kembali. Anda dapat dilakukan melalui customer service dari bank yang Anda gunakan.

Memperbaruhi Masa aktif ATM 

 Untuk memperbarui atau mengaktifkan kembali kartu ATM yang telah kadaluarsa atau expired Anda harus memiliki buku tabungan dari ATM yang Anda gunakan.  Kemudian datang ke cabang dari bank yang Anda gunakan. Cabank Bank mana saja boleh yang penting masih merupakan anak cabang dari bank ATM anda, jadi tidak mesti harus ke bank tempat anda dulunya membuat ATM.

Selanjutnya anda akan diberikan formulir yang harus diis.i Jangan lupa untuk membawa kartu ATM Anda yang telah kadaluarsa  untuk diserahkan ke pihak bank.  Nantinya Anda akan menerima kartu ATM baru dengan password default “ 123456”.

Biasanya untuk membuat kartu ATM baru karena kartu ATM lama anda kadaluarsa Anda harus membayar sejumlah besar biaya untuk pembuatan kartu ATM.  Beda halnya jika anda melakukan perpanjangan sebelum kartu ATM Anda kadaluarsa untuk ini Anda tidak perlu membayar biaya pembuatan, alias gratis.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Smartphone VIVO V9


Nah itu tadi jadi Coba anda cek kembali kartu ATM anda jangan sampai Anda baru sadar saat Anda tidak dapat lagi menggunakan kartu ATM anda.  Seringkali orang-orang baru sadar ketika menggunakan ATM dan terheran heran ketika menemukan tulisan kartu ATM anda tidak dapat digunakan karena kadaluarsa. ya klo urusan tidak peting sih masih ada waktu untuk mengurus pembaruan tetapi kalo urusan anda penting dan mendesak pasti pusing sendiri.

Sekian dan terimah kasi semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon