RENCANA PELASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Kompetensi Inti Sikap Spirirtual (KI1):
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI2):
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian darisolusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Kompetensi Inti Pengetahuan (KI3):
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Kompetensi Inti Keterampilan (KI4):
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Kompetensi Dasar Sikap Spiritual
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakanNya.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan air sebagai unsur utama kehidupan dengan karakteristik yang memungkinkan bagi makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang.
2. Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3. Kompetensi Dasar Pengetahuan
3.5 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi.
4. Kompetensi Dasar Keterampilan
4.5 Menyajikan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya hubungan antara roda-roda).
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual
1.1.1 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan hubungan air dengan benda-benda lain di alam semesta
1.1.2 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis air di alam semesta dengan kompleksitasnya masing-masing.
1.2.1 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis air di alam semesta dengan karakteristiknya masing-masing.
1.2.2 Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis air sebagai unsur utama bagi manusia dalam menjalani kehidupannya.
2. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial
2.1. 1 Menampilkan perilaku jujur ilmiah dalam kehidupan sehari-hari
2.1. 2 Menampilkan perilaku teliti dalam kehidupan sehari-hari
2.2. 1 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pelajaran
2.2. 2 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar kelas.
3. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan
a. Menentukan nilai kecepatan sudut pada hubungan roda-roda menggunakan tali
b. Menentukan nilai kecepatan linier pada hubungan roda-roda menggunakan tali.
c. Menginterpretasi grafik hubungan antara kecepatan sudut dan kecepatan linear pada hubungan roda-roda menggunakan tali.
4. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Keterampilan
a. Membuat grafik hubungan antara kecepatan sudut dengan kecepatan linear
b. Mengukur waktu, sudut dan jarak yang ditempuh beban
c. Membaca penunjukan skala pada mistar, stopwatch, dan busur derajat.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Diberikan gambar hubungan roda-roda menggunakan tali, peserta didik dengan teliti dapat menentukan kecepatan sudut dengan benar.sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap air.
2. Diberikan gambar hubungan roda-roda menggunakan tali, peserta didik dengan teliti dapat menentukan kecepatan liniar dengan benar. sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap air.
3. Diberikan data berupa nilai-nilai kecepatan linear dan kecepatan sudut, peserta didik dengan cermat dapat menginterpretasi grafik hubungan kecepatan linear dan kecepatan sudutpada hubungan roda-roda menggunakan tali dengan benar, sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap air.
4. Diberikan 1 set percobaan hubungan roda-roda, stopwatch, mistar, busur derajat, benda (air), peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk dapat menyimpulkan hubungan roda-roda dengan benar, sehingga peserta didik bertambah keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap air.
E. Materi Pembelajaran
Gerak melingkar dapat dianalogikan sebagai gerak roda sepeda, sistem gir pada mesin, atau katrol. Pada dasarnya hubungan roda-roda itu terdidri dari hubungan roda-roda sepusat, bersinggungan, dan menggunakan tali.
F. Kegiatan Pembelajaran
Fase | Kegiatan Pembelajaran | Pendekatan Saintifik | Alokasi Waktu | Keterlaksan-aan |
Pendahuluan | 1) memberi salam dan mengabsen 2) mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan; 3) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari; 4) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan 5) menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. 6) menyampaikan tujuan pembelajaran. | Mengamati | 15 menit | Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak |
Inti | 1) Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dengan anggota 3-5 orang setiap kelompok. Kemudian guru membagi LKPD untuk setiap kelompok. 2) Peserta didik memahami isi LKPD dengan bimbingan guru dan menanyakan jika ada kesulitan yang mereka hadapi saat memperhatikan penjelasan guru. 3) Dengan bimbingan guru, peserta didik mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan judul percobaan. 4) Dengan bimbingan guru, peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan hubungan roda-roda. 5) Peserta didik merencanakan dan menyiapkan laporan mengenai hubungan roda-roda dalam kehidupan sehari-hari serta Guru membantu mereka membagi tugas dengan teman kelompok masing-masing. 6) Guru memandu jalannya diskusi kelas berlangsung. 7) Peserta didik mempresentasikan hasil penyelidikannya di depan kelompok lain. 8) Peserta didik bertanya pada kelompok yang tampil mengenai hasil penyelidikan yang dilakukan. 9) Kelompok peserta didik yang tampil memberikan penjelasan kepada kelompok peserta didik yang bertanya sesuai dengan apa yang diperoleh dari hasil penyelidikan. 10) Guru memberikan umpan-balik kepada peserta didik tentang hasil penyelidikan yang telah diperoleh serta mengaitkan dengan penyelesaian masalah. | Menanya Mengumpul-kan Informasi Mengasosiasi Meng omuni-kasikan | 80 menit | Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak |
Penutup | 1) Peserta didik menanyakan hal-hal yang kurang dipahami mengenai materi yang telah dipelajari. 2) Peserta didik menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari. 3) Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk mempelajari materi selanjutnya di rumah | Menyimpulkan | 40 menit | Ya/Tidak Ya/Tidak Ya/Tidak |
G. Penilaian, Pembelajaran dan Pengayaan
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
1) Teknik Penilaian: Tes
2) Bentuk Penilaian:
2.1 Tes kognitif produk (uraian)
2.2 Tes keterampilan (lembar pengamatan)
2.3 Tes sikap sosial (lembar pengamatan)
2.4 Tes sikap spiritual (lembar pengamatan)
2. Instrumen Penilaian
1) Sikap spiritual (terlampir)
2) Sikap Sosial (terlampir)
3) Kognitif Produk (terlampir)
4) Keterampilan (terlampir)
3. Remedial dan Pengayaan (terlampir)
H. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Media:
1) Powerpoint,
2) LKFPD (Lembar Kerja Fisika Peserta Didik)
3) LCD
2. Alat:
Spidol, Whiteboard, Mistar, Buku, Alat dan Bahan Percobaan (Katrol, Tali, Statif, Steker poros, Karet penghubung, Stopwatch, Penggaris, Beban (air), Jangka Sorong).
3. Sumber Belajar:
1) BFPD (Buku Fisika Peserta Didik)
2) Air
3) Lingkungan sekitar
4) Pajangan
EmoticonEmoticon