RPP FISIKA K13 MATERI RELATIVITAS

Tags




Satuan Pendidikan                  :  SEKOLAH MENENGAH ATAS
Kelas/Semester                        :  XII SEMESTER II
Mata Pelajaran                         :  FISIKA
Topik                                        :  RELATIVITAS
Waktu                                      :  2 X 45 menit
A. KOMPETENSI INTI  (KI)
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian gelombang, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
3.10 Memformulasikan teori relativitas serta kesetaraan massa dan energi untuk menjelaskan    
       beberapa fenomena alam
 INDIKATOR
3.10.1  Memformulasikan relativitas untuk kecepatan relatif, massa, panjang, dan waktu.
3.10.2. Menganalisis relativitas kecepatan relatif, panjang, waktu, massa dan energi.
3.10.3  Mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada berbagai fenomena
          alam

C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat merumuskan teori reltivitas relativitas untuk kecepatan relatif, massa, panjang, dan waktu
2.      Peserta didik dapat menganalisis relativitas kecepatan relatif, panjang, waktu, massa dan energi.
3.      Peserta didik dapat mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada berbagai fenomena alam
D.    Materi Pembelajaran
·         Percobaan Michelson-Morley
· Transformasi Galileo, Lorenz
· Relativitas kecepatan,
· Relativitas panjang
· Relativitas waktu
· Relativitas massa
· Relativitas energi
E.     Metode Pembelajaran dan model pembelajaran
     Model
     Cooperatif learning
     Metode
    Ceramah
    Diskusi kelompok
F. Media  dan Sumber Belajar
·         Media               : LCD
·         Sumber Belajar : buku
G.    Langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Pendidik mengucapkan salam
·      Pendidik menanyakan kabar peserta didiknya
·      Pendidik mengabsen peserta didiknya
·      Pendidik memberikan pengantar mengenai relativitas
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Pendidik membentuk kelompok-kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
10 menit
Kegiatan Inti
·         Pendidik memperlihatkan gambar/video mengenai relavitas.
 
·         Pendidika memberika pertayaan pengantar,”apakah yang terjadi jika kita menaiki pesawat dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya ?
·         Pendidik menjelasakan tentang relativitas
·         Pendidika memberikan bahan diskusi
·         Peserta didik berkelompok mendiskusikan tentang percobaan Michelson-Morley
·         Ketua kelompok diskusi mempresentasikan hasil percobaan Michelson-Morley,
·         mengklarifikasi miskonsepsi  dan memberi penjelasan untuk memberi pemahaman peserta didik.
·         Pendidik bersama peserta didik mendiskusikan tentang postulas Einstein
·         Pendidik mendiskusikan mengenai relativitas kecepatan, panjang, dan waktu .
·         peserta didik bersama pendidik mendiskusikan tentang rumus relativitas kecepatan, panjang,dan waktu.
·         Peserta didik meberikan contoh soal tentang relativitas kecepatan , panjang, dan waktu
·         Seluruh peserta didik melatih soal-soal tentang relativitas kecepatan, panjang, dan waktu.

65 menit
Penutup
·         Pendidik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·      Memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah

15 menit
Pertemuan kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Pendidik mengucapkan salam
·      Pendidik menanyakan kabar peserta didiknya
·      Pendidik mengabsen peserta didiknya
·      Pendidik meriview mengenai pembelajaran sebelumnya

10 menit
Kegiatan Inti
·         Peserta didik mendiskusi tentang peristiwa kesetaraan antara massa dan energi
·         Peserta didik bersama pendidik mendiskusikan tentang Rumus relativitas massa, momentu dan energi
·         Pendidik memberi contoh soal relativitas massa, momentum dan energi dan kaitanya dalam berbagai penomena alam.
·         Peserta didik menyelesaikan soal-soal tentang relativitas massa, momentum dan energi
65 menit
Penutup
·         Pendidik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·      Memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah

15 menit

H . Penilaian
a. Bentuk Tes : Pertanyaan lisan, tes tertulis
b. Penilaian Proses :
- Penilaian proses belajar mengajar
- Penilaian hasil belajar
c. Penilaian Unjuk Kerja :
- Peserta didik sering bertanya
- Peserta didik mengeluarkan pendapat
- Peserta didik aktif bekerjasama
d. Lembar Pengamatan :
- Keaktifan Peserta didik
- Disiplin
- Bekerja Sama


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon