Cara Mudah Mengatasi touch Pad laptop tidak berfungsi

Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabarakatu

Jaman sekarang siapa yang tidak kenal laptop, terutama bagi pelajar, laptop merupakan barang yang wajib di miliki sebagai alat pendukung pembelajaran.

Ada kalanya laptop kita mengalami masalah yang mengganggu kinerjanya. Sebagai pelajar kita seharusnya tak hanya dapat mengoprasikan laptop tetapi seyogyanya memiliki basic skill dalam memperbaiki masalah yang kadang mengganggu atau setidaknya kita tahu cara melakukan pertolongan pertama ketika laptop kita mengalami masalah tidak serta merta membawanya ke tukang service. karena sering kali masalah tersebut hanya persoalan kecil yang sebenarnya dapat di selesaikan secara mandiri.

Salah satunya adalah ketika laptop kita mengalami masalah di bagian touch pad.

Cara Mudah Mengatasi touch Pad laptop tidak berfungsi


Seperti yang kita ketahui bersama Touchpad adalah  bagian dari perangkat yang berfungsi sebagai navigasi untuk menggerakkan kusor atau berfungsi layaknya mouse.

Kadang kalah orang langsung panik ketika mendapati touchpadnya tidak berfungsi dan serta merta langsung membawanya ke tukang service terdekat, ini merupakan kajadian yang dialami teman saya beberapa hari yang lalu.

Padahal ternyata persoalannya sepele.

Jadi jika anda juga mengalami masalah yang serupa, sebelum memutuskan utuk membawanya ke tukang service. anda dapat mencoba beberapa cara yang berikut.

Touchpad tidak berfungsi karena nonaktif

Adakalanya tombol sortcut pada keyboard tanpa sengaja tertekan menyebabkan toucpad pada laptop menjadi nonaktif untuk mengaktifkannya kembali anda tinggal menekan tombol Fn + F7. Namun untuk beberapa merek laptop tidak mengunakan F7, jika Fn + F7 tidak berfungssi untuk laptop anda, anda tinggal mengganti F7 dengan tombol F yang berlogokan touchpad.

Laptop terkena Spyware

Spyware adalah sejenis program yang terinstall di laptop kita. Sering kali berisikan virus dan sejenisnya. Spyware ini dalam beberapa kasus dapat menghambat kinerja beberapa esensial sistem di laptop kita, seperti touchpad.
Nah untuk itu anda perlu melakukan deep scan pada laptop anda dengan mengunakan program anti spyware.
Anda juga dapat melakukan scan dengan windows defender di laptop anda.

Konektor Touchpad kendur atau longgar

Untuk ini anda terlebih dahulu perlu melakukan cek fungsi sistem dengan menggunakan mouse. Jika ternyata dengan menggunakan mouse kusor bergerak maka ada kemungkinan konektor toucpad laptop anda terlepas atau longgar.
Untuk ini anda perlu melakukan sedikit devarasi pada laptop. Kemudia coba eratkan kabel penghubung touchpad anda.

Touchpad Rusak

Jika langkah diatas tak kunjung berhasil maka dapat dipastikan toucpad anda rusak. Anda mempunyai pilihan, bawah ke tukang servicea atau pasang sendiri. Tentu saja dengan memasangnya secara mandiri dapat lebih menghemat biaya dan point plus yang lain adalah bertambahnya ilmu.
Dan ini tidak serumit yang anda pikirkan cukup dan tidak juga tidak beresiko.

 Sumber : youtube Channel muhammad ikhlas

sekian dan terimah kasih semoga artikel dari blog kami dapat mengatasi masalah anda. 


  




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon