RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : XII/I (Satu)
Mata Pelajaran : Fisika
Materi Pokok : Gelombang
Pertemuan Ke : 1 (Pertama)
Alokasi Waktu : 3 JP (3 x 45 menit)
__________________________________________________________________________________
I. Kompetensi Inti
A. Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI3)
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D. Kompetensi Inti Keterampilan (KI4)
Mengolah, menalar, dan meyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yeng dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuwan.
II. Kompetensi Dasar (KD)
A. Kompetensi Dasar Sikap Spiritual:
1.1 Bertambah keimanannya degan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan-Nya.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan bunyi dan cahaya sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan.
B. Kompetensi Dasar Sikap Sosial:
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja idividu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
C. Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
D. Kompetensi Dasar Keterampilan:
4.6 Menyajikan permasalahan nyata dan usulan penyelesaiannya yang terkait konsep gelombang bunyi.
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
A. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan fenomena gelombang bunyi dengan benda-benda lain di alam semesta.
1.1.2 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan fenomena gelombang bunyi di alam semesta dengan kompleksitasnya masing-masing.
1.2.1 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan fenomena gelombang bunyi di alam semesta dengan karakteristiknya masing-masing.
1.2.2 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan fenomena gelombang bunyi sebagai salah satu unsur utama bagi manusia dalam menjalani kehidupannya.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1 Menampilkan perilaku rasa ingin tahu ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2 Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.3 Menampilkan perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di
dalam dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di
dalam dan di luar jam pembelajaran.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
1. Kognitif Produk
a. Menyusun konsep utama perambatan gelombang bunyi
b. Menganalisis prinsip kerja alat/teknologi yang merupakan penerapan gelombang bunyi.
2. Kognitif Proses
a. Menginterpretasi
b. Mengidentifikasi
c. Merumuskan masalah
d. Menaksir
e. Mengamati
D. Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
1. Mengidentifikasi prinsip kerja alat/teknologi sebagai penerapan gelombang bunyi
2. Menyimpulkan hasil pengamatan.
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Diberikan sebuah video peraga, peserta didik dapat menjelaskan prinsip kerja dari teknologi yang didasarkan pada konsep gelombang bunyi secara komunikatif .
2. Diberikan kajian literatur, peserta didik dapat memberikan contoh penerapan konsep gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari yang ada pada lingkungan.
V. Materi Pembelajaran
A. Pendahuluan
Keutamaan Pengamatan
1. Landasan Spritual
Dukungan Al-Qur’an dan Al-Hadits
2. Landasan Kearifan Lokal
Dukungan pesan-pesan ati macinnong
3. Landasan Karakter
Kejujuran Ilmiah yang didukung oleh teliti, hati-hati, cermat, dst.
B. Gelombang Bunyi
C. Cepat rambat gelombang bunyi
D. Sifat-sifat gelombang bunyi
E. Gelombang bunyi dalam teknologi
F. Soal Latihan
VI. Model dan Metode Pembelajaran
Model : RASTA
Metode : Diskusi, pengamatan dan tanya jawab,
VII. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Langkah-Langkah Model RASTA | Deskripsi kegiatan | Alokasi waktu | |
Pendahuluan | Review Apersepsi | v Menyapa peserta didik dalam menanyakan kabar dan sebagainya v Bertanya kepada siswa seputar teman mereka yang tidak hadir saat pembelajaran v Meminta ketua kelas untuk membawa presensi kehadiran siswa ke depan (meja guru) v Mengarahkan siswa untuk mengucapkan perjanjian pembelajaran yang dipimpin oleh ketua kelas v Guru mengajak siswa untuk mereview kembali materi pelajaran sebelumnya, yakni materi gelombang jalan dan berdiri, dengan bertanya: “ada yang masih ingat dengan materi gelombang kita pada pertemuan sebelumnya? Saya meminta 1 orang mewakili yang laki-laki dan 1 orang dari perempuan untuk mendefinisikan kembali apa yang diketahui tentang gelombang” v Guru memberikan pujian kepada siswa yang mampu mereview dengan baik materi pertemuan sebelumnya. v Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menambahkan penjelasan mengenai kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung untuk mencapai tujuan pembelajaran v Memberikan nasihat rohani kepada siswa agar bersih hati dan niatnya dalam belajar, dengan bertanya kepada siswa: “ada yang tahu apa tujuan penciptaan manusia? Yah untuk beribadah, maka mari kita meniatkan belajar kita agar bernilai ibadah di mata Allah subhana wa ta’ala” kemudian meminta siswa untuk selalu mensyukuri apa yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa atas kuasaNya menciptakan bunyi, sehingga siswa dapat menghadirkan hatinya ketika terlibat dalam pembelajaran fisika di kelas v Menginstruksikan siswa untuk berdo’a bersama sebelum memulai pembelajaran yang dipimpin langsung oleh ketua kelas. Pada kegiatan ini siswa diharapkan terbiasa berdo’a sebelum melakukan sesuatu dan siswa tidak mempunyai sifat takabur. v Menampilkan slide pengantar materi pembelajaran kepada siswa berupa power point berkaitan dengan materi gelombang bunyi. v Slide diawali dengan menampilkan item yang dikenal baik oleh siswa berkaitan dengan bunyi, yakni tokoh BATMAN dengan harapan untuk menghantarkan siswa pada sosok hewan kelelawar yang tentunya memiliki kelebihan karena adanya pemanfaatan gelombang bunyi dalam tubuh hewan tersebut. v Guru menampilkan gambar simulasi kelelawar dan bertanya ”Mengapa kelelawar dapat beraktivitas dimalam hari?” Dari tahap ini diharapkan siswa akan termotivasi untuk mengetahui lebih dalam mengenai pemanfaatn gejala gelombang bunyi dalam kehidupan, seperti halnya yang dimanfaatkan oleh hewan kecil semacam kelelawar. | 20 menit 30 menit | |
Kegiatan inti | Simulasi Testimoni | v Membagi siswa ke dalam 2 kelompok sesuai dengan teman yang mereka pilih, Masing-masing beranggotakan 4 dan 5 siswa dan diarahkan untuk duduk bersama anggota kelompok masing-masing. v Guru meminta siswa untuk memperhatikan video peraga yang akan ditampilkan sesuai prinsip samaturu v Guru menampilkan video peraga penerapan gelombang bunyi dalam teknologi yang berisikan tiga jenis teknologi yakni sonar kapal, USG dan pembersih/ mesin cuci. v Menugaskan siswa untuk mengisi LKFPD sesuai yang diamati pada video dengan menawarkan alat apa yang mau didiskusikan dengan berpedoman pada Buku siswa yang dibagikan bersamaan dengan LKFPD v Guru mempersilahkan siswa untuk mendiskusikan LKFPD secara samaturu’ dengan rentang waktu 10 menit untuk berdiskusi. v Guru mempersilakan masing-masing kelompok untuk membacakan hasil diskusi sebagaimana dalam LKFPD, yang diwakili oleh salah seorang anggota kelompok v Guru mempersilakan masing-masing kelompok untuk menanggapi atau bertanya kepada kelompok lain jika ada hal yang belum dimengerti atau tidak jelas. v Guru mengambil sebuah kata kunci dari pengamatan yang telah dilakukan yakni ultrasonik dan mempersilakan siswa dari masing-masing kelompok untuk mendefinisikan istilah ultrasonik sesuai dengan pengetahuannya masing-masing. v Guru memberikan kesimpulan sebagai informasi yang sebenarnya tentang konsep umum penerapan gelombang bunyi dalam teknologi. Pada kegiatan ini siswa diharapkan mampu mengemukakan pendapat dengan sopan dan santun. | 45 menit 30 menit | |
Penutup | Asesmen | v Guru memberikan uraian soal tentang hasil diskusi masing-masing kelompok untuk membuktikan apakah siswa berpartisipasi pada hasil diskusi ataukah tidak yang akan dikumpul pada pertemuan selanjutnya. v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang paling kompak dan aktif selama proses pembelajaran. v Memberikan tugas rumah berupa mencari informasi penerapan gelombang cahaya pada lingkungan sekitar siswa. Pada kegiatan ini siswa diharapkan mampu menjawab pertanyaan yang berupa soal-soal seputar hasil diskusi yang diberikan guru dan belajar jujur dan mandiri. | 10
|
VIII. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan
LKFPD
BFPD
2. Sumber Belajar
Video Peraga
Lingkungan sekitar
IX. Penilaian Proses dan Hasil Belajjar
1. Teknik : Tes
2. Bentuk :
a. Tes Kognitif Produk (soal uraian)
b. Tes Keterampilan (lembar pengamatan)
c. Tes Sikap Sosial (lembar pengamatan)
d. Tes Sikap Spiritual (lembar penilaian diri)
3. Instrumen :
a. Sikap Spiritual
NO | NAMA SISWA | ASPEK YANG DINILAI | JUMLAH SKOR | NILAI | |||
1 | 2 | 3 | 4 | | | ||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
3 | | | | | | | |
4 | | | | | | | |
5 | | | | | | | |
6 | | | | | | | |
Keterangan aspek yang dinilai Skors Maksimal
1. Saya selalu membuka pembicaraan dengan salam 5
2. Saya selalu mengingat niat belajar saya 5
3. Saya semakin bersyukur atas segala ciptaan Allah swt 5
4. Saya mengimani bahwasanya bunyi adalah karunia Allah swt 5
Jumlah skors maksimal 20
b. Sikap Sosial
NO | NAMA SISWA | ASPEK YANG DINILAI | JUMLAH SKOR | NILAI | |||
1 | 2 | 3 | 4 | | | ||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
3 | | | | | | | |
4 | | | | | | | |
5 | | | | | | | |
6 | | | | | | | |
Keterangan aspek yang dinilai Skors Maksimal
5. Aktivasi diskusi 3
6. Menghargai pendapat teman 3
7. Sikap dalam diskusi 4
8. Tertib selama diskusi 5
Jumlah skors maksimal 20
c. Kognitif Produk
INDIKATOR K.M | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INTRUMEN | INSTRUMEN |
1.3.Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi. · Diberikan sebuah video peraga, peserta didik dapat menjelaskan prinsip kerja dari teknologi yang didasarkan pada konsep gelombang bunyi secara komunikatif . · Diberikan kajian literatur, peserta didik dapat memberikan contoh penerapan konsep gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari yang ada pada lingkungan. | Tes uji kopetensi tertulis Tes uji kopetensi tertulis Tes uji kompetensi tertulis | Tes uji kompetensi uraian Tes uji kopetensi uraian Tugas uji kopetensi rumah | 1. Jelaskan cara kerja SONAR dan sebutkan salah satu penggunaan SONAR pada teknologi! 2. Apa yang dimaksud dengan non-destructive testing (NDT)? Sebutkan salah satu penggunaan dari NDT! Suatu bunyi ultrasonik dengan frekuensi 2,5 Mhz dikirim ke darah dalam pembuluh darah. Darah tersebut bergerak mendekati sumber ultrasonik dengan laju 20 cm/s. Berapakah frekuensi ultrasonik yang diterima oleh darah? l Berapakah frekuensi yang diterima sumber? Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang cahaya pada produk teknologi dalam keseharian |
4. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran :
a. Kognitif Produk
NO | SOAL | ALTERNATIF JAWABAN | SKOR MAKSIMAL |
1 | Jelaskan cara kerja SONAR dan sebutkan salah satu penggunaan SONAR pada teknologi! | Cara kerja SONAR adalah dengan cara memantulkan sebuah sinyal untuk mendeteksi sesuatu hal dan kemudian sinyal tersebut diterima sebagai data hasil pengukuran. Sebagai contoh, aplikasi pada pengukuran kedalaman laut. Dalam prosesnya adalah, SONAR mengirimkan sinyal dan kemudian menangkapnya berupa data yang menunjukkan bukan hanya kedalaman laut, tetapi bentuk dasar laut dan berbagai macam ikan yang ada di bawahnya. | 5 |
2 | Apa yang dimaksud dengan non-destructive testing (NDT)? Sebutkan salah satu penggunaan dari NDT! | Non-destructive testing atau NDT adalah sebutan untuk sebuah pengujian yang menggunakan alat seperti ultrasonografi. Dimana dalam pengujian ini ultrasonic yang dikirimkan sebagai sinyal untuk melihat perkembangan janin, tidak akan merusak jaringan atau sel-sel tubuh yang dilewatinya dalam pengiriman sinyal tersebut. | 4 |
3 | Suatu bunyi ultrasonik dengan frekuensi 2,5 Mhz dikirim ke darah dalam pembuluh darah. Darah tersebut bergerak mendekati sumber ultrasonik dengan laju 20 cm/s. Berapakah frekuensi ultrasonik yang diterima oleh darah? l Berapakah frekuensi yang diterima sumber? | f = 20 HZ | 6 |
4 | Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang elektromagnetik pada produk teknologi dalam keseharian | Pemanfatan gelambang elektromagnetik dalam ilmu kedokteran | 10 |
b. Keterampilan
NO | NAMA SISWA | ASPEK YANG DINILAI | JUMLAH SKOR | NILAI | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1 | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | |
Keterangan aspek yang dinilai Skors Maksimal
1. Aktivasi diskusi 3
2. Kualitas jawaban 3
3. Sikap dalam diskusi 4
4. Ketepatan waktu menyerahkan laporan 5
5. Kualitas hasil pekerjaan
Jumlah skors maksimal 20
Nilai skor perolehan :
5. Tugas:
Lakukan pengamatan terhadap benda-benda disekitar anda tentang pemanfaatan cahaya pada alat-alat teknologi yang membantu kerja manusia, dan catat pada buku catatan anda.
EmoticonEmoticon