hubungan Antara relativitas Einstein dengan dilatasi waktu

hubungan  Antara relativitas Einstein dengan dilatasi waktu

Pembahasan:
·         Dilatasi waktu disebabkan oleh perbedaan baik gravitasi atau kecepatan relatif.
·         Hubungan relativitas Einstein dengan dilatasi waktu yaitu dalam teori relativitas, dilatasi waktu adalah perbedaan waktu berlalu antara dua peristiwa yang diukur oleh pengamat baik bergerak relatif terhadap satu sama lain atau perbedaan situasi dari massa gravitasi.
·         Teori Relativitas juga memprediksi bahwa laju keseluruhan waktu sama-sama dipengaruhi oleh gravitasi independen tentang bagaimana waktu tersebut terekonstruksi secara fisik ataupun teknis.

Contoh
Efek Dari Perjalanan Ke Luar Angkasa

Berdasarkan teori relativitas khusus Einstein, atronot yang melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya akan mengalami waktu yang lebih lambat dibanding dengan manusia yang selama ini menetap di bumi. Bahkan meski astronot sudah kembali ke bumi dan sudah menetap selama bertahun-tahun di bumi, ia hanya akan mengalami sedikit penuaan.
Fenomena inilah yang dikenal dengan dilatasi waktu. Sifat waktu dan posisi yang relatif menjadi faktor terjadinya dilatasi. Waktu akan bergerak lebih lambat di dekat objek yang berat karena adanya gaya gravitasi pada objek tersebut.
Sementara itu, waktu juga dapat bergerak lambat ketika kita bergerak lebih cepat. Seperti halnya astronot yang kembali dari luar angkasa, mungkin ia yang merasa hidup normal di luar angkasa, akan kaget ketika menyadari bahwa di bumi telah banyak waktu berjalan dan banyak perubahan yang terjadi.

Dari contoh di atas dapat dilihat hubungan relativitas Einstein dengan dilatasi waktu yang terletak pada waktu (t) dan laju (v). Semakin laju gerak benda terhadap kerangka diam maka selang waktu yang diukur oleh pengamat yang bergerak terhadap kejadian semakin kecil. Hal tersebut dapat didukung oleh persamaan Dilatasi waktu


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon