Cara Menggunakan Google Clasroom untuk Memberi siswa tugas

Bagaimana Cara memberi siswa tugas dengan google classroom ? mengenai topik ini akan kita bahas melalui artikel kali ini.

Ibu dan bapak guru sekalian dimana pun anda berada, sehubungan dengan edaran pemerintah mengenai kegiatan pembelajaran yang diliburkan maka salah satu cara agar siswa tetap bisa belajar dirumah adalah dengan menggunakan sistem pemberian tugas dengan jangka waktu tertentu.

salah satu aplikasi dengan fitur daring yang mendukung pemberian tugas dengan jangka waktu adalah Google Clasroom.

Google Clasroom ini adalah bagian dari fitur yang disediakan google untuk pemilik akun google sama halnya dengan google drive dan gmail. Untuk bisa menggunakannya anda bisa mendaftar dengan menggunakan Gmail atau akun google.

Google clasroom dapat diakses baik melalui perangkat komputer seperti PC ataupun laptop maupun menggunakan Smartphone Android. Untuk tutorial memberikan tugas di google Classroom kali ini yang kami menggunakan Hp smartphone. Hal tersebut karena melalui smartphone lebih mudah dan banyak digunakan. Meskipun sebenarnya baik itu melalui smartphone ataupun laptop tidak jauh berbeda.

Baca Juga : faktor-faktor pertimbangan dalam memilih model pembelajaran

Baik, berikut tutorial cara memberikan tugas kepada siswa dengan Google classroom.

1. Silahkan download Dulu aplikasi Google Classroom di playstore kemudian loging dengan menggunakan akun google anda (gmail).

2. langkah pertama sebelum memberikan tugas adalah membagikan kode join kelas ke siswa anda. nanti setelah semua siswa telah join barulah anda membuat tugas. anda bisa mengecek jumlah siswa yang telah join di tab "People"

3. Selanjutnya adalah buat Kelas baru. Caranya tekan tombol + di pojok kanan atas layar kemudian pilih Created.


4. Kemudian pilih Classwork , Pilih Plus + maka akan muncul beberapa pilihan. untuk memberi tugas ada dua pilihan yang pertama Assigment dan Question. perbedaannya berada pada bagaimana tugas dikumpulkan. 

Cara Membuat Tugas 

Pilih Assigment jika anda menginginkan siswa anda mengumpulkan tugas dalam bentul file misalnya word atau PDF. 


sementara pilih question jika anda menginginkan agar siswa menjawab soal dengan langsung mengetikkannya. pada question anda juga bisa memilih bentuk teks yang diberikan bisa essay ataupun pilihan ganda.

5. sebagai contoh untuk Assigment. cukup pilih Assigmen. kemudian lakukan beberapa pengaturan sesuai dengan tugas anda.

Memberikan tugas di google clasroom


Title : isikan dengan judul tugas
Description isi dengan keterangan tentang tugas ataupun bisa soal. Anda juga bisa menggunakan opsi lampirkan untuk memasukkan file (pdf, word)
Point : isikan dengan point maksimal untuk tugas ini
Due   : Ini berfungsi untuk memberikan batas waktu pengumpulan tugas. cukup pilih hari dan jam yang anda ingikan sebagai batas akhir pengumpulan tugas. Lepas waktu yang anda tentukan siswa tidak bisa lagi memasukkan tugas.

Setelah selesai tekan icon kirim di atas layar.

 

untuk question juga tidak jauh beda hanya saja anda akan menemukan opsi jenis teks bisa pilihan ganda (multiple choice) atau essai saja.

sekian dan terimah kasih semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. jika anda pertanyaan terkait artikel ini jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar dibawah postingan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon