Penyakit munafik yang menggerogoti hati

Tags

Ada penyakit yang kian berbahaya bagi seorang muslim yang hendaknya dihindari. Penyakit ini berbeda dengan penyakit yang disebabkan oleh hawa nafsu dan juga berbeda dengan penyakit yang disebabkan karena kemungkaran. Penyakit ini sifatnya lebih kronis dan sifatnya tidak tampak secara langsung dari perilaku keseharian. Mungkin terlihat sangat baik tetapi didalam hatinya berpenyakit. Penyakit ini disebut kemunafikan.


munafik itu sifatnya samar, kalau Pasha dan mungkar itu bentuk perilaku terlihat misalnya mencuri itu perilakunya kelihatan ada. Tapi kalau munafik itu perilakunya kayak baik, sikap-sikapnya baik padahal kebaikan itu dibangun oleh sinyal-sinyal yang didasarkan pada penyakit hati. Munafik merupakan penyakit yang sangat menarik berbeda dengan penyakit yang biasa. 

Ria, hasad , dengki, dendam dan lainnya termasuk kedalam penyakit munafik. dia ingin kelihatan kelihatan Dermawan misalnya. Dermawan itu bagus, cuma keinginan untuk kelihatan Darmawan yang membuatnya tidak bagus. ingin kelihatan oleh orang-orang sabar itu nggak bagus bersikap baik kepada orang karena hartanya bagus, karena jabatannya bagus, hormat kepada mereka tapi kehormatan yang diisi oleh perasaan iri hati dan diikuti dengan perasaan hasad yang mengharapkan kenikmatan yang diperoleh orang lain hilang.

Sebutkan sifat-sifat ini melahirkan sifat nifaq yaitu ketidak sinkronan antara lahir dan batin membentuk sifat munafik .Penyakit munafik bersumber dari qolbu, penyakit munafik melahirkan dampak sampai kepada fisik. 

Dalam Ayat 10 surah Al-Baqarah ditekankan bahwa masalah utama dari orang-orang munafik berasal dari hatinya. Hatinya nggak sama seperti orang normal. kelihatan baik tapi hatinya digerogoti penyakit. persoalan utama orang munafik itu ada pada jiwanya yang dikuasai oleh setan dengan penguasaan yang sangat dahsyat sehingga tidak tampak seperti perilaku orang fasik ataupun kafir . Indikasi dari penyakit munafik hanya bisa ditinjau dengan indikator-indikator keikhlasan. 

seorang yang menyumbang ke masjid dengan tujuan agar namanya diumumkan sebagai penyumbang dan kemudian dia dianggap sebagai orang yang darmawan tanpa adanya unsur keikhlasan merupakan contoh adanya penyakit munafik yang menggerogoti hatinya. 

Jika kemunafikan ini tidak berusaha diobati tidak berusaha dilawan maka penyakit ini akan mengesuai seseroang dan jika terus dipelihara terus maka nanti akan muncul tindakan anarkis dalam kehidupan. penyakit ini berbahaya malah lebih berbahaya daripada penyakit fisik. penyakit fisika yang disebabkan karena misalnya asam lambung naik dan kemudian pusing dan sebagainya itu dapat diobati dengan treatment fisik juga misalnya minum obat. tapi penyakit fisik yang disebabkan karena hati misalnya iri tidak bisa diobati dengan obat, tidak ada obat yang dijual untuk itu. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon