RPP FISIKA MATERI VISKOSITAS

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   
Kelas/Semester          : X
Tema/Sub Tema        : Viskositas
Topik/Materi Pokok : Fluida Statik
Pertemuan                 : 3
Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit
  

I.              Kompetensi Inti  :
A.    Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI 1) :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B.     Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI 2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.    Kompetensi Inti Pengetahuan (KI 3) :
Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.    Kompetensi Inti Keterampilan (KI 4) :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuwan.

II.              Kompetensi Dasar          :
A.    Kompetensi Dasar Sikap Spiritual
1.1       Bertambah keimanannya dengan menyadari hubugan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakanNya.
1.2       Menyadari Kebesaran Tuhan yang menciptakan air sebagai unsur utama kehidupan dengan karakteristik yang memungkinkan bagi makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang.
B.     Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalan aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi. s
2.2      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
C.    Kompetensi Dasar Pengetahuan
3.5 Mendeskripsikan hukum-hukum pada fluida statik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.  Kompetensi Dasar Keterampilan
4.5  Merancang dan membuat suatu peralatan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan.
III.              Indikator
A.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1        Menyatakan kebesaran  Tuhan yang menciptakan keteraturan hubungan air dengan benda-benda lain di alam semesta.
1.1.2        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan bebagai jenis air di alam semesta dengan kompleksitasnya masing-masing.
1.2.1           Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan bebagai jenis air di alam semesta dengan karakteristiknya masing-masing.
1.2.2           Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan bebagai jenis air sebagai unsur utama bagi manusia dalam menjalani kehidupannya.
B.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1    Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2    Menampilkan perilaku cermat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1   Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2   Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya  di dalam dan di luar jam pembelajaran.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
3.5.1        Mengurutkan jenis zat cair berdasarkan kekentalannya.
3.5.2        Mengemukakan gaya yang bekerja pada benda yang bergerak di dalam zat cair.
3.5.3        Menghitung nilai koefisien viskositas zat cair dengan menggunakan hukum Stokes.

D.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Keterampilan (KD-KI 4)
4.5.1        Mengukur massa bola pejal.
4.5.2        Mengukur diameter bola pejal.
4.5.3        Mengukur jarak tempuh sebuah bola pejal yang dijatuhkan ke dalam zat cair.
4.5.4        Mengukur waktu yang dibutuhkan sebuah bola pejal yang dijatuhkan ke dalam zat cair.

IV.              TujuanPembelajaran
1.      Diberikan beberapa contoh jenis fluida, peserta didik dapat mengurutkan jenis zat cair berdasarkan kekentalannya.
2.      Peserta didik mampu mengemukakan gaya-gaya yang bekerja pada bola yang dijatuhkan ke dalam zat cair dengan kekentalan tertentu.
3.      Melalui hasil percobaan, peserta didik mampu menentukan besar koefisien viskositas zat cair.
4.      Melalui hasil percobaan, peserta didik mampu menyimpulkan makna dari nilai viskositas zat cair.




V.              Materi Ajar
VISKOSITAS ZAT CAIR
Menurut hukum Stokes, gaya gesekan yang dialami oleh sebuah bola pejal yang bergerak dalam zat cair yang kental adalah :
Dengan
FS= Gaya gesekan zat cair (kg.m.s-2)
        = koefesian kekentalan zat cair (N.m-2.s atau kg.m-1.s-1
        r  = jari-jari bola pejal (m)
       V  = kecepatan gerak benda dalam zat cair
Selain gaya gesekan zat cair, terdapat pula gaya berat dan gaya Archimedes. Dengan demikian, maka pada sebuah bola pejal yang bergerak dalam zat cair yang kental (Gambar 1) akan mengalami ketiga gaya tersebut atau :
Pada saat bola dijatuhkan dalam fluida, bola bergerak dipercepat vertikal ke bawah. Karena kecepatannya bertambah, maka gaya Stokes juga bertambah, sehingga suatu saat bola berada dalam keadaan setimbang dengan kecepatan tetap. Kecepatan bola pada saat mencapai nilai maksimum dan tetap disebut kecepatan terminal.
Pada saat bola dalam keadaan setimbang, maka resultan gaya yang bekerja pada bola sama dengan nol.
Rf = 0
FA + Fg = W
Karena volume bola V =  dan m = r.V , maka :
Dengan
h      = koefisien viskositas (kg/m.s)
r     = jari-jari bola (m)
rb  = massa jenis bola (kg/m3)
rf   = massa jenis fluida (kg/m3)
g   = percepatan gravitasi (m/s2)
v    = kecepatan terminal bola (m/s)

VI.              Model dan Metode Pembelajaran
Model                   : Discovery Learning
Pendekatan          : Saintifik
Metode                 : Tanya jawab, ceramah, praktikum, diskusi.
VII.              Kegiatan Pembelajaran
A.    Pendahuluan (15 menit)
1.      Pendidik masuk ke ruang kelas, ketua kelas menyiapkan peserta didik dan bersama-sama mengucapkan salam.
2.      Pendidik menjawab salam dan bertanya tentang kabar peserta didik.
3.      Peserta didik berdo’a agar pembelajarandapat berjalan lancar dan ilmu yang diperoleh diberkahi oleh Allah SWT.
4.      Guru menawarkan kesepakatan agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif.
5.      Pendidik menanyakan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
6.      Peserta didik menyebutkan pemahaman mereka tentang hukum Archimedes.
7.      Guru menunjukkan video tentang Archimedes yang menunjukkan adanya gaya apung.
8.      Peserta didik menjawab sesuai dengan pemahaman mereka tentang hukum Archimedes.
9.      Guru menampilkan video dan menyebutkan materi pembelajaran yang akan dibahas beserta tujuannya.
B.     Kegiatan Inti (30 menit)
1.      Guru menjelaskan tentang gaya-gaya yang bekerja pada benda yang jatuh kedalam zat cair.
2.      Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
3.      Guru membagikan LKFPD pada masing-masing kelompok.
4.      Peserta didik mengambil alat bahan yang dibutuhkan
5.      Peserta didik melakukan pengamatan
6.      Peserta didik menganlisis data dan berdiskusi mengenai hasil yang diperoleh
7.      Peserta didik mempreentasikan hasil diskusinya
8.      Peserta didik dibantu oleh guru dalam menyimpulkan hasil presentasi dari setiap kelompok.
C.    Penutup (5 menit)
1.      Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik
2.      Guru meminta kritik dan saran peserta didik tentang proses pembelajaran.
3.      Guru dan peserta didik berdo’a untuk menutup pembelajaran.

VIII.              Alat dan Sumber Pembelajaran
A.    Alat dan Bahan
1.      Perangkat percobaan (LKFPD)
2.      BFPD
B.     Sumber Belajar
1.      Air dan sabun cuci piring.
2.      Lingkungan sekitar.
IX.              Penilaian Proses dan Hasil Belajar (Terlampir)
A.    Teknik : Tes
B.     Bentuk :
1.      Tes kognitif (uraian)
2.      Tes keterampilan (lembar pengamatan)
C.    Instrument :
1.      Afektif
2.      Kognitif
3.      Psikomotorik
D.    Tugas
1.      Buatlah kliping tentang pemanfaatan viskositas dalam kehidupan sehari-hari!

Penilaian Afektif
       Lembar Pengamatan Sikap
No
Nama peserta didik
Cermat
Jujur
3
2
1
3
2
1
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23


















Keterangan :
Skor 3 = Selalu menunjukkan sikap tersebut.
Skor 2 = Kadang-kadang menunjukkan sikap tersebut.
Skor 1 = Tidak pernah menunjukkan sikap tersebut.
Penilaian  sikap untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus dan predikat berikut :
PREDIKAT
NILAI
Sangat  Baik ( SB)
 90 ≤ A ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 89
Cukup (C)
 60 ≤ C  ≤ 69
Kurang (K)
D<60






Penilaian Kognitif
1.     
Skor 10
Jelaskan gaya-


gaya yang bekerja pada sebuah benda yang jatuh ke dalam zat cair! Lengkapi dengan gambar!
2.     
Skor 20
Sebuah bola pejal berjari-jari 0,5 cm dengan massa 5 gram dijatuhkan ke dalam air. Bola tersebut mampu mencapai kedalaman 1 m dalam waktu 5 sekon. Tentukanlah nilai koefisien viskositas air jika massa jenis air tersebut sebesar 1000 kg/m3!
3.     
Skor 5
Terdapat 3 zat cair dengan koefisien viskositas masing-masing sebesar 0.96 Kg/ms, 0.55 Kg/ms dan 0,65 Kg/ms. Urutkanlah zat cair tersebut berdasarkan zat cair yang paling kental!
Rubrik Penilaian



Penilaian Psikomotorik
No.
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Cara Merangkai Alat

1.      Tidak bisa merangkai alat
2.      Terdapat kesalahan dalam merangkai alat.
3.      Mampu merangkai alat dengan benar.
2
Cara menggunakan alat ukur

1.      Tidak bisa menggunakan alat ukur dengan benar.
2.      Menggunakan alat ukur dengan benar namun kurang teliti dalam membaca hasil pengukuran.
3.      Menggunakan alat ukur dengan benar dan teliti dalam membaca hasil pengukuran.
3
Cara Menyajikan Data

1.    Tidak menuliskan data pada kolom yang benar dan tidak menuliskan satuan.
2.    Menuliskan data hasil pengukuran pada kolom yang benar namun tidak menuliskan satuan yang benar.
3.    Menuliskan data hasil pengukuran pada kolom yang benar dan menuliskan satuan yang benar.
.
PREDIKAT
NILAI
Sangat  Baik ( SB)
 90 ≤ A ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 89
Cukup (C)
 60 ≤ C  ≤ 69
Kurang (K)
D<60
Penilaian  keterampilan untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus dan predikat berikut :








Artikel Terkait


EmoticonEmoticon