RPP FISIKA MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI

Tags


Satuan pendidikan       : SMA
Kelas/Semester              : XI / I
Mata Pelajaran             : Fisika
Materi Pokok                : Hukum kekekalan Energi
Pertemuan ke                : 3 dari 4 pertemuan
Alokasi Waktu              : 2 JP ( 2 x 45menit )

I.    Kompetensi Inti (KI)
A.  Kompetensi inti Sikap Spritual (KI 1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B.   Kompetensi Inti Sikap Sosial ( KI 2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan  diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.  Kompetensi Inti Pengetahuan (KI 3)
Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, sertamenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.  Kompetensi Inti Keterampilan (KI 4)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindaksecara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II.      Kompetensi Dasar (KD)
A.  Kompetensi Dasar Sikap Spritual
1.1.       Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.       Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi.
B. Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2..1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2..2       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
C.  Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3..1       Mendeskripsikan konsep usaha, perubahan energi, kekekalan momentum, dan kekekalan energy
D.  Kompetensi Dasar Pengetahuan
4.1         Menyajikan permasalahan nyata dan usulan penyelesaiannya yang terkait konsep gaya, momentum, impuls, kekekalan momentum, dan kekekalan energy.

III.   Indikator Pencapaian Kompetensi
A.  Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spritual ( KD-KI.1)
1.1.1   Menyatakan kebesaran tuhan yang menciptakan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya.
1.1.2   Menyatakan kebesaran Tuhan yang yang mengatur karakteristik matahari dan bumi.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1   Menampilkan perilaku rasa ingin tahu ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2   Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.3   Menampilkan perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1   Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2   Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di
         dalam dan di luar jam pembelajaran.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
1.      Kognitif Produk
a.    Menyebutkan definisi energi mekanik menurut ilmu fisika
b.    Menjelaskan hukum kekekalan energi
c.    Menyebutkan contoh penerapaan hukum kekekalan energi mekanik yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Kognitif Proses
a.       Merumuskan masalah
b.      Merencanakan pengamatan
c.       Mengamati
d.      Mengolah data
e.       Mendiskusikan
f.       Menuliskan laporan
D.    Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
4.1.1        Mengoperasikan Neraca Ohaus         , mistar dan stopwatch
4.1.2        Membaca penunjukan skala neraca Ohaus      , mistar dan stopwatch
4.1.3        Melakukan perhitungan dan menyimpulkan berdasarkan hasil pengamatan

IV.   Tujuan Pembelajaran
1.        Diberikan beberapa contoh sumber energy yang dimiliki oleh suatu benda ,peserta didik bertanya jawab secara terbuka untuk dapat menjelaskan sumber energy terbesar adalah matahari. Sehingga peserta didik bertambah keimanannya kepada Tuhan yang Maha Esa melalui penjelasan mengenai matahari.
2.      Diberikan perangkat percobaan terkait hukum kekekalan energi mekanik, peserta didik mengamati dengan cermat dan berdiskusi dalam kelompok untuk memecahkan suatu permasalahan fisika dengan menggunakan hukum kekekalan energi mekanik, sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap suatu permasalahan fisika
3.        Diberikan sejumlah soal-soal terkait hukum kekekalan energi mekanik, peserta didik secara mandiri dan teliti menghitung nilai besaran fisika pada suatu permasalahan dengan menggunakan konsep hukum kekekalan energi mekanik, sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap suatu permasalahan fisika.

V.      Materi Pembelajaran
A.      Pendahuluan
Keutamaan Pengamatan:
1.               Landasan Spritual
2.               Landasan Karakter
Kejujuran Ilmiah yang didukung oleh teliti, hati-hati, cermat, dst.
B.     Hukum Kekekalan Energi Mekanik
1.      Energi Mekanik
2.      Hukum Kekekalan Energi Mekanik
3.      Penerapan Hukum Kekekalan Energi Mekanik
C. Pengukuran besarenergi mekaniksuatu benda
1.      Prinsip pengukuran besar energi mekanik suatu benda.
2.      Pelaporan hasil pengukuran besar energi mekanik suatu benda.

VI.             Model,Metode, Pendekatan, Teknik, Strategi, Taktik Pembelajaran
Model           : Discovery BasedLearning
Metode         : Tanya jawab, Diskusi, dan Pengamatan
Pendekatan  : Saintifik
Teknik          : Kooperatif
Strategi         : Pembelajaran interaktif
Taktik           :




VII.          Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Langkah – langkah Model Discovery
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Peserta Didik
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulus)
Membuka pertemuan dengan mengucapkan salam, menanyakan kondisi peserta didik agar lebih terjalin keakraban antara pendidik dengan peserta didik dan mengecek daftar hadir peserta didik
Menjawab salam dan memberikan keterangan tentang kehadiran (absensi)
10’
Memandu peserta didik untuk melakukan do’a bersama sebelum memulai pelajaran.
Berdo’a sebelum belajar sesuai dengan kepercayaan masing - masing
Pendidik memberi motivasi kepada peserta didik agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan. penuh tanggung jawab”.
Peserta didik mendengarkan
Menyampaikan topik pembelajaran dan mengajak peserta didik untuk selalu mensyukuri apa yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa atas kuasaNya menciptakan gas dan partikel lainnya.
Mengucapkan rasa syukur terhadap apa yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa atas kuasaNya menciptakan energi dan partikel lainnya.
Menyiapkan peserta didik untuk belajar dan melakukan pemusatan perhatian dengan menyampaikan tujuan pembejalaran
Mendengarkan tujuan pembejalaran yang disampaikan oleh guru
Mengoneksikan materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan materi pembelajaran yang telah lalu. (Guru bertanya kepada peserta didik pengertian energi dan jenis-jenis energi).
Memerhatikan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, dengan berbagai kemungkinan jawaban
Inti
Identifikasi Masalah
Tanya jawab antara pendidiik dan peserta didik berkaitan dengan gambar  yang ditampilkan
Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
15’
Membagi peserta didik kedalam 5 kelompok dan masing – masing kelompok terdiri dari 5 – 6 orang
Duduk bersama teman kelompok yang telah dibagi

Membagikan LKPD kepada setiap kelompok

Perwakilan dari setiap kelompok mengambil LKPD yang diberikan
Meminta perwakilan kelompok untuk mengambil alat dan bahan yang akan digunakan untuk percobaan
Menyimak materi yang disampaikan oleh guru
Observasi
Membimbing dan memberi bantuan kelompok – kelompok dalam melakukan kegiatan percobaan berdasarkan LKPD yang dibagikan
Dengan gotong royong, secara berkelompok melakukan percobaan berdasarkan prosedur LKPD
15’
Pengumpulan Data
Dengan teliti, mengumpulkan data dengan mengukur setiap variabel pada percobaan bersama teman kelompok.



Dengan teliti, menuliskan data hasil pengamatan dalam tabel pengamatan di LKPD
25’
Peserta didik menanyakan kepada guru ketika mengalami kesulitan dalam melakukan percobaan
Pengolahan data
Membimbing dan memberi bantuan kelompok – kelompok dalam melakukan pengolahan data pada LKPD
Mengolah data hasil pengamatan melalui pembimbingan guru
Dengan teliti, melakukan analisis perhitungan berdasarkan data yang telah diperoleh.
Verifikasi
Mempersilahkan salah satu kelompok untuk mengomunikasikan hasil pengamatan dan memberikan jawaban yang benar jika terjadi perselisihan pendapat
Mengomunikasikan hasil pengamatan secara berkelompok dengan bertanggung jawab
10’
Dengan bertanggung jawab, menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain
Penutup
Generalisasi
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan hukum kekekalan energi mekanik
Dengan bertanggung jawab, menyimpulkan Hukum kekekalan energi mekanik.
15’
Memberikan soal evaluasi yang berkaitan dengan Hukum kekekalan energi mekanik secara individu
Mengerjakan soal evaluasi yang berkaitan dengan Hukum Kekekalan Energi Mekanik secara individu
Memberikan tugas di luar kelas
Mencatat tugas di luar kelas
Menutup pembelajaran dengan do’a kafaratul majelis dan mengucapkan salam
Menjawab salam dari guru


VIII.       Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat dan Bahan
*      Alat : Neraca Ohaus, Mistar, Stopwatch,
*      Bahan : Beban
2.      Sumber Belajar
*      BFPD
*      LKPD
*      Buku-buku yang relevan
*      Matahari
*      Lingkungan sekitar
IX.             Penilaian Proses dan Hasil Belajjar
1.      Teknik  : Tes
2.      Bentuk :
a.       Tes Kognitif Produk (soal uraian)
b.      Tes Keterampilan (lembar pengamatan)
c.       Tes Sikap Sosial (lembar pengamatan)
d.      Tes Sikap Spiritual (lembar penilaian diri)
3.      Instrumen  :
a.       Sikap Spiritual
b.      Sikap Sosial
c.       Kognitif Produk
d.      Keterampilan
4.      Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran :
a.       Kognitif Produk
b.      Keterampilan
5.      Tugas

X. Daftar Pustaka
Arifuddin, M. Achya. 2007. Fisika. Bekasi : Inter Plus.
Su’ud, Zaki. 2011. Physics Bringing Science to Your Life SMA/MA. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon