(Doc) Download Makalah Pandu Gelombang Elektromagnetik

Tags


Berikut Makalah pandu gelombang elektromanetik yang bisa anda download dan edit. Makalah ini disusun untuk memenuhi tuntutan mata kuliah listrik magnet. sumber utama dari materi dalam makalah berasal dari buku introducton to elektromagnetic.

Bagi anda yang membutuhkan silahkan download melalui link download versi doc yang kami sediakan di dalam artikel ini.

Pendahuluan

Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang terdiri darigelombang vector medan magnet dan listrik yang merambat tegak lurus dengan arah medan. Kajian mengenai gelombang elektromagnetik memiliki cakupan yang sangat luas di berbagai aspek. Dasar pengetahuan tentang gejala kelistrikkan dan kemagnetan menjadi salah satu pondasi pokok dalam mendukung perkembangan teknologi modern. Dengan demikian fenomena elektromagnetik memiliki dampak yang begitu besar terhadap kemajuan masyarakat.

Dalam ilmu pengetahuan materi mengenai gelombang elektromagnetik adalah amteri multilacture dimana materi ini dipelajarai pada sub materi gelombang dan juga listrik magnet. Salah satu sub materi yang dibahas dalam gelombang elektromagnetik adalah tentang pandu gelombang. pandu gelombang yang berbeda digunakan untuk memandu gelombang dengan frekuensi yang berbeda-beda; contohnya fiber optic digunakan untuk memandu cahaya (frekuensi tinggi) dan tidak memandu gelombang micro yang memiliki frekuensi yang lebih rendah dibandingkan dengan cahaya tampak. Sebuah aturan yang harus diingat adalah lebar dari pandu gelombang harus memiliki orde yang sama dengan besar dari panjang gelombang yang akan dipandu.

Pandu gelombang digunakan untuk memandu gelombang misalnya untuk keperluan transmisi gelombang jarak jauh. Sifat Gelombang-gelombang dalam ruang terbuka dipropagasikan ke semua arah, seperti gelombang speris (bola). Dengan cara ini, mereka akan kehilangan energinya sebanding dengan kuadrat jaraknya; oleh karena itu pada jarak R dari sumber besar energinya adalah energy sumber dibagi dengan R2. Pandu gelombang menahan gelombang untuk dipropagasikan dalam satu dimensi, sehingga dalam kondisi ideal gelombang tidak akan kehilangan energinya selama dipropagasikan.

Untuk membahas lebih lanjut mengenai pandu gelombang ini maka disusunlah sebuah makalah berjudul pandu gelombang.



DOWNLOAD

Demikian semoa  bisa bermanfaat untuk anda

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon