Cryonics - Teknik Medis Menghidupkan orang Mati dari Masa lalu

Pernah menonton film kaptain amerika ? jika anda pernah menontonnya anda pasti tahu bahwa tokoh yang disebut kapten amerika ini penah mengalami time skip bertahun-tahun karena sempat membeku.

Nah fokus bahasan kita bukan tentang kapten amerika tapi, pembekuan yang membuat orang bisa bertahan hidup. 

Teknik Pembekuan Cryonics

Cryonics - Teknik Medis Menghidupkan orang Mati dari Masa lalu
Cryonics


Dalam ilmu medis teknik pembukaan ini disebut dengan istilah cryonics. Cryonics ini adalah sebuah eksperimen yang melibatkan prosedur medis di mana dalam sejarah telah dilakukan pada sejumlah orang yang telah diponis mati, dalam artian mati karena menderita penyakit yang dianggap secara medis tidak dapat disebuhka lagi.

Orang sebagai subjek tersebut disimpan pada suhu yang sangat rendah dengan mengunakan nitrogen cair sehingga menyebabkan seluru sel tubuhnya membeku. Tujuannya adalah untuk mengawetkan dan secara teori disebut dapat di hidupkan lagi ketika penyakit yang dia derita sudah dapat ditangani. Dasar teori metode medis ini adalah studi teknik fisika tentang suhu rendah.

Baca Juga :
Water Jet Cutter-Aplikasi Mekanika Fluida - New !!

Landasan Cryonics


Menurut sejarah hingga saat ini Sekitar 100 orang telah dibekukan dimulai sejak akhir 1960-an. Semua subjek yang dibekukan tersebut secara medis dan hukum telah dinyatakan meninggal dunia karena berbagai sebab. Pembenaran untuk metode cryonic ini berlandaskan pada prinsip bahwa penyakit mematikan yang tidak bisa ditangani pada saat ini suatu saat sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan dapat disembuhkan, jadi solusinya adalah membawa para pasien tersebut ke masa depan, dan caranya adalah dengan metode cryonics ini.

Sebagai bentuk tanggung jawab para peneliti, sejarah medis orangporang yang di cryonic ini didokumentasikan dengan sangat hati-hati danegan harapan para orang yang telah dianggap mati ini dapat dihidupkan kembali dan dikembalikan ke kesehatan setelah ilmu medis telah cukup maju untuk membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh penyakit dan pembekuan.

Saat ini materi tentang cryionic ini sering menjadi ide berbagai film. Selain kapten amerika beberapa film seperti The Thing  menggunakan ide ini untuk membawa kisa ketegangan-horor. Mencertitakan seorang manusia yang sempat mebeku dan kemudian Mencair di masa depan. Manusia ini adalaha orang Neanderthal yang secara fakta telah berusia 40.000 tahun . filem lain misalnya Iceman (1984), Film seperti Sleeper (1973) dan Forever Young (1992) semua menggunakan cryonics untuk membuat ide prolog cerita.  Mereka memperlakukan dilema dari pahlawan yang beku yang bangun dan menemukan dunia begitu asing baginya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon