RPP Fisika SMA K 13 Materi Suhu dan Kalor

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan                : SMA
Kelas/Semester                     : X
Mata Pelajaran                      : Fisika
Materi Pokok                         : Suhu dan Kalor

 I.   Kompetensi Inti (KI)
A.        Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI 1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B.        Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI 2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sabagai bagian dari solusi dari berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
C.        Kompetensi Inti Pengetahuan (KI 3)
Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, prosedural dan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.        Kompetensi Inti keterampilan (KI 4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah ilmuwan.



II.   Kompetensi Dasar
A.     Kompetensi Dasar Sikap Spiritual:
1.1.      Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2.      Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan air sebagai unsur utama kehidupan dengan karakteristik yang memungkinkan bagi makhluk hidup untuk tumbuh dan berkambang.
B.     Kompetensi Dasar Sikap Spiritual:
2.1.      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. Objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreati, inofatif, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2.      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
C.     Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3.7        Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada berbagai kasus nyata
D.     Kompetensi Dasar Keterampilan:
4.7        Melakukan percobaan untuk menyelidiki karakteristik suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor.

III.   Indikator Pencapaian Kompetensi
A.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1.   Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan hubungan air dengan benda-benda lain di alam semesta.
1.1.2.   Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis air di alam semesta dengan kompleksitasnya masing-masing.
1.2.1.   Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis air di alam semesta dengan karakteristiknya masing-masing.
1.2.2.   Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis air sebagai unsur utama bagi manusia dalam menjalani kehidupannya.
B.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1     Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2     Menampilkan perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.3     Menampilkan perilaku kerjasama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1     Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pelajaran.
2.2.2     Menampilakn bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pelajaran.
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
3.7.1.      Peserta didik dapat menyebutkan definisi suhu.
3.7.2.      Peserta didik dapat menyebutkan definisi kalor
3.7.3.      Peserta didik dapat menyebutkan alat pengukur suhu.
3.7.4.      Peserta didik dapat menjelaskan alat pengukur suhu dan skalanya masing-masing
3.7.5.      Peserta didik dapat menghitung konversi berbagai skala termometer
D.     Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
4.7.1.         Mengukur suhu benda dengan menggunakan thermometer
4.7.2.         Menampilkan data hasil pengukuran menggunakan thermometer
4.7.3.         Menghitung konversi satuan skala thermometer

IV.   Tujuan pembelajaran
1.      Peserta didik  dapat mengenali dan mengagumi kebesaran tuhan lewat perbedaan suhu dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Peserta didik dapat melakukan kegiatan pengamatan secara teliti, jujur, dan bertanggung jawab mengenai suhu
3.      Melalui kegiatan mengamati saat tangan dicelupkan ke dalam air yang berbeda kondisinya, peserta didik dapat menjelaskan pengertian suhu.
4.      Melalui kegiatan mencampurkan air panas dan air dingin, peserta didik dapat menjelaskan pengertian kalor
5.      Dengan menunjukkan alat pengukur suhu, peserta didik dapat menyebutkan alat pengukur suhu
6.      Dengan menunjukkan jenis-jenis skala thermometer, peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis thermometer berdasarkan skalanya.
7.      Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengkonversi skala thermometer

V.   Materi Pembelajaran
A.     Pendahuluan
Keutamaan suhu
1.      Landasan Spiritual
Dukungan Al-Qur’an dan Al-Hadist
-          QS. An-Nahl ayat 13
2.      Landasan Kearifan Lokal
Dukungan Pesan-pesan tau riolo
3.      Landasan karakter
Kejujuran ilmiah didukung oleh teliti, hati-hati, dan seterusnya.
B.     Suhu dan Kalor

VI.      Model, Metode, dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Model              : Problem Based Learning
2.      Metode             : Eksperimen dan Diskusi kelompok
3.      Pendekatan      : Scientific Approach

VII.      Media, Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
Power point dan LKFPD
2.      Alat dan Bahan
Tertera pada LKFPD
3.      Sumber belajar
a.       Buku SMA yang memadai
b.       Lingkungan belajar
c.       BFPD

VIII.      Kegiatan Pembelajaran
kegiatan
Sintaks Problem based learning
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan

·         Ketua kelas menyiapkan teman kelasnya agar siap menerima pelajaran.
·         Pendidik mengecek kehadiran
·         Pendidik merefleksikan pemahaman kompetensi pada fluida static.
·         Pendidik menyampaikan Niat.
·         Pendidik menginstruksikan kepada ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum memulai pembelajaran, agar dimudahkan dalam menerima ilmu yang diberikan.
·         Pendidik memberikan apersepsi mengenai materi yang akan dipelajari.
·         Pendidik memperlihatkan Tujuan pembelajaran, dan memberi kesempatan kepada siswa untuk membacanya
15 menit
inti
Mengorientasikan peserta didik pada masalah












Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran









Membimbing penyelidikan mandiri.






Mengembangkan dan menyajikan karya










Analisa dan evaluasi
Mengamati
·         Peserta didik menyimak peragaan, dimana beberapa peserta didik mencelupkan tangannya kedalam wadah yang berisi air panas, air hangat dan air dingin.
·         Peserta didik mencampurkan antara air panas dan air dingin untuk mengetahui pengertian kalor
·         Guru menilai keterampilan peserta didik dalam mengamati
Menanya
·         Peserta didik mendiskusikan hasil peragaan yang dilakukan oleh perwakilan peserta didik di depan kelas.
Mencoba
·         Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
·         pendidik membagikan LKFPD pada setiap kelompok
·         Setiap perwakilan kelompok mengambil alat dan bahan yang akan digunakan.
·         Setiap kelompok melakukan praktikum, sesuai dengan perencanaan yang terdapat pada LKFPD.
·         Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat dan mengolah data serta menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dalam pemecahan masalah.
Mengasosiasi
·         Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan
·         Setiap kelompok berdiskusi untuk mengkonversi skala suhu dari skala celcius ke skala reamur, farhenheit, dan kelvin
·         Pendidik membimbing dan menilai kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan kesimpulan.
Mengomunikasikan
·         Setiap perwakilan kelompok membacakan hasil diskusinya sesuai dengan instruksi Pendidik.
·         Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik dari masing-masing kelompok untuk menanggapi hasil presentasi
·         Pendidik menanggapi hasil presentasi untuk memberikan penguatan pemahaman dan mengklarifikasi perbedaan pendapat dari masing-masing menayangkan kesimpulan yang diharapkan dari kegiatan praktikum yang telah dilakukan.
·         Kemudian Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskusi di depan kelas.
·         Pendidik menilai kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi.
·         Pendidik menuntun peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal
·         Peserta didik menyelesaikan soal mandiri
100 menit
Penutup

·         Pendidik melakukan refleksi untuk pembelajaran pada hari ini
·         Pendidik memberikan tugas diluar kelas sebagai kelanjutan pembelajaran
·         Pendidik menutup pembelajaran
·         Doa setelah belajar dipimpin oleh ketua kelas.
15 menit

IX.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.   Teknik : Tes
2.   Bentuk :
·         Tes kognitif produk (uraian)
·         Tes keterampilan (lembar pengamatan)
·         Tes sikap sosial (lembar pengamatan)
·         Tes sikap spiritual (lembar penilaian diri)
3.   Instrumen          :

·         Kognitif produk (Lamp.3)
·         Sikap spiritual (Lamp. 1)
·         Sikap sosial (Lamp. 2)
·         Keterampilan (Lamp.4)

-          Tugas Mandiri

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon