RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Gasing |
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Kelas/Semester : XI (Sebelas) / II (Dua)
Mata Pelajaran : Fisika
Materi Pokok : Dinamika Rotasi
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 JP (2 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI-2)
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1. Kompetensi Dasar Sikap Spiritual:
1.1 Bertambahnya keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang.
2. Kompetensi Dasar Sikap Sosial:
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3. Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3.6 Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1 Memahami keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.1.2 Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2.1 Memahami kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang.
1.2.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang.
2. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa teliti dan bertanggung jawab) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
2.2.1 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
3.6.1 Menjelaskan Prinsip Torsi
3.6.2 Menjelaskan hubungan antara panjang lengan, Gaya dan Torsi
3.6.3 Mampu menggunakan persamaan Torsi dalam menyelesaikan masalah benda putar
D. Materi Pembelajaran
· Momen Gaya (torsi) adalah besaran yang menyebabkan benda bergerak rotasi.
·
Semakin besar gaya yang diberikan, semakin besar nilai torsi. Semakin besar jarak engsel dari tempat gaya bekerja, maka semakin besar torsi yang bekerja.
Semakin besar gaya yang diberikan, semakin besar nilai torsi. Semakin besar jarak engsel dari tempat gaya bekerja, maka semakin besar torsi yang bekerja.
Gambar 5. Analisis gaya pada kunci
· Persamaan Torsi diberikan oleh :
E. Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery Based Learning
Metode : Demonstrasi, Simulasi dan Diskusi
Strategi : Deduktif
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Langkah – langkah Model Discovery | Deskripsi | Alokasi Waktu | |
Guru | Peserta Didik | |||
Pendahuluan | Menciptakan situasi (stimulus) | Memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik | Menjawab salam dan memberikan keterangan tentang kehadiran (absensi) | 10’ |
Memandu peserta didik untuk melakukan do’a bersama sebelum memulai pelajaran. | Berdo’a sebelum belajar sesuai dengan kepercayaan masing - masing | |||
Menyampaikan topik pembelajaran dan mengajak peserta didik untuk selalu mensyukuri apa yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa atas kuasaNya | Mengucapkan rasa syukur terhadap apa yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa atas kuasaNya | |||
Menyiapkan peserta didik untuk belajar dan melakukan pemusatan perhatian dengan menyampaikan tujuan pembejalaran | Mendengarkan tujuan pembejalaran yang disampaikan oleh guru | |||
Memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengawali pembelajaran, dengan memberikan sebuah demonstrasi konseptual mengenai momen gaya | Memerhatikan demonstarsi yang dilakukan oleh guru | |||
Inti | Identifikasi Masalah | Membagi peserta didik kedalam 4 kelompok dan masing – masing kelompok terdiri dari 5-7 orang | Duduk bersama teman kelompok yang telah dibagi | |
Membagikan LKPD kepada setiap kelompok | Perwakilan dari setiap kelompok mengambil LKPD yang diberikan | |||
Menyampaikan materi singkat tentang Torsi | Menyimak materi yang disampaikan oleh guru | |||
Menyampaikan petunjuk penggunaan simulasi dan mendemonstrasikan simulasi jungkat jungkit dengan massa benda yang berbeda | Menyimak petunjuk penggunaan simulasi yang disampaikan oleh guru | |||
Observasi | Membimbing dan memberi bantuan kelompok – kelompok dalam melakukan kegiatan simulasi berdasarkan LKPD yang dibagikan | Dengan teliti, secara berkelompok melakukan simulasi virtual berdasarkan prosedur LKPD | 15’ | |
Berdasarkan prosedur LKPD, peserta didik Dengan teliti melakukan simulasi dan mencari jawaban atas pertanyaan di LKPD | ||||
| Pengumpulan Data | Membimbing dan memberi batuan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dalam melakukan pengumpulan data | Dengan teliti, menuliskan data hasil pengamatan dalam tabel pengamatan di LKPD | |
Peserta didik menanyakan kepada guru ketika mengalami kesulitan dalam melakukan simulasi | ||||
Pengolahan data | Membimbing dan memberi bantuan kelompok – kelompok dalam melakukan pengolahan data pada LKPD | Mengolah data hasil pengamatan melalui pembimbingan guru | ||
Dengan teliti, menghitung nilai torsi yang terjadi pada simulasi dan mencari massa benda yang ditanyakan. | ||||
Menghargai, pendapat teman kelompok dalam menarik kesimpulan | ||||
Verifikasi | Mempersilahkan salah tiap kelompok untuk mengomunikasikan hasil pengamatan | Mengomunikasikan hasil pengamatan secara berkelompok, serta bertanggung jawab menjawab pertanyaan menjawab pertanyaan yang muncul dari kelompok lain, jika ada | 10’ | |
Penutup | Generalisasi | Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan konsep momen gaya (Torsi) | Dengan bertanggung jawab, peserta didik menyimpulkan konsep dari momen gaya (Torsi) | 15’ |
Memberikan soal evaluasi tentang Momen Gaya (Torsi) secara individu | Mengerjakan soal evaluasi yang berkaitan dengan Torsi secara individu | |||
Menutup pembelajaran dengan do’a kafaratul majelis dan mengucapkan salam | Menjawab salam dari guru |
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan
Ø LKFPD
Ø Aplikasi Simulasi Laboratorium Virtual
Ø LCD Proyektor
Ø Komputer/Laptop
2. Sumber Belajar
Ø Internet
Ø Buku Bacaan Peserta Didik
H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Teknik : Tes
2. Bentuk :
a. Tes Kognitif (soal uraian)
b. Tes Sikap Sosial (lembar pengamatan)
3. Instrumen :
a. Sikap Sosial
Pedoman Observasi Sikap Teliti
No | Aspek Pengamatan | Melakukan | |
Ya | Tidak | ||
1 | Mengikuti dengan baik prosedur penggunaan aplikasi | | |
2 | Memperhatikan nilai dan satuan dari tiap variabel | | |
3 | Teliti dalam menuliskan data hasil pengamatan dalam tabel pengamatan di LKPD dengan benar | | |
Jumlah | | |
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
No | Aspek Pengamatan | Melakukan | |
Ya | Tidak | ||
1 | Ikut serta dalam melakukan pengamatan secara berkelompok | | |
2 | Ikut serta dalam mengambil kesimpulan bersama teman kelompoknya | | |
3 | Aktif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain | | |
Jumlah | | |
Pedoman Observasi Sikap Menghargai
No | Aspek Pengamatan | Melakukan | |
Ya | Tidak | ||
1 | Mampu menerima pendapat teman kelompok yang bertentangan dengan pendapatnya | | |
2 | Menghargai pendapat teman kelompok dalam mengambil kesimpulan | | |
3 | Memberikan apresiasi atas hasil kerja kelompok lain | | |
Jumlah | | |
Hasil Akhir Observasi Sikap Sosial
No | Nama peserta didik | ||||||||||
Teliti | Tanggung Jawab | Menghargai | |||||||||
3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | |||
1 | |||||||||||
2 | |||||||||||
3 | |||||||||||
4 | |||||||||||
5 | |||||||||||
6 | |||||||||||
7 | |||||||||||
8 | |||||||||||
9 | |||||||||||
10 | |||||||||||
11 | |||||||||||
12 | |||||||||||
13 | |||||||||||
14 | |||||||||||
15 | |||||||||||
16 | |||||||||||
17 | |||||||||||
18 | |||||||||||
19 | |||||||||||
20 | |||||||||||
21 | |||||||||||
22 | |||||||||||
23 | |||||||||||
24 |
b. Kognitif
1) Bagaimanakah prinsip dari momen gaya (Torsi) ?
2) Jelaskan hubungan antara Gaya, Lengan Beban, dan besar nilai Torsi?
3) Tentukan besar massa dari benda A, B, C, D, E, F, G, H pada simulasi!
4. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran :
a. Rubrik Hasil Akhir Penilaian Pengamatan Sikap Sosial
Dilihat dari setiap item sikap sosial (teliti, bertanggung jawab, dan gotong royong)
Skor 4, SELALU
Apabila menunjukkan sikap tersebut sebanyak 3 kali pada pembelajaran
Skor 3, SERING
Apabila menunjukkan sikap tersebut sebanyak 2 kali pada pembelajaran
Skor 2, KADANG - KADANG
Apabila menunjukkan sikap tersebut sebanyak 1 kali pada pembelajaran
Skor 1, TIDAK PERNAH
Apabila tidak perrnah menunjukkan sikap tersebut pada pembelajaran
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut
|
Tabel Nilai dan Predikat Penilaian Sikap Sosial
3.25 - 4.00 = SB (Sangat baik)
2.50 – 3.24 = B (Baik)
1.75 – 2.49 = C (Cukup)
1.00 – 1.74 = K (Kurang)
b. Penilaian Kognitif
Deskripsi | Point | Skor |
Momen Gaya (Torsi) adalah hasil kali antara panjang lengan gaya dari titik putar dengan gaya yang tegak lurus terhadap lengan gaya | 3 | Lengkap = 5 kata kunci |
2 | Cukup Lengkap = 3-4 kata kunci | |
1 | Kurang Lengkap = 1 - 2 kata kunci | |
0 | Kosong = 0 | |
Panjang lengan gaya berbanding lurus dengan besarnya torsi, begitupun dengan besarnya gaya yang tegak lurus bekerja pada lengan berbanding lurus dengan besarnya nilai torsi. | 4 | Lengkap = 5 kata kunci |
3 | Cukup Lengkap = 3-4 kata kunci | |
1 | Kurang Lengkap = 1-2 kata kunci | |
0 | Kosong = 0 | |
| 8 | 8 Benar |
7 | 7 Benar | |
6 | 6 Benar | |
5 | 5 Benar | |
4 | 4 Benar | |
3 | 3 Benar | |
2 | 2 Benar | |
1 | 1 Benar | |
0 | 0 Benar | |
Skor Maksimal | 15 |
Rubrik Penilaian Kognitif
Penilaian kognitif untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut
|
Rentang angka dan huruf penilaian
3,85 - 4,00 dengan huruf A;
3,51 - 3,84 dengan huruf A-;
3,18 - 3,50 dengan huruf B+;
2,85 - 3,17 dengan huruf B;
2,51 - 2,84 dengan huruf B-;
2,18 - 2,50 dengan huruf C+;
1,85 - 2,17 dengan huruf C;
1,51 - 1,84 dengan huruf C-;
1,18 - 1,50 dengan huruf D+; dan
1,00 - 1,17 dengan huruf D.
Dengan ketuntasan jika nilai minimal 2,67
5. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
· Pembelajaran remedial dilaksanakan segera setelah diadakan penilaian bagi peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67 dengan mengerjakan tugas remedial buku siswa Dinamika Rotasi kelas XI halaman 23-24pilihan ganda nomor 5-8
· Strategi pembelajaran remedial dilaksanakan dengan pembelajaran remedial, penugasan dan tutor sebaya berdasarkan indikator pembelajaran yang belum dicapai oleh masing-masing peserta didik.
· Pengayaan dilaksanakan bagi peserta didik yang mendapat nilai diatas 2,67 dengan menyelesaikan kegiatan “Ayo Kita Lakukan” pada halaman 6 di buku siswa materi Dinamika Rotasi sebagai upaya penguatan konsep tentang momen gaya (Torsi).
EmoticonEmoticon