Tutorial Lengkap Cara mudah menDesain Web Pembelajaran Offlline


Pada kesempatan kali ini bloginfo akan menyajikan artikel tentang tutorial membuat atau mendesain web site offline yang dapat digunakan sebagai media pemebalajaran. adapun tampilan web yang akan di dijelaskan dalam tutorial mengunakan aplikasi design web offline yaitu webaccapela.

wepaccapela
Webacapela merupakan salah satu software untuk mendesain web secara offline. Dengan mengunakan software ini kita dapat mendesain web dengan lebih mudah karena memang software ini hadir dan diperuntuhkan untuk para pendesain web yang masih pemula. Dimana pada software ini anda tidak berlu mengunakan bahasa pemprograman tingkat tinggi cukup dengan prosedur desain manual sehingga, aplikasi ini lebih nyaman dan lebih mudah digunakan dibandingka dengan aplikasi lainnya. Meskipun dikatakan lebih mudah tapi dengan sofware ini anda dapat mendesain web mulai dari yang bentuknya sederhana sampai proffesional dengan mudah. Dalam software ini juga sudah dilengkapi dengan template-template yang bagus dan menarik.
Untuk ini Berikut adalah screenshoot tampilan awal media pembelajaran yang telah dibuat.


Tampilan Menu home

Halaman Video

Menu Download
Untuk proses pembuatan web ini mengunakan aplikasi creator web bernama webacapela. Sehingga hal pertama yang perlu dipastikan adalah webacapela telah terisntal dan dapat dioperasikan dengan nomal dan optimal. Untuk ini pastika webacapela yang teristal telah dalam mode full version.
Jalankan webacapela dengan mengklik dua kali pada icon webacapela, kemudian akan muncul jendela seperti gambar berikut:


Kotak kosong merupakan tempat menulis nama project, icon + untuk nomor 1 untuk menambah project, icon – utuk menguragi jumlah project atau menghapus project dan tab no 3 publication parameter sebagai scrib penyimpanan data hasi project. Ketika tombol publication parameter ditekan maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut :


Automatic configuration untuk mengkonfigurasi secara otomatis tempat penyimpanan atau alaman postingan(untuk online) dan manual configurasi untuk mengatur secara manual directory atau alamat penyimpanan data. Untuk web ini kita aplikasikan secara offline untuk itu centang kotak manual konfiguratiom dengan menglik bagian kotak kosong kemudian klik ok, maka akan muncul kotak dialog publication parameter seperti berikut:


Pada kotak dialog publication parameter klik advanced maka akan muncul lagi kotak dialog  baru seperti berikut :


Centang pada kotak publish on your computer, lalu klik tombol titik tiga (...) untuk menentukan lokasi penyimpanan data project.setelah itu tekan ok. Setalah itu akan muncul kotak dilog berisi desain original aplikasi.

Untuk ini tekan cancel. Sebelum itu terlebih dahulu dijelaskan fungsi dari setiap icon pada worksheet. Perhatikan gambar berikut.

Fungsi Menu web Accapela

Selain dari icon diatas terdapat beberapa fitur lain dengan fungsi berbeda.


·         Dynamic menu berfungsi untuk membuat semacam tab atau semacam menu dropdown.
·         Dynamic frame fitur untuk mencopi tampilan dalam halaman web
·         Search engine berupa fitur untuk menambahakan search engine pada halaman web.
·         E-business element, menambahkan element bisnis berupa foto barang ,harga dan deskripsi. Fitur ini ditujukan untuk pembuatan web bisnis.
·         Form berupa fitur untuk menampilkan semacam kotak isian.

·         Goole map menambhkan fitur peta pada halaman web
·         Sound, memasukkan audio pada web
·         Flash video, memasukkan atau melampiran file video pada web
·         Flash animation, melampiran file flash pada website
Langkah berikunya adalah membuat template, yaitu desain tampilan halaman dalam website, dengan cara klik page new template.

Maka akan tampil halaman kosong pada lembaran aplikasi. Pada lembar kerja ini klik kanan kemudian kilik page properties. Kemudian akan meuncul kotak dialog page properties.


Kolom width untuk mengatur lebar halaman kanan kiri dan height untuk tinggi halaman (vertikal). Atur widht 1200 sesuai dengan lebar optimal pada mozilla firefox dan height 1400. Kemudian atur background, untuk becground berupa warna klik pada kotak putih maka secara otopmatis akan muncul pilihan warna. Untuk background berupa gambar klik pada kota dengan simbol foto disamping kotak berwarna putih, maka akan muncul halaman image/filer library


Maka akan terhubung ke media penyimpanan pada komputer. Masuk ke tempat penyimpanan gambar kemudian pilih gambar dan klik open.


Maka akan tampak lembar kerja seperti gambar berikut


Untuk selanjutya klik icon color


dan buat blok warna dengan susunan dan atur sesuai posisi seperti gambar berikut :


untuk blok warna nomor satu, klik dua kali pada blok maka akan tampil jendela pengaturan seperti berikut:


Klik pada tanda panah bawah lalu pilih image kemudian klik pada gambar icon foto maka akan terbuka directory tempat penyimpana data, lalu pilih gambar lalu klik open.


   Lakukan hal yang sama untuk blok warna no 6. Kemudian untuk blok warna no 2 tempatkan posisinya pada posisi paling belakang dengan cara klik kanan kemudian pilih send to the back. Untuk blok warna 3, 4 dan 5 atur transparansi warna dengan cara klik dua kali pada tiap blok warna. Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut ;


Kemudian atur opacity sampai 90%. Sebagai tambahan tambahkan gambar-gambar dekorasi dengan mengunakan fungsi tools image dan tesk. Maka dari prosedure terebut tampilan pada lembar kerja akan seperti berikut.


Langkah berikutnya adalah membuat menu tab, untuk pembuatan ini digunakan dua tools yaitu button untuk tab biasa dan tools dinamic menu untuk tampilan menu dropdown. Menu button digunakan pada pembuatan tab home, video,aplikasi rapor, aplikasi evaluasi,  RPP dan LKPD beriku cara pembuatannya :
1.      Klik pada menu button


2.      Kemudian atur ukuran tab dengan menekan dan menahan dan klik 2 kali sehingga akan tampil jendela seperti berikut


Pada jendela diatas pada tab pertama atur button style pada mode glossy dengan corner 50 % pada bagian background pilih warna hitam dengan mengklik kotak berwarna biru pada gambar diatas. kemudian beralih pada tab bersimbolkan huruf “a” tampil seperti gambar dibawah:


Pada button label isikan nama tab  home. Kemudian pilih jenis huruf dan besar huruf, serta posisi teks pada tab. Tab berikutnya adalah tab link.


Pembuatan Tab materi

Untuk tab materi cara pembuatannya mengunakan tools yang berbeda. Untuk tab materi ini didesain agar saat tab di klik akan muncul menu dropdown berupa sub tab berisi sub-sub materi. Untuk ini pembuatannya sebagai berikut :
 1. Arahkan pointer pada icon drop di taksbar kemuidan klik kiri maka akan muncul dropdown menu berupa daftar icon, pada list menu pilih dan klik pada tool dinamic menu




2.      Langkah selanjutnya klik dua kali pada tab yang muncul maka akan muncul jendela pengaturan tab. Sebagai berikut 


 Untuk tanda panah no 1 merupakan pengaturan sub, pada tab ini berisi 4 sub tab  ditambah root sub tab berjumlah 6 untuk pembahasan pada materi tab spektrum gelombang elektromagnetik.  Pada no 2 isikan nama untuk sub tab menu, untuk namanya disesuiakan dengan judul untuk setiap sub materi. Kemudian pada no 3 merupakan kolom link, untuk menghubungkan sub tab ke halaman yang disesuiakan dengan materinya.

3.   Berikutnya klik pada tab yang bersimbolkan huruf “a”.

No 1 pada gambar merupakan pengaturan jenis huruf, besar huruf, posisi teks, efek tesk(bold, italic, underline) dan warna huruf. Untuk ini atur jenis huruf berupa botani MT Black, besar huruf 15, center posision dan bold serta berwarna kuning. Untuk no 2, merupakan pengaturan tampilan huruf ketika pointer menyentuh tab yaitu pengaturan warna dan background tab. Untuk ini atur putih untuk warna huruf dan merah untuk warna tab.

4.        Kemudian tab bersimbolkan mistar.


Pada tab ini merupakan pengaturan posisi tab dan ukuran dari tab yang dibuat. Pada pengaturan position yang ditunjukkan oleh lingkaran merah no1 pada gambar, merupakan pengaturan posisi tab secara automatis, dan size berupa ukuran tinggi dan lebar tab. Pada w(withd) atur sebesar 93px dan h(hight) 49px.

5.      Hasil tab akan seperti gambar dibawah



Next ke Part 2 >>






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon