Penyaikit akibat Gadget

Di Jaman sekarang ini kehidupan manusia tidak lepas dari gadget, terutama gadget jenis smartphone. Faktanya berdasarkan data yang dikeluarkan We Are Social, GSMA Intelligence menyatakan bahwa saat ini hampir ¾ dari penduduk dunia memilki gadge. Dengan kata lain ada sekitar 5 milliyar orang yang mengunakan gadget.   

Setiap harinya rata-rata penduduk amerika mengunakan 11 jam untuk berinteraksi dengan smartphone, hal ini diberitakan di halaman Huffington Post dari Wired. Jadi bagaimana dengan dirimu ?

Tentu saja hal tersebut tidak sehat, terpapar radiasi smartphone dalam waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan sampai mendangkan penyakit yang susah disembuhkan. Tidak hanya itu, pola hidup dengan gadged yang berlebihan dapat mendatangkan banyak hal negatif di masa depan.

Apa saja penyakit yang disebabkan oleh gadged ?
Berikut kami paparkan.
1.      Blepharitis
Blephitis merupakan gangguan pada mata, mana kelopak mata menjadi merah dan bengkak. Hal ini diakibatkan karena mata terlalu lama terpapar radiasi layar gadged.  Terlalu lama memandang ke layar gadged dan terlalu fokus secara tak sadar dapat menurunkan frekuensi kedipan mata. Mata yang kurang berkedib akan menyebabkan stres pada cornea.
Anda sebaiknya tidak meremehkan kondisi ini ! Faktanya blepharitis yang akut dapat menyebabkan kebutaan.

2.      Stroke
Stroke ? ya stroke, jika ada pikiran anda bahwa itu tidak mungkin disebabkan oleh smartphone anda perlu lebih waspada.
Benar secara tidak langsung smartphone memang tidak ada hubunganya dengan stroke tapi, bila penggunaan smartphone dalam seharinya terlalu lama dan berlangsung terus menerus maka pengguna menjadi kurang gerakan fisik dan meningkatkan potensi terkena stroke.

3.      Nomophobia

Anda memiliki kebiasaan mengambil gadged ditempat umum dan menjadi lebih percaya diri karena itu ?

Jika anda tidak melakukan apapun apakah ada kecenderungan untuk mengambil gadget anda ?

Atau, Apakah Jika anda jauh dari gadget ada rasa meras cemas was-was, gemetar, cemas or bahkan berkeringat ?

Jika anda merasakan hal tersebut maka ada kemungkinan anda terkenah nomophobiah.

Nomophobiah adalah kecandauan akan gadget. Ini sangat berbahaya karena dapat merubah pola hidup anda menjadi cenderung pasif dan kurang beraktifitas. Selain itu dapat menurunkan produktifita Serta meningkatkan resiko terkena penyakit-pernyakit berbahaya akibat kurang gerak.

4.      Scrotal hyperthermia
Sebaiknya anda tidak sering meletakkan gadged seperti smartphone di kantong depan celana anda. Ini dapat memicu terjadinya kondisi Scrotal hyperthermia yaitu kondisi tergangunya fungsi reproduksi terutama bagi pria.

Jadi mulai saat ini anda harus mengontrol penggunaan gadged di kehidupan anda. Ingat kesehatan adalah segalanya, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Peringatkan anak anda, istri anda, suami anda dan seluruh keluarga anda tentang bahaya pengunaan gadget yang berlebihan. Ini memang terdengar sepele tapi ini adalah fakat.
Terimah kasih telah membaca. Jangan lupa membagikan, agar lebih bermanfaat.
  





Artikel Terkait


EmoticonEmoticon