Cara Lengkap Membuat Rapor Otomatis dengan MS. EXcell

Rapor yang pada era kuriulum 2013 ini dikenal dengan istilah laporan capaian peserta didik dibuat dalam bentuk aplikasi Ms excell. Pembuatan rapor untuk sma kelas X ini, didasarkan pada ketentuan-ketentuan dan format sesuai dengan permendikbud no 59.  Dengan kesepakatan tambahan berupa 15 orang peserta didik dengan data lengkap.
Rapor dibuat dengan memanfaatkan fitur pada Ms office, untuk ini pertama dibuat adalah file excell berisi halaman sampul, petunjuk penggunaan, keterangan peserta didik, laporan pencapaian peserta didik, capaian komptensi, deskripsi kompotensi dan data peserta didik yang dibuat dalam sheet berbeda. kemudian ada juga file excell lainya berupa data base untuk 15 mata pelajaran. Dimana untuk setiap file data base berisikan sheet data base yang didalamnya berisi informasi mengenai tabel erray, petunjuk penilaian dan rubrik penilaian untuk aspek kognitif, afektif dan fisikomotorik. Kemudian terdapat pula sheet berisi penilaian kognitif, sheet penilaian psikomotorik dan sheet untuk penilaian afektif.
Penilaian kognitif diambil dari nilai tugas, ulangan harian mid dan uas yang di akumulasikan dalam nilai akhir dalam bentuk angka dan huruf. Untuk penilaian psikomotorik diambil dari nilai praktikum dan proyek. Sedangkan untuk penilaian afektif diambil dari penilaian terhadapa aspek sosial yang meliputi kedisiplinan, tenggang rasa, kerjasama dan percaya diri. Aspek lainnya yaitu aspek keagamaan berupa kejujuran, sopan santun, tanggung jawab dan toleransi.
Proses pembuatan :
            Telah dibahas sebelumnya bahwa aplikasi rapor ini terdiri dari 2 file utama yaitu bagian file desain rapor yang akan diprint out dan yang lainnya berupa file-file data base untuk setiap mata pelajaran dan ada juga tambahan berupa data base ekstrakurikuler dan absensi siswa.
Untuk itu pertama adalah pembuatan file desain rapor. Berikut sistematis pengerjaannya :
1.      Buka dan jalankan program Ms. Excell pada komputer dengan mengklik icon excell.

2.      Setalah itu pada lembar kerja excell tambakan beberapa sheet baru dengan cara arahkan pointer ke tab sheet kemudian klik kanan, lulu klik pada insert kemudian pilih worksheet. Buat untuk 7 buah sheet

3.   Langkah selanjutnya adalah merubah nama sheet nama untuk sheet. Untuk itu dapat dilakukan dengan mengklik kanan pada tab sheet kemudian pili renama. Ganti nama sheet sesuai dengan gambar dibawah.

Untuk warna sheet dapat diatur dengan cara klik kana npada tab menu lalu pilih tab color maka akan muncul pilihan warna.
4.      Pada bagian tab sampul memuat tampilan halaman depan rapor. 


Untuk ini ada beberapa fungsi tool yang kita gunakan antara lain adalah marge & center dan tool wrap tes serta tool picture.


Marge & center digunakan untuk menggabungkan dua atau lebi cell. Wrap teks untuk mengatur tesk menjadi bentuk baris dan picture untuk memasukkan gambar.


Lanjut, pertama blok area lembar kerja kemudia arahkan pointer ke taskbar lalu pilih icon fill color, maka akan muncul pilihan warna kemudia pilih salah satu sebagai warna sampu. Terkhusus untuk ini maka sampul berwarna biru.


Langkah selanjutnya adalah mengetik tesk dan melatakkannya pada posisi seperti yang tertera pada tampilan sampul dengan mengkombinasikan fungsi dari marge & center dan wrap tesk. Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan gambar logo tut wuri handayani dengan menggunakan tool picture dan memposisikan sesuai tampilan sampul sebelumnya.
      Satelah itu atur posisi sampul sesuai dengan batas kertas yang digunakan. Untuk memastikan apakah telah sesuai denga ketas dapat dengan membuka print priview dengan menekan sorchut CTRL + P.

5.   Lanjut pada sheet berikutnya yaitu sheet berisikan petunjuk penggunaan dan juga sheet laopran pesrta didik. Pada bagian ini pembuatannya cukup mudah. Hampir sama dengan pembuatan sampul yaitu pertama atur warna lembaran sampul denga menggunakan menu fill color kemudian ketikkan tesk pada cell dengan mengatur posisinya dengan mengkombinasikan fungsi dari marge and center dan wrap tesk.

6.      Selanjutnya adalah sheet keterangan peserta didik.



7.  Secara umum pembutannya hampir sama dengan sheet sebelumnya, dengan memampaatkan  fungsi dari fill color kemudian menggbungkan cell dengan tool marge and center dan wrap text. Utnuk pembuatan kolom foto dapay dilakukan dengan meblok cell sesuai ukuran foto kemudian klik marge and center untuk menggambungkan celln lalu pilih icon borders pada menu home dan kemudian klik pada outside borders 


7.   Sheet berikutnya adalah sheet berisikan lembaran laporan hasil peserta didik. Format pembuatanya masih sama dengan sheet sebelumnya yang memamfaatkan fungis dari tool yang dikondisikan sesuai tampilan berikut ini :


Pada lembaran diatas nama, nim dan nilai untuk setiap mata pelajaran siswa sengaja dikosongkan. Daftar nilai selanjutnya akan diambil dari data base untuk setiap mata pelajaran
9.    Sheet untuk deskripsi komptensi dibuad dengan mengunakan cara yang sama sepeti sebelumnya hanya saja dikondisikan sesuai tampilan berikut :



Kemudia setalah diatur seperti tampilan diatas, kemudia disesuakan dengan format kertas yang akan digunakan.
10.  Bagian berikutnya adalah pembuatan sheet berisi data pesrta didik. Pada bagian ini dibuat dengan membuat format tabel berisikan no, nama peserta didik, nis/nisn, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, status dalam keluarga anak ke, no telpon, nama orang tua, alamat orang tua, pekerjaan orang tua, nama wali, alamat wali, no telpon wali dan pekerjaan wali
Berikutnya adalah pembuatan file data base mata pelajaran :
1.   Pertama jalankan ms excell degan mengklik dua kali pada icon excell pada komputer anda.
2.   Kemudia pada kembar kerja excell yng terbuka langka pertama adalah menambahkan sheet baru dengan total 5 sheet kemudian ganti nama sheet yaitu masing-masing dengan nama, data base, penilaian kognitif, penilaian psikomotorik dan penilaian afektif seta gabungan. Prosedure dan cara pembuatannya sama dengan pembuatan sheet pada file desain rapor yang dijelaskan pada bagian sebelumnya 

3.  Untuk sheet data base, pada sheet ini berisikan daftar nama siswa, tabel array kognitif, petunju input data nilai praktikum, rubrik psikomotorik, tabel array psikomotorik, rubrik afektif dan tabell array  afektif. Pembuatan dilakukan dengan cara yang samas seperti sebelumnya(dijelaskan pada bagian pembauan file) yang dilakukan dengan mengkombinasikan fungsi dari tool berupa marge & center untuk menggabungkan cell, wrap text untuk membuat tesk menjadi format baris, bolders untuk meberikan garis pinggir dan fill color untuk meberikan warna pada cel yang dikondisikan sesuai tampilan dari sheet data base.


4.   Sheet berikunya adalah sheet peilaian kognitif berisikan nilai siswa dalam aspek kognitif. Pada sheet ini berisikan tabel data siswa berupa no urut nama dan nis/nisn disertai nilai untuk tugas, rata-rata nilai tugas ulangan harian, rata-rata ulangan harian, mid, uas dan nilai akhir dalam entuk angka dan huruf dan deskripsi


Pada bagian rata-rata, skor akhir, nilai angka dan nilai huruf serta deskripsi menggunakan formula.
      Pada bagian nilai rata-rata baik itu untuk rata-rata tugas maupun rata-rata ulangan harian menggunakangan rumus =average(data 1:data n), averge merupakan formula untuk menghitung rata-rata dari angkat, data 1 merupakan data pertama dan data n adalah data ke n tanda “:” menunjjukkan fungsi “sampai”. Jadi secara bahas funsi dari rumus diatas adalah rata-rata dari data pertma sampau data terakhir.
Skor akhir di buat dengan menggunakanrumus =15%*I5+35%*M5+20%*N5+30%*O5, nilai % dari rumus, ditinjau dari persen boot penilaian yang telah ditentukan untuk setiap sumber penilaian pada aspek kogitif, pada rapor ini ditetapkan persen penilaian yaitu 15% untuk rata-rata tugas, 35 % untuk rata-rata nilai ulangan harian, 20 % untuk nilai MID dan 30 % utuk nilai UAS. Sementara I5, M5, N5 dan O5 menunjjukkan amalat cell posisi data yang dimaksud.
Untuk nilai angka diperoleh dari formula =(alamat cell untuk data nilai akhir)/100*4(tanda * berfungsi sebagai operasi perkalian). Untuk nilai huruf diperoleh dengan menggunakan fungsi dari formula vlookup. Untuk itu pertam adalah klik cell yang akan disikan dengan nilai huruf, kemudian arahkan pointer pada simbol insert fungtion.


Maka akan terbuka jendela insert function. Pada jendela yang muncul klik pada vloocup kemudian klik ok



Setelah itu akan muncul  jendela function arguments, seperti gambar berikut ini:


Pada jendelah diatas pada kota lookup_value berfungsi sebagai titik data patokan dari nilai huruf, untuk ini data patokan adalah nilai angka, maka isikan kotak lookup value dengan alamat cell untuk nilai angka, yaitu Q5. Kemudian kotak berikutnya adalah tabel erray, ini berfungsi untuk memasukkan data tabel erray yang nantinya akan berhubungan dengan patokan data yang digunakan. Untuk ini arahkan pointer ke sisi kanan tabel array kemudia klik pada icon . Maka secara otomatis akan muncul kotak function argument, untuk ini masuk ke sheet data base yang telah dibuat sebelumnya kemudian pilih dan blok tabel erray kognitif lalu tekan f4 sebagai fungsi pengunci cell


Berikunya adalah mengisi vagian kotak col-index-num, ini merupakan no urut tabel yang berisikan data yang akan diambil, untuk ini kita mebutuhkan nilai huruf maka masukkan angka 2. Dan kotak range-lookup berupa true atau false, true digunakan untuk menginput nilai angka dan false untu data berupa tesk.


Untuk ini isikan dengan true. Jika fungsi yang dimasukkan benar maka akan muncul data berupa angka, selanjutnya arahkan kusor pada sisi pojok kanan bawah cell nilai huruf



tekan dan tahan pada simbol otak lalu tarik sampai batas siswa yang ada. Maka formula akan terkopi secara otomatis.
Untuk bagian dekripsi, formula yang digunakan dan cara mengunakannya secara umum sama dengan nilai huruf, yang membdakan hanya pada  looked_value dimana untuk deskripsi digunakan patokan data yaitu dari nilai huruf seingga tabel erray diblok mulai dari nilai huruf dan karena data tabel berupa tesk makan untuk bagian range_lookup digunakan false.
5.   Berikutnya pembuatan sheet penilaian psikomotorik. Pada sheet ini penggunana formula sama degan pada sheet penilaian kognitif. Perbedaan hanya pada kategori sumber penilaian.


6.    Sheet penilaian afektif sama halnya dengan sheet penilaian psikomotorik keseluruhan penggunaan rumus atau formula sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian 4. Perbedaanya hanya terletak dari kategoti sumber penilaian dan angka penilaian itu sendiri yang menggunakan rantang nilai 1- 4.


7.   Setalah itu melangkah pada pembuatan sheet gabungan. Sesuai dengan namanya pada sheet ini merangkum semua nilai angka, huruf dan deskripsi dari aspek penilaian (kognitif, psikomotorik, dan afektif). Untuk itu penggunaan formulanya dapat dengan menggunakan direct formula dengan memasukkan formula =(lokasi cell) untuk setiap tabel disesuaikan dengan posisinya masing-masing.


8.   Setalah itu maka data base selesai dibuat, langkah berikunya adalah memperbanyak data base untuk cakupan 15 mata pelajaran. Setalah file desain rapor dan file data base telah dibuat maka selanjunya adalah tutorial melinkkan data dari data base ke desain rapor. Untuk itu berikut prosedur pebuatannya :
a.  Progres awal adalah dengan membuat spin button, berupa navigasi atas bawah yang akan digunakan untuk mengganti nama siswa beserta nilai untuk setiap siswa. Navigasi ditempatkan pada 4 sheet yaitu pada bagian sampu, keterangan peserta didik, capaian kompetensi dan dekripsi kompetensi. Untuk navigasi pada bagian sampu, hal petama adalah dengan memunculkan tab develover pada program ms excell caranya dengan mengklik kanan pada taskbar menu, kemudian pilih pada bagian customize the ribbon.


Kemudia akan mucul jendela exceel option. Pada jendela tersebut centang pada kolom developer yang terletak pada sisi kanan bagian bawah.


Setalah itu maka tab develover akan muncul pada taskbar excell, selanjutnya adalah masuk pada tab develover kemudian insert lalu pilih spin button.



Setelah itu atur ukuran untuk spin button pada sampul, juga tambahakan sebuah cell untuk memuat value dari navigasi. Letakkan pada posisi kanan atas sampul


Klik kanan pada navigasi, lalu isikan sesuai dengan tampilan berikut :


  • ·         Curren value menujjuka nilai yang aktif
  • ·         Mimum value untuk nilai minimal kita gunakan minimal 1(no urut siswa)
  • ·         Maksimum untuk nilai maksimum yaitu 15
  • ·         Cell link alamat cell untuk menampilkan output dari navigasi.

Lalu klik ok. Langkah yang sama dilakukan pada sheet lain (keterangan peserta didik, capaian kompetensi dan dekripsi kompetensi) hanya saja pada pengaturan navigasi yaitu pada cell link masukkan alamat cell yang sama dengan alamat cell link pada sampul. Untuk cell data untuk output nilai navigasi gunakan formula direct yaitu dengan rumus =(alamat cell untuk cell output navigasi sampul) yaitu L2(pada sampul). Hal ini dimaksudkan agar navigasi terhubung satu sama lain.
2.   Lanjut selanjutnya adalah memasangkan foemula link pada nama siswa dan nis/nisn pada sheet sampul. Caranya dengan, pertama adalah klik pada cell untuk nama siswa, kemudian arahkan pointer pada icon insert function


Lalu pilih vloocup, kemudian pada jendela function argument yang muncul masukkan sesuai dengan tampilan dibawah:


(untuk penjelasan mengenai fungsi dapat dihat pada pembahasan sebelumnya). Untuk data nis/nisn masukkan formula yang sama tetapi pada kolom col_index_num isikan dengan angka 3 (disesuaikan dengan no kolom dari tabel erray).
3.      Selanjutnya berpindah ke sheet keterangan perserta didik. Secara umum formula yan digunakan sama dengan yan digunakan pada bagian sampul. Kemudia klik pada cell data nama siswa.


Masukkan rumus dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, dan pada jendela argument masukkan data seperti beriktu :


Masukkan rumus yang sama untuk data yang tersisah hanya saja dengan mengganti col_index_num disesuaikan dengan no tabel pada tabel erray (sheet data peserta didik)
4.   Link untuk sheet capaian kompotensi. Pada bagian ini proses foromulasi dilakukan lintas file. Dengan data yang disesuaikan dengan nama mata pelajaran dan data base mata pelajaran yang sesuai. Untuk ini pertama masukkan formulasi dengan cara yang sama dengan langkah sebelumnya pada kolom data nama siswa dan nis/nisn pada bagian atas lembar capaian kompetensi. Lanjut untuk data berupa nilai angka dan huruf baik itu untuk aspek kognitif, psikomotorik mupun afektif untuk setiap mata pelajaran kita lakukan formulasi dengan membuka setiap file data base mata pelajaran yang telah dibuat. Misalnya untuk mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti, klik pada kolom angka, kemudian klik icon insert function lalu pilih VLOOKUP dan masukkan rumus sesuai dengan tampilan berikut : 
  • ·         Lookup_value merupakan nila data tinjauan untik ini kita memilih yaitu alamat cell pada cell output dari tombol navigasi.
  • ·        Table_array merupakan tabel data berisi informasi yang akan dilinkkan, untuk ini pertama buka file data base agama masui ke sheet gabungan blok semua tabel (dimulai dari no urut sampai deskripsi psikomotorik).
  • ·         Col_index_num beruapa no colom, isikan dengan angka 4 karena data yang dibutuhkan adalah data nilai angka kognitif yang pada tabel erray berada pada urutan kolok ke 4.
  • ·    Kemudian range_lookup merupakan pernyataan true atau false. True digunakan ketika data yang dibutuhkan. berupa kangka dan false jika data itu adalah teks.

Untuk selanjutnya berpindah pada data nilai huruf aspek kognitif. Lakukan hal yang sama hanya beda pada col_index_num, untuk ini isikan dengan no 5. Begitu pula dengan kolom data yang tersisah untuk mata pelajaran agama isikan data yang sama dengan kognitif tetapi perhatikan urutan kolom data pada tabel erray yang digunakan untuk bagian kolom col_index_num.
Untuk selanjutnya, melingkan mata pelalajaran yang tersisah dilakukan dengan prosedur kerja yang sama dengan mata pelajaran agama yang membedakan adalah dari bagian tabel_erray yaitu sesuaikan nama mata pelajaaran dengan data nama data basenya, dan juag perhatikan bagian col_index_num.
6.   Untuk sheet deskripi kompotensi lakukan prosedure yang sama seperti pada formulasi sheet capaian kompetensi . sesuaikan mata pelajaran dengan data base dan perhatikan pada bagian  col_index_num untuk setiap data aspek penilaian.






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon