CARA MENCETAK HALAMAN DENGAN ANGKA ROMAWI

Assalamu alaikum Wr. Wb....
Pada kesempatan kali ini bloginfo berbagi tips tentang "bagaimana cara mencetak halaman di ms. word berdasarkan section... tips ini tentu saja sangat dibutuhkan terutama kepada agang-agang yang lagi pusing-pusingnya berurusan dengan skripsi, thesis or desertasi. 

Dalam sejumlah kasus ada kalanya karena alasan tertentu kita diharuskan untuk mencetaka halaman secara terpisah  dari sebuah dokumen sebagai contoh misalnya karena pembimbing skripsi mengisaratkan diharuskanya revisi pada halaman tertentu (pengalaman pribadi :v). ok semisal kita diharuskan untuk mencetak halaman 8 dan begitu kita masukan angka 8 pada kolom pages print, eh ternyata yang terprint malah angka romawi 8, kalo cuman 1 lembar sih ngak masalah yaa bisa pake fitur current page tapi klo ngeprintnya berlembar-lembar bakalan repot kitenya. Tentu hal ini kian menambah stress dan apalagi klo ngeprintnya di tempat rental, haha bisa kena kanker (kantong kering)... cikidot untuk ini diperlukan pengetahuan tentang print section. Mari kita simak gang..
  1. langkah pertama adalah kita harus mengetahui alamat lengkap tentang halaman yang hendak di cetak caranya adalah dengan mengklik kiri 2 kali pada bagian header atau footer (arahkan kusor  ke bagian ujung atas atau ujung bawah halaman) maka akan muncul alaman halamanya
  2. section 5 pada bagian pojok kiri atas di atas menunjukkan bahwa halaman tersebut terletak di section 5
  3. sekarang kita tahu alamat lengkap dari halaman tersebut yaitu pada "page 8 section 5. selanjutnya kita tinggal memasukkan alamat pada kolom print pages dengan memasukkan inisial p8s5.
dan klik tombol print dan insyaAllah problem terselesaikan hehe. jika hendak  mencetak beberapa halaman sekaligus tinggal hubungkan dengan tanda "-" contoh p8s5-p10s7 maka dengan perintah tersebut akan mencetak halaman mulai dari halaman 8 section 5 sampai dengan halaman 10 section 7.
Sekian kali ini, mudah-mudahan apa yang bloginfo sampaikan bisa bermanfaat ..
akhir kata assalamu alaikum wr. wb


Artikel Terkait

1 komentar


EmoticonEmoticon