RRp Gelombang |
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Fisika
Materi Pokok : Gelombang Elektromagnetik
Kelas/ Semester : X/ II
Alokasi Waktu : 2 (3 x 45 menit)
A. KOMPOTENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif danpro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagaipermasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungansosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsadalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural padabidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah
.KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan dan perubahan (seperti medan listrik dan medan magnit) yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7 Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya
dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
indikator :
· Memahami konsep-konsep gelombang elektromagnetik beserta sifat-sifatnya
· Mencari dan menelusuri literatur tentang gelombang elektromagnetik
· Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang
· Memahami perbedaan Spektrum Gelombang Elektromagnetik
4.7 Menyajikan hasil analisis tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam
teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
indikator :
·Mengidentifikasi dan menjelaskan penggunaan gelombang elektromagnetik
dalam komunikasi
· Mengidentifikasi dan menjelaskan penggunaan gelomban elektromagnetik
(seperti infra merah, ultra violet,gelombang mikro, dan lain- lain) dalam
kesehatan dan industrri
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat :
1. Menjelaskan pengertian gelombang elektromagnetik
2. Menjelaskan penemuan gelombang elektromagnetik
3. Menjelaskan spektrum gelombang elektromagnetik
4. Menjelaskan penggunaan gelombang elektromagnetik dalam komunikasi
5. Menjelaskan penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, dan lain-lain) dalam kesehatan dan industrri
6. Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain-lain.
D. MATERI PEMBELAJARAN
- Gelombang Elektromahnetik
· Definisi
· Sifat-sifat gelombang elektromagnetik
· Hipotesis Maxwell
- Spektrum Gelombang Elektromahnetik dan pemanfaatannya dalam kehidupan
· Gelombang radio
· Gelombang mikro
· Sinar inframerah
· cahaya tampak
· sinar ultraviolet
· sinar x
· sinar gamma
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
· Scienifik aproach
2. Model
● Direct Instruction (DI)
3. Metode
● Ceramah
● Diskusi informasi
● Tanya jawab
● Tes tertulis
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : cetak dan elektronik (internet)
2. Alat : laptop, media presentasi (LCD)
3. Sumber : Buku paket Fisika untuk SMA kelas X , Buku Teks Pelajaran Fisika
SMA/Perguruan Tinggi. dll
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama
No | Kegiatan Inti | Alokasi Waktu |
1. | Pendahuluan ■ Salam pembukaan, do’a, mengabsen kehadiran peserta didik dan kesiapan mengikuti pelajaran ■ Motivasi dan apersepsi : ● Apa fungsi gelombang elektromagnetik yang anda ketahui? Penjelasan sekilas tentang materi | (5 menit) (10 menit) (10 menit) |
2. | Kegiatan Inti Dalam kegiatan inti pendidik : ● Menjelaskan pengertian gelombang elektromagnetik dan penemuan gelombang elektromagnetik ● Member kesempatan beberapa menit kepada peserta didik untuk mnegingat-ingat pengalaman mereka yang tidak terlupakan dengan materi yang ada ● Menyebutkan spektrum gelombang elektromagnetik ● Menggunakan beragam pendekata pembelajaran dari sumber belajar lain dan penggunaan media. ● Memfasilitasi terjadinya interaksi anta peserta didik serta antara peserta didik dengan pendidik, lingkungan, dan sumber belajar lainnya ● Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna ● Memberikan kesempatan untuk berfikir, mengalisis, menyelasaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut ● Peserta didik (dibimbing oleh pendidik) mendefinisikan pengetian gelombang elektromagnetik ● Peserta didik (dibimbing oleh pendidik) menerapkan analisis dalam pemecahan masalah dari penemuan gelombang elektromagnetik dengan menggunakan media dan gambar ● Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik mengenai spektrum gelombang elektromagnetik dengan menggunakan media dan gambar ● Pendidik bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik ● Pendidik bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (10 menit) (5 menit) (5 menit) (15 menit) (15 menit) ( 10 menit) (5 menit) (10 menit) ( 5 menit) (15 menit) (5 menit) |
3. | Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, pendidik : ■ Memberikan tugas kepada peserta didik berupa pekerjaan rumah : yaitu mencari hal yang terbaru dari gelombang elktromagnetik dan mengirimkannya melalui email serta mendowlod soal dalam blog. ■ Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram ■ Memberikn umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran ■ Penutup : salam dan do’a | (2 menit) (5 menit) (2 menit) (1 menit) |
2. Pertemuan Kedua
No | Kegiatan Inti | Alokasi Waktu |
1. | Pendahuluan ■ Salam pembukaan, do’a, mengabsen kehadiran peserta didik dan kesiapan mengikuti pelajaran ■ Pengulangan materi · Mengulangi materi pertemuan sebelumnya · Mengajukan beberapa pertayaan ■ Motivasi dan apersepsi : ● Bagaimana karakteristik gelombang elektromagnetik ● Bagaimana penerapan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari | (5 menit) (15 menit) (15 menit) |
2. | Kegiatan Inti Dalam kegiatan inti pendidik : ● Menjelaskan karakteristik dari gelombang elektromagnetik dengan menggunakan media dan gambar. ● Menyebutkan berbagai penerapan fungsi gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan media dan gambar ● Memfasilitasi peserta didik melalui pemberiaan tugas dan berdiskusi memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis mengenai karakteristik. ● Memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis , menyelasaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut mengenai penerapan dari gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari ● Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar dengan melakukan postets ● Pendidik bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik ● Pendidik bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,. | (20 menit) (20 menit) (25 menit) (10 menit) ( 10 menit) (5 menit) ( 5 menit) |
3. | Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, pendidik : ■ Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram ■ Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran dengan memberikan angket motivasi ■ Penutup : salam dan do’a | (3 menit) (5 menit) (1 menit) |
H. PENILAIAN
1. Teknik/jenis penilaian : Tertulis, penugasan, Penilaian Diri.
2. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Diri (LPD) dan LKPD
3. Pedoman penskoran : _
EmoticonEmoticon