RPP FISIKA SMA K13 MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Tags




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : SMA
Kelas/Semester               : X/II (Dua)
Mata Pelajaran              : Fisika
Materi Pokok                 : Momentum dan Impuls
Pertemuan Ke                : 1
Alokasi Waktu               : 2 x 45 menit

          I.     Kompetensi Inti
A.  Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI1)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B.  Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI2)
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.  Kompetensi Inti Pengetahuan (KI3) 
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.  Kompetensi Inti Keterampilan (KI4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuwan.
       II.     Kompetensi Dasar (KD)
A.  Kompetensi Dasar Sikap Spiritual:
1.1       Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2       Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi.
B.  Kompetensi Dasar Sikap Sosial:
1.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
1.2    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
C.  Kompetensi Dasar Pengetahuan:
3.3  Mendeskripsikan momentum, gaya, dan impuls serta penerapannya dlam kehidupan sehari-hari
D.    Kompetensi Dasar Keterampilan:
4.1  Menyajikan permasalahan nyata dan usulan penyelesaiannya yang terkait konsep gaya, momentum, impuls, kekekalan momentum dan kekekalan energi.
    III.     Indikator Pencapaian Kompetensi
A.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1   Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya.
1.1.2   Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dengan kompleksitas yang besar.
1.2.1   Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan matahari dan bumi untuk kehidupan manusia di muka bumi.
1.2.2   Menyatakan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi.
B.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1        Menampilkan perilaku rasa ingin tahu ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2        Menampilkan perilaku terbuka dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.3        Menampilkan perilaku cermat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1        Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
2.2.2        Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan/Kognitif (KD-KI 3)
1.      Kognitif Produk
a.       Menjelaskan konsep momentum dan impuls
b.      Menentukan besar momentum sebuah benda
2.      Kognitif Proses
a.       Merumuskan tujuan
b.      Merancang langkah-langkah kegiatan
c.       Mengamati
d.      Menghitung
e.       Mengolah data
D.    Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
1.      Melakukan praktikum mengenai momentum

        IV.            Materi Pembelajaran
A.    Konsep Momentum dan Impuls
1.      Hubungan antara kecepatan dan massa terhadap momentum
2.      Hubungan antara gaya dan waktu terhadap impuls
3.      Penerapan momentum dan impuls dalam kehidupan sehari-hari
B.     Pengukuran besar momentum
1.      Pelaporan hasil pengukuran besar momentum sebuah benda
       V.     Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
Model              : Inkuiri
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Pembelajaran Interaktif
Metode            : Tanya jawab, eksperimen







    VI.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
·       Guru memberi salam, menyapa dan menanyakan kabar kepada siswa
·       Guru mengecek kehadiran siswa
·       Guru meminta perwakilan salah satu siswa mengutarakan niatnya datang ke sekolah
·       Guru menampilkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
·       Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum belajar
·       Guru menyampaikan mengenai materi apa yang akan dipelajari
·       Guru menceritakan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan momentum dan impuls, contohnya tentang sebuah paku yang akan ditancapkan pada papan kau dan juga tentang sebuah bola yang awalnya diam, namun setelah ditendang akan bergerak.
·       Di sela cerita tersebut, guru sesekali bertanya kepada siswa, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa







20 menit
INTI

·      Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok kolektif
·      Siswa duduk sesuai dengan kelompok masing-masing.
·      Guru kemudian membagikan LKFPD-01 kepada masing-masing kelompok untuk dikerjakan secara samaturu.
·       Salah satu kelompok memaparkan hasil diskusinya
·       Kelompok lain menanggapi
·        Setelah itu guru kemudian membagikan LKFPD 02 kepada masing-masing siswa untuk dikerjakan secara individu
·       Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas LKFPD yang diberikan







60 Menit
PENUTUP
·       Salah satu siswa menyimpulkan seluruh kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini
·       Guru memberikan tugas diluar kelas untuk dikerjakan oleh siswa
·       Pendidik menutup pembelajaran dengan membaca do’a bersama-sama
10 menit
 VII.     Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat dan Bahan
Ø  LKFPD
Ø  BFPD
Ø  Perangkat Praktikum Momentum
Ø  Media PPT
2.      Sumber Belajar
Ø  Lingkungan sekitar
VIII.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Teknik  : Tes
2.      Bentuk       :
a.       Tes Kognitif Produk (soal uraian)
b.      Tes Keterampilan (lembar pengamatan)
c.       Tes Sikap Sosial (lembar pengamatan)
d.      Tes SiLkap Spiritual (lembar penilaian diri)
3.      Instrumen  dan pedoman penskoran
a.   Sikap Spiritual
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK :
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
Nama Peserta Didik           : ......................
Kelas                                   : ......................
Materi Pokok                      : ......................
Tanggal                               : ......................


No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Peserta didik semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari hukum II Newton




2
Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan




3
Peserta didik mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan




4
Peserta didik memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum




5
Peserta didik mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya




Jumlah




Petunjuk Penskoran :
Konversi tanda cek (√) yang diisi peserta didik sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :





b.   Sikap Sosial

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SOSIAL
Kelas                                     : ............................
Hari, tanggal                         : ............................
Materi Pokok/Tema             : ............................
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Ket.
Rasa Ingin tahu
Hati-Hati
Kerja Sama
Toleransi

1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






Jumlah


Kriteria penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang
tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering
tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Petunjuk penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



c.   Kognitif Produk
-          Soal pada LKFPD-02
-          Soal latihan pada buku siswa
Pedoman penilaian tes (penilaian kognitif)
Nilai siswa =  x 100

d.   Keterampilan
-          LKFPD-01
-          Lembar pengamatan pada saat praktikum
Instrumen Penilaian Tes Praktik
Nama atau Kelompok  peserta didik yang dinilai            : ...............
Kelas / No                                                                        : ..............
No
Indikator
Hasil Penelitian

4 (sangat baik)
3 (baik)
2 (cukup)
1 (kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan




2
Deskripsi pengamatan




3
Melakukan praktik




4
Membuat laporan hasil praktik




5
Mempresentasikan hasil praktik




Jumlah Skor Yang Diperoleh






Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
1. Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
2. Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan
3. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
4. Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan dalam kondisi siap digunakan
2
Deskripsi pengamatan
1. Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan.
2. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap dan kurang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
4. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
3
Melakukan praktik
1. Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
2. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
3. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
4. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada dengan benar.
4
Menuliskan hasil praktik
1.       Tidak mampu menuliskan hasil praktik sesuai dengan prosedur yang ada
2.        Mampu menuliskan hasil praktik dengan sebagian prosedur yang ada
3.       Mampu menuliskan hasil praktik dewngan prosedur yang ada
4.       Mampu menuliskan hasil praktik dengan prosedur yang ada dengan baik dan benar
5
Mempresentasikan hasil praktik
1. Mampu mempresentasikan hasil praktik secarasubstantif masih ada kesalahan, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
2. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
3. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan  benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
4. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah  dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon