Cara Melihat Nilai F tabel yang tidak ada di tabel F

F tabel adalah suatu patokan nilai yang digunakan sebagai pembanding untuk mengetahui apakah suatu pengujian tergolong signifikan atau tidak. Signifikan jika menyangkut hasil penelitian mempunyai makna penting karena menyangkut tingkat kebenaran suatu hasil penelitian. 

Kembali ke F tabel, ada beberapa uji yang menggunakan F tabel sebagai patokan pembanding untuk menarik kesimpulan dari hipotesis yang dibuat. salah satu uji yang menggunakan patokan F tabel adalah Uji Homogenitas. homogenitas berkaitan pada apakah 2 atau lebih data penelitian homogen atau tidak dengan membandingkan F hitung dengan f tabel. 

F hitung diperoleh dari rumus Uji homogenitas dan F tabel dilihat dari data tabel F. nah disini dia masalahnya banyak data yang uji tabelnya tidak ada misalnya adalah uji tabel untuk Dk penyebut 22 dan Dk Pembilang 22. Untuk Dk penyebut masih ada 22 tapi untuk dk pembilang 22 bisanya sudah tidak ditemukan. jadi bagaimana caranya sementara kita butuh data F tabel untuk menarik kesimpulan.

langsung saja, solusinya adalah dengan menggunakan Ms. Excell. Dengan Ms. Excell kita dapat dengan instan menentukan nilai F tabel untuk dk berapa saja. Berikut Caranya :

1. pertama buka Ms.excell kemudian klik Tab formula > More Functions


2. Kemudian pada menu dropdown pilih statistical kemudian piliha F. Inv. RT

3. Kemudian isi form dengan mengikut kepada nilai tabel F yang anda inginkan. sebagai contoh kita ambil dk pembilang 2 dan dk pembilang 3 pada probabilitas 0,05. sengaja kita contohkan dk yang ada supaya bisa dibandingkan apakah sesuai dengan tabel manual atau tidak. 


  • Pada kolom probabiltas masukkan 0,05 (menyesuaikan probabilitas yang anda gunakan)
  • pada Deg_freedom1 masukkan Dk pembilang yakni sesuai contoh kita pakai 2.
  • Pada Deg_freedom2 masukkan Dk penyembut. pada contoh kita gunakan dk 3. 
nah, akan muncul formula result dibagian bawah. nilai tersebut adalah Nilai F tabel 9,55209 untuk dk pembilang 2, dk penyebut 3 probabilitas 0,05.

Dengan cara ini dk berapapun bisa anda masukkan dan cari F tabelnya dengan instant. sehingga meskipun di tabel manual tidak anda temukan, melalui cara ini bisa anda temukan.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon