Cara Memperkecil ukuran Foto (size) tanpa ribet

Jika anda mencari informasi bagaimana cara memperkecil ukuran foto dengan mudah tanpa ribet anda telah menemukannya di blog ini. Perlu diperjelas terlebih dahulu “ukuran” yang kami maksud bukan dimensi foto ( 3x4, 4x6 dll) tetapi ukuran file foto tersebut ( Kb, Mb, Gb).



Biasanya kualifikasi foto tertentu misalnya size dibutuhkan seperti dalam melampirkan foto di email untuk berbagai keperluan yang mengharuskan ukuran foto max 110 kb. Nah jika anda menyewa jasa studio foto untuk memfoto anda, pasti hal ini mendatangkan suatu kepusingan tersendiri, pasalnya ukuran skala foto asli dari kamera professional pasti dalam ukuran Megabite. sementara email mepersayarkan dalam ukuran Kb. 

Tapi tenang ada caranya yang bahkan dapat dilakukan tanpa ribet.

Terus bagaimana caranya ?

Untuk ini anda mebutuhkan sebuah perangkat komputer berbasis windos entah itu windos 7, 8 ataupun 10 semuanya bisa.

Baca Juga : Cara Mengatasi Windows 10 Boros Kuota paling mudah

Anda tidak membutuhkan untuk mendownload dan install aplikasi baru, karena aplikasi yang akan digunakan untuk memperkecil ukuran foto adalah aplikasi ringan bawaan windows atau sudah ada di perangkat anda tanpa harus di install.

Aplikasi apa itu ?

Aplikasi itu adalah snipping tools. Sedikit info tambahan Bagi anda yang baru mendengar snipping tools adalah aplikasi bawaan windows yang berlogo gunting dengan fungsi utama untuk menscreenshot layar.

Gambar terkait

Namun fungsi lainnya yang jarang orang tau adalah kemampuan lainnya yaitu dapat memperkecil ukuran gambar tanpa efek blur pada gambar.
Langsung saja kita masuk ke cara mengunakannya.
1.       Pertama masuk ke start menu kemudian ketikkan snipping tool dan jalankan. Saya kebetulan menggunakan win 10, tapi window 7 dan 8 juga memiliki aplikasi ini.

2.    Kemudian bukan foto yang hendak anda ubah ukurannya.  Pada tutorial saya mengunakan foto dengan ukuran awal 147 KB

3.  Kemudian pada aplikasi snipping tool tekan new dan lingkupi foto secara keseluruhan. Kemudian tekan enter. Lalu tekan logo save di atas aplikasi untuk menyimpan. (lihat Video dibawah)

4.      Dan selesain 
Coba periksa ukuran foto anda sekarang.
Foto dari tutuorial saya berkurang dari 147 kb menjadi 104 Kb dan kualitanya gambarnya tetap bagus tanpa blur.

Sangat mudahkan.
Klo belum paham simak videonya dibawah.


Note : Jika ukuran yang anda inginkan belum sampai cobalah untuk meperkecil daerah lingkupan aplikasi sewaktu menscreenshot.

Sekian dan terimah kasih semogo info ini dapat membantu anda dan jangan sungkan untuk menshare ya agar leih bermanfaat.











Artikel Terkait


EmoticonEmoticon