RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Kelas/Semester : XI (Sebelas) / II (Dua)
Mata Pelajaran : Fisika
Materi Pokok : Teori Kinetik Gas
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 JP (2 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI-2)
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1. Kompetensi Dasar Sikap Spiritual:
1.1 Bertambahnya keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang.
2. Kompetensi Dasar Sikap Sosial:
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3. Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3.8 Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1 Memahami keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.1.2 Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2.1 Memahami kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang.
1.2.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang.
2. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1 Memahami perilaku ilmiah (memiliki rasa telitihati-hati dan bertanggung jawab) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
2.1.2 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa telitihati-hati dan bertanggung jawab) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
2.2.1 Memahami kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
3.8.8 Menjelaskan Prinsip Hukum Gay Lussac
3.8.9 Menjelaskan hubungan antara tekanan dan suhu dalam grafik
3.8.10 Membandingkan variabel dalam persamaan Hukum Gay Lussac
D. Materi Pembelajaran
· Seorang ilmuwan bernama Joseph Gay Lussac, telah menyelidiki hubungan tekanan dan suhu gas dalam volume tetap.
· Gay Lussac menyatakan jika volume gas dalam ruang tertutup dibuat tetap, maka tekanan gas berbanding lurus dengan suhu gas.
· Pernyataan ini disebut Hukum Gay Lussac yang dituliskan dalam berntuk persamaan berikut :
E. Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery Based Learning
Metode : Demonstrasi, Simulasi dan Diskusi
Strategi : Deduktif
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Langkah – langkah Model Discovery | Deskripsi | Alokasi Waktu | |
Guru | Peserta Didik | |||
Pendahuluan | Menciptakan situasi (stimulus) | Memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik | Menjawab salam dan memberikan keterangan tentang kehadiran (absensi) | 10’ |
Memandu peserta didik untuk melakukan do’a bersama sebelum memulai pelajaran. | Berdo’a sebelum belajar sesuai dengan kepercayaan masing - masing | |||
Menyampaikan topik pembelajaran dan mengajak peserta didik untuk selalu mensyukuri apa yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa atas kuasaNya menciptakan gas dan partikel lainnya. | Mengucapkan rasa syukur terhadap apa yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa atas kuasaNya menciptakan gas dan partikel lainnya. | |||
Menyiapkan peserta didik untuk belajar dan melakukan pemusatan perhatian dengan menyampaikan tujuan pembejalaran | Mendengarkan tujuan pembejalaran yang disampaikan oleh guru | |||
Memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengawali pembelajaran, dengan menampilkan video berupa pemanasan sebuah kaleng berisi gas menyebabkan kaleng tersebut meledak sebagai penerapan Hukum Gay Lussac | Memerhatikan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, dengan berbagai kemungkinan jawaban | |||
Inti | Identifikasi Masalah | Membagi peserta didik kedalam 5 kelompok dan masing – masing kelompok terdiri dari 5 – 6 orang | Duduk bersama teman kelompok yang telah dibagi | |
Membagikan LKPD kepada setiap kelompok | Perwakilan dari setiap kelompok mengambil LKPD yang diberikan | |||
Menyampaikan materi singkat yang terdapat pada simulasi laboratorium virtual Hukum Gay Lussac melalui media presentasi | Menyimak materi yang disampaikan oleh guru | |||
Menyampaikan petunjuk penggunaan simulasi dan mendemonstrasikan simulasi laboratorium virtual Hukum Gay Lussac melalui media presentasi | Menyimak petunjuk penggunaan simulasi yang disampaikan oleh guru | |||
Observasi | Membimbing dan memberi bantuan kelompok – kelompok dalam melakukan kegiatan simulasi berdasarkan LKPD yang dibagikan | Dengan gotong royong, secara berkelompok melakukan simulasi virtual berdasarkan prosedur LKPD | 15’ | |
Dengan teliti, berdasarkan prosedur LKPD, mengisi wadah dengan gas dan mengubah salah satu nilai variabel | ||||
Pengumpulan Data | Dengan teliti, mengumpulkan data dengan mengukur setiap variabel pada simulasi bersama teman kelompok. | |||
| | | Dengan teliti, menuliskan data hasil pengamatan dalam tabel pengamatan di LKPD | |
Peserta didik menanyakan kepada guru ketika mengalami kesulitan dalam melakukan simulasi | ||||
Pengolahan data | Membimbing dan memberi bantuan kelompok – kelompok dalam melakukan pengolahan data pada LKPD | Mengolah data hasil pengamatan melalui pembimbingan guru | ||
Dengan gotong royong, mengolah data hasil pengamatan dan memplot dalam bentuk grafik dan menalar dalam menginterpretasikan grafik secara singkat | ||||
Dengan gotong royong, mengumpulkan informasi tambahan dalam memplot dan menginterpretasikan grafik secara singkat | ||||
Verifikasi | Mempersilahkan salah satu kelompok untuk mengomunikasikan hasil pengamatan dan memberikan jawaban yang benar jika terjadi perselisihan pendapat | Mengomunikasikan hasil pengamatan secara berkelompok dengan bertanggung jawab | 10’ | |
Dengan bertanggung jawab, menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain | ||||
Penutup | Generalisasi | Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan Hukum Gay Lussac | Dengan bertanggung jawab, menyimpulkan Hukum Gay Lussac | 15’ |
Memberikan soal evaluasi yang berkaitan dengan Hukum Gay Lussac secara individu | Mengerjakan soal evaluasi yang berkaitan dengan Hukum Gay Lussac secara individu | |||
Menutup pembelajaran dengan do’a kafaratul majelis dan mengucapkan salam | Menjawab salam dari guru |
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan
Ø LKFPD
Ø Aplikasi Simulasi Laboratorium Virtual
Ø LCD Proyektor
Ø Komputer/Laptop
2. Sumber Belajar
Ø Internet
Ø Buku Bacaan Peserta Didik
H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Teknik : Tes
2. Bentuk :
a. Tes Kognitif (soal uraian)
b. Tes Sikap Sosial (lembar pengamatan)
3. Instrumen :
a. Sikap Sosial
Pedoman Observasi Sikap Teliti
No | Aspek Pengamatan | Melakukan | |
Ya | Tidak | ||
1 | Mengikuti dengan baik prosedur mengisi wadah dengan gas dan mengubah salah satu nilai variabel | | |
2 | Tidak terburu – buru dalam mengambil data mengukur setiap variabel pada simulasi | | |
3 | Teliti dalam menuliskan data hasil pengamatan dalam tabel pengamatan di LKPD dengan benar | | |
Jumlah | | |
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
No | Aspek Pengamatan | Melakukan | |
Ya | Tidak | ||
1 | Ikut serta dalam mengomunikasikan hasil pengamatan secara berkelompok | | |
2 | Aktif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain | | |
3 | Membantu teman kelompok menyimpulkan Hukum Gay Lussac berdasarkan hasil pengamatan | | |
Jumlah | | |
Pedoman Observasi Sikap Gotong Royong
No | Aspek Pengamatan | Melakukan | |
Ya | Tidak | ||
1 | Aktif melakukan simulasi virtual berdasarkan prosedur LKPD secara berkelompok | | |
2 | Ikut serta dalam mengolah data hasil pengamatan bersama teman kelompok | | |
3 | Membantu teman kelompok dalam mengumpulkan informasi tambahan dalam memplot dan menginterpretasikan grafik secara singkat | | |
Jumlah | | |
Hasil Akhir Observasi Sikap Sosial
No | Nama peserta didik | Teliti | Bertanggung Jawab | Gotong Royong | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | | | | ||||||||||
2 | | | | ||||||||||
3 | | | | ||||||||||
4 | | | | ||||||||||
5 | | | | ||||||||||
6 | | | | ||||||||||
7 | | | | ||||||||||
8 | | | | ||||||||||
9 | | | | ||||||||||
10 | | | | ||||||||||
11 | | | | ||||||||||
12 | | | | ||||||||||
13 | | | | ||||||||||
14 | | | | ||||||||||
15 | | | | ||||||||||
16 | | | | ||||||||||
17 | | | | ||||||||||
18 | | | | ||||||||||
19 | | | | ||||||||||
20 | | | | ||||||||||
21 | | | | ||||||||||
22 | | | | ||||||||||
23 | | | | ||||||||||
24 | | | |
EmoticonEmoticon