Cara mengatasi gagal tangkap layar pada hp android

ScreenShot atau tangkap layar adalah salah satu fitur “handphone jaman now” yang mungkin lebih akrab disapa dengan smartphone yang tidak ditemukan di handphone klasik jaman dulu.

Cara mengatasi gagal tangkap layar pada hp android
gagal Screenshot


Screenshot dapat digunakan dengan mengunakan shortcut dengan cara menekan tombol power ditambah volume atas atau pada smartphone jenis tertentu mengunakan tombol power bersamaan dengan tombol home misalnya smartphone jenis samsung. Tentu saja aplikasi ini mempunnyai kegunaan yang penting untuk menangkap layar atau dengan bahasa lain yaitu mengambil foto layar atau video.

Pada kasus tertentu adakalanya fitur screenshot tidak dapat digunakan atau dapat bekerja tetapi tidak ada hasil foto yang tersimpan, nah bagaimana solusinya ?berikut akan dipaparkan penyebab dan cara mengatasinya .

Pemasalahan dan Solusi Gagal Tangkap Layar

1.      SD Card Penuh

Penyebab yang pertama adalah masalah memori atau tempat penyimpanan yang sudah penuh. Tentu saja untuk menyimpan foto hasil tangkap layar diperlukan tempat kosong. Terus solusinya adalah anda perlu mengecek ruang kosong itu dan mengkosongkan beberapa dengan cara menghapus file yang tidak penting.

2.      Kartu SD Card rusak

Dalam kasus lain ditemukan SD card yang sudah rusak. Rusak bukan berarti tidak bisa digunakan seutuhnya tetapi adakalahnya SD card atau kartu memori masih bisa diakses, file-file di dalam masih bisa dibuka tetapi tidak bisa di isi lagi dengan file yang baru. Jika kasusunya seperti ini yang perlu anda lakukan ada 2 . Solusi pertama adalah dengan “lem biru” yaitu lempar beli yang baru haha, tapi fokusnya bukan pada solusi yang pertama ini, selusi yang kedua adalah dengan menganti pengaturan lokasi penyimpanan yang digunakan menjadi memori internal atau memori telpon caranya buka setting >> Penyimpanan>>pilih penyimpanan internal atau lihat gambar dibawah


3.       Tombol Screenshot bermasalah

Untuk permasalahan yang satu ini dapat dikenali dengan tidak munculnya notifikasi screenshot ketika menakan tombol screenshot ( power + volume down atau power + home). Kalau kasunya seperti ini dapat diketahui bersama bahwa masalah terdapat pada hardware anda jadi disarankan untuk mendatangi tukang revarasi terdekat.

4.      Kompleks

Komplek saya artikan jika poin no 1 -  3 tidak dapat mengatasi masalah screenshot error yang anda alami solusi terakhir adalah dengan melakukan hard reseta atau bahasa umumnya mengambilakan smartphone anda ke pengaturan awal atau pengaturan pabrikan. caranya sudah dipaparkan pada artikel sebelumnya (disini)

Bagaimana ? fix ..cara tersebut sudah saya coba tempo hari ketika salah seorang kolega datang membawa hpnya yang tidak bisa screenshot dan alhasil berkat sedikit usaha ternyata permasalahnya karena memorinya yang sudah penuh. Hmm memang ada sejumlah aplikasi di playstore untuk menangkap layar namun sebenarnya aplikasi serupa masih mengunakan fitur bawaan smartphone apliaksi tersebut hanya menghubungkan aplikasi ke akses fitur dasar jadi tidak begitu membantu permasalah.


Demikan Semoga artikel yang sempat dibagikan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon