RPP FISIKA MATERI TEORI KKINETIK GAS

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan        : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Kelas/Semester               : XI (Sebelas) / II (Dua)
Mata Pelajaran              : Fisika
Materi Pokok                 : Teori Kinetik Gas
Pertemuan Ke                : 3
Alokasi Waktu               : 2 JP (2 x 45 menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)

1.    Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI-2)
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar (KD)

1.    Kompetensi Dasar Sikap Spiritual:
1.1       Bertambahnya keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2       Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang.
2.    Kompetensi Dasar Sikap Sosial:
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.    Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3.8  Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi

1.      Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1        Memahami keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.1.2        Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2.1        Memahami kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang.
1.2.2        Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang.
2.      Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1   Memahami perilaku ilmiah (memiliki rasa telitihati-hati dan bertanggung jawab) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
2.1.2   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa telitihati-hati dan bertanggung jawab) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
2.2.1   Memahami kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.      Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
3.8.8        Menjelaskan Prinsip Hukum Gay Lussac
3.8.9        Menjelaskan hubungan antara tekanan dan suhu dalam grafik
3.8.10    Membandingkan variabel dalam persamaan Hukum Gay Lussac



D.  Materi Pembelajaran

·         Seorang ilmuwan bernama Joseph Gay Lussac, telah menyelidiki hubungan tekanan dan suhu gas dalam volume tetap.
·         Gay Lussac menyatakan jika volume gas dalam ruang tertutup dibuat tetap, maka tekanan gas berbanding lurus dengan suhu gas.
·         Pernyataan ini disebut Hukum Gay Lussac yang dituliskan dalam berntuk persamaan berikut :

E.  Model dan Metode Pembelajaran

Pendekatan : Saintifik
Model         : Discovery Based Learning
Metode       : Demonstrasi, Simulasi dan Diskusi
Strategi       : Deduktif

F.  Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Langkah – langkah Model Discovery
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Peserta Didik
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulus)
Memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik
Menjawab salam dan memberikan keterangan tentang kehadiran (absensi)
10’
Memandu peserta didik untuk melakukan do’a bersama sebelum memulai pelajaran.
Berdo’a sebelum belajar sesuai dengan kepercayaan masing - masing
Menyampaikan topik pembelajaran dan mengajak peserta didik untuk selalu mensyukuri apa yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa atas kuasaNya menciptakan gas dan partikel lainnya.
Mengucapkan rasa syukur terhadap apa yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa atas kuasaNya menciptakan gas dan partikel lainnya.
Menyiapkan peserta didik untuk belajar dan melakukan pemusatan perhatian dengan menyampaikan tujuan pembejalaran
Mendengarkan tujuan pembejalaran yang disampaikan oleh guru
Memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengawali pembelajaran, dengan menampilkan video berupa pemanasan sebuah kaleng berisi gas menyebabkan kaleng tersebut meledak sebagai penerapan Hukum Gay Lussac

Memerhatikan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, dengan berbagai kemungkinan jawaban
Inti
Identifikasi Masalah
Membagi peserta didik kedalam 5 kelompok dan masing – masing kelompok terdiri dari 5 – 6 orang
Duduk bersama teman kelompok yang telah dibagi


Membagikan LKPD kepada setiap kelompok

Perwakilan dari setiap kelompok mengambil LKPD yang diberikan
Menyampaikan materi singkat yang terdapat pada simulasi laboratorium virtual Hukum Gay Lussac melalui media presentasi
Menyimak materi yang disampaikan oleh guru
Menyampaikan petunjuk penggunaan simulasi dan mendemonstrasikan simulasi laboratorium virtual Hukum Gay Lussac melalui media presentasi
Menyimak petunjuk penggunaan simulasi yang disampaikan oleh guru
Observasi
Membimbing dan memberi bantuan kelompok – kelompok dalam melakukan kegiatan simulasi berdasarkan LKPD yang dibagikan
Dengan gotong royong, secara berkelompok melakukan simulasi virtual berdasarkan prosedur LKPD
15’
Dengan teliti, berdasarkan prosedur LKPD, mengisi wadah dengan gas dan mengubah salah satu nilai variabel
Pengumpulan Data
Dengan teliti, mengumpulkan data dengan mengukur setiap variabel pada simulasi bersama teman kelompok.



Dengan teliti, menuliskan data hasil pengamatan dalam tabel pengamatan di LKPD

Peserta didik menanyakan kepada guru ketika mengalami kesulitan dalam melakukan simulasi
Pengolahan data
Membimbing dan memberi bantuan kelompok – kelompok dalam melakukan pengolahan data pada LKPD
Mengolah data hasil pengamatan melalui pembimbingan guru
Dengan gotong royong, mengolah data hasil pengamatan dan memplot dalam bentuk grafik dan menalar dalam menginterpretasikan grafik secara singkat
Dengan gotong royong, mengumpulkan informasi tambahan dalam memplot dan menginterpretasikan grafik secara singkat
Verifikasi
Mempersilahkan salah satu kelompok untuk mengomunikasikan hasil pengamatan dan memberikan jawaban yang benar jika terjadi perselisihan pendapat
Mengomunikasikan hasil pengamatan secara berkelompok dengan bertanggung jawab
10’
Dengan bertanggung jawab, menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain
Penutup
Generalisasi
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan Hukum Gay Lussac
Dengan bertanggung jawab, menyimpulkan Hukum Gay Lussac
15’
Memberikan soal evaluasi yang berkaitan dengan Hukum Gay Lussac secara individu
Mengerjakan soal evaluasi yang berkaitan dengan Hukum Gay Lussac secara individu
Menutup pembelajaran dengan do’a kafaratul majelis dan mengucapkan salam
Menjawab salam dari guru


G.  Alat dan Sumber Belajar

1.    Alat dan Bahan
Ø LKFPD
Ø Aplikasi Simulasi Laboratorium Virtual
Ø LCD Proyektor
Ø Komputer/Laptop
2.    Sumber Belajar
Ø Internet
Ø Buku Bacaan Peserta Didik

H.  Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.   Teknik : Tes
2.   Bentuk   :
a.       Tes Kognitif (soal uraian)
b.      Tes Sikap Sosial (lembar pengamatan)
3.    Instrumen :
a.    Sikap Sosial
Pedoman Observasi Sikap Teliti
No
Aspek Pengamatan
Melakukan
Ya
Tidak
1
Mengikuti dengan baik prosedur mengisi wadah dengan gas dan mengubah salah satu nilai variabel


2
Tidak terburu – buru dalam mengambil data mengukur setiap variabel pada simulasi


3
Teliti dalam menuliskan data hasil pengamatan dalam tabel pengamatan di LKPD dengan benar


Jumlah



Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
No
Aspek Pengamatan
Melakukan
Ya
Tidak
1
Ikut serta dalam mengomunikasikan hasil pengamatan secara berkelompok


2
Aktif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain


3
Membantu teman kelompok menyimpulkan Hukum Gay Lussac berdasarkan hasil pengamatan


Jumlah







Pedoman Observasi Sikap Gotong Royong
No
Aspek Pengamatan
Melakukan
Ya
Tidak
1
Aktif melakukan simulasi virtual berdasarkan prosedur LKPD secara berkelompok


2
Ikut serta dalam mengolah data hasil pengamatan bersama teman kelompok


3
Membantu teman kelompok dalam mengumpulkan informasi tambahan dalam memplot dan menginterpretasikan grafik secara singkat


Jumlah



Hasil Akhir Observasi Sikap Sosial
No
Nama peserta didik
Teliti
Bertanggung Jawab
Gotong Royong
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15



16



17



18



19



20



21



22



23



24




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon