RPP Fisika SMA kelas XII Materi Rangkaian Arus Bolak Balik

Tags



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
AC
Satuan Pendidikan         : SMA
Kelas/Semester               : XII/Gazal
Mata Pelajaran               : Fisika
Materi Pokok                 : Rangkaian Arus Bolak Balik
Pertemuan Ke-               : 2
Alokasi Waktu               : 2x45 menit

I.                   Kompetensi Inti (KI)
A.    Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI 1):
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

B.     Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI 2):
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia

C.    Kompetensi Inti Pengetahuan (KI 3):
Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah.

D.    Kompetensi Inti Keterampilan (KI 4):
Mencoba, mengolah, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II.                Kompetensi Dasar (KD)
A.    Kompetensi Dasar Sikap Spiritual:
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan.

B.     Kompetensi Dasar Sikap Sosial:
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

C.    Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3.4 Mendeskripsikan rangkaian dan prinsif kerja peralatan listrik searah (DC) dan bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari.

D.    Kompetensi Dasar Keterampilan:
4.5 Menyelidiki karakteristik piranti elektronik dalam sebuah rangkaian arus bolak-balik (AC) melalui percobaan.
4.6 Menyajikan permasalahan nyata dan usulan penyelesaiannya terkait dengan rangkaian listrik arus searah dan arus bolak-balik
III.             Indikator Pencapaian Kompetensi
A.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan hubungan medan listrik dan medan magnet dengan benda-benda lain di alam semesta.
1.1.2        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan medan listrik dan medan magnet dengan kompleksitasnya masing-masing.
1.2.1        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik bagi manusia untuk mengembangkan teknologi.
1.2.2        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan magnet bagi manusia untuk mengembangkan teknologi.

B.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1   Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2   Menampilakn perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari
2.2.1   Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2 Menampilkan bentung penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
1.      Mendeskripsikan apa yang dimaksud dengan arus bolak balik
2.      Menuliskan karakteristik arus bolak balik
3.      Mendeskripsikan rangkaian dan prinsip kerja perangkat listrik bolak balik (AC)

D.    Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
1.      Merangkai rancangan percobaan.
2.      Mengamati
3.      Membaca penunjukan skala pada osiloskop
IV.             Tujuan Pembelajaran
1.      Diberikan LKFPD, peserta didik melakukan pengamatan dengan teliti untuk dapat menjelaskan karakteristik rangkaian arus bolak balik.
2.      Diberikan LKFPD, peserta didik melakukan pengamatan dengan teliti untuk dapat menjelaskan prinsip kerja rangkaian perangkat arus bolak balik.
3.      Diberikan suatu gambar rangkaian perangkat listrik arus bolak balik, peserta didik melakukan diskusi kelompok secara tekun dan cermat untuk dapat menjelaskan rangkaian dan prinsip kerja dari rangkaian perangkat listrik bolak balik.

V.                Materi Pembelajaran
A.    Pengertian Arus Bolak Balik
1.      Arus Bolak Balik
Definisi arus bolak balik (AC)
2.      Tegangan Bolak Balik
Definisi tegangan bolak balik (AC)
B.     Nilai Efektif
1.      Diagram Fasor
2.      Nilai Efektif Arus Bolak Balik
3.      Nilai Efektif Tegangan Bolak Balik
C.    Rangkaian Arus Bolak Balik
1.      Hambatan Murni dalam Rangkaian AC
2.      Induktor Murni dalam Rangkaian AC
3.      Hambatan dan Induktor dalam Rangkaian AC
4.      Kapasitor Murni dalam Rangkaian AC
5.      Hambatan dan Kapasitor dalam Rangkaian AC
6.      Hambatan, Induktor, dan Kapasitor dalam Rangkaian AC (Rangkaian RLC)
7.      Frekuensi Resonansi
8.      Daya Pada Rangkaian AC
9.      Perangkat-perangkat Elektronik yang menggunakan arus bolak balik
D.    Soal Latihan

VI.             Model dan Metode Pembelajaran
Model        : inquiry
Metode      : Demonstrasi
                    Diskusi Kelompok

VII.          Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Keterlaksanaan
Pendahuluan
·    Mengucapkan salam
·    Mengajak peserta didik untuk berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing sebelum memulai pelajaran.
·    Guru mereview materi sebelumnya
·    Guru bertanya “pernahkah kalian mengamati lampu di rumah kalian?”
·    Guru bertanya “kenapa ketika kalian menekan saklar lampu ruang tamu, lampu kamar ataupun dapur kalian tidak ikut menyala?”
·    Sekarang kita akan mencari tahu bagaimana cara kerja dari hal tersebut.
15 menit

Inti
·    Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
·    Guru mempersilahkan peserta didik untuk duduk bersama dengan kelompok yang telah dibagi.
·    Guru menampilkan gambar-gambar perangkat elektronik.
·    Guru bertanya “yang manakah perangkat elektronik yang menggunakan arus bolak balik?”
·    Guru memberikan LKFPD kepada peserta didik.
·    Guru menampilkan alat dan melakukan demonstrasi.
·    Peserta didik mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh pendidik.
·    Peserta mengerjakan LKFPD 01 yang diberikan. Yang berisi pertanyaan “bagaimana prinsip kerja dari rangkaian tersebut?”
·    Peserta didik mengerjakan LKFPD 02 yamg berisi gambar rangkaian perangkat elektronik yang menggunakan arus bolak balik (Air Conditioner)
65 menit

Penutup
·    Peserta didik membacakan hasil LKPDF yang telah dikerjakan.
·    Guru memberikan apresiasi kepada setiap kelompok.
·    Guru memberikan pekerjaan rumah.
·    Guru mengajak siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing setelah proses pembelajaran selesai.
10 menit



VIII.       Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat dan Bahan
-          Buku Siswa
-          LKFPD
2.      Sumber Belajar
-          Listrik
-          Lingkungan Sekitar
IX.             Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Teknik : Tes
2.      Bentuk :
-          Tes Kognitif Produk (uraian)
-          Tes Keterampilan (lembar pengamatan)
-          Tes Sikap Sosial (lembar pengamatan)
-          Tes Sikap Spiritual (lembar penilaian diri)
3.      Instrumen :
-          Sikap Spiritual
-          Sikap Sosial
-          Kognitif Produk
-          Keterampilan
4.      Kunci jawaban dan pedoman penskoran
5.      Tugas


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon