Mengatasi Hp Android Lemot Padahal Aplikasi Sedikit.


Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu

Jaman now ini hp android merupakan barang yang tidak pernah terlupakan. Tak heran jika masalah kecil sepeti hp lemot kadang mendangkan rasa pusing dan geram.  

Lemot pada hp android bisa disebabkan aplikasi yang terlalu banyak.

Nah pertayaanya sekarang adalah, knp Hp android saya masih lemot padahal aplikasi yang teristal sedikit ?”

Mengatasi Hp android lemot padahal Aplikasi sedikit.


Perlu anda ketahui sebenarya bukan jumlahnya yang menyebabkan lemot tetapi besarnya ukuran dari aplikasi tersebut. Jadi meskipun aplikasi yang anda istall Cuma satu tapi ukurannya besar dan hp android anda tidak didukung ram besar maka so pasti anda akan mendapatkan hp android anda lemot.

Terus bagaimana solusinya ?

Berikut beberapa trik yang anda dapat coba di hp anda.

    1.    Bijak dalam memasang aplikasi
    2.    Gunakan sd card dengan kapasitas besar
    3.    Rajin bersihkan chace
    4.    jaga suhu hp

berikut kita bahas satu persatu.

Baca juga :  Mengatasi Hp android yang tidak bisa masuk menu

   1.    Bijak dalam memasang aplikasi


Bijak yang dimaksud disini adalah memeperhatikan dan mepertimbangkan benar-benar aplikasi dengan ram hp android anda.

Karena jika aplikasi memakan terlalu banyak ram maka akan mengganggu kinerja sistem. Itu dikarenakan mestipun kecepatan akses sistem diatur oleh prosesor, tetapi sejatinya sistem juga memerlukan random akses memori untuk dapat beroprasi secara maksimal.

Jadi aplikasi-aplikasi yang tidak penting atau aplikasi yang jarang terpakai dapat anda hapus.

   2.    Gunakan SD Card kapasitas besar

Tips ini mungkin jarang anda termukan di artikel-artikel sejenis. Padahal cara ini tergolong cukup ampuh dalam mengatasi kelemotan. Karena terkadang sesak di memori internal menyebabkan kinerja sistem melambat, terus apa hubungannya dengan sd card kapasitas besar ?.

Hmm.. ram dan prosesor dari hp android merupakan satu kesatuan dengan mesin hp android anda sehingga sangat susah atau bahkan tidak bisah diupgrade. Berbeda dengan sd card atau kartu memori yang bisa di gonta ganti. Dengan memasang kartu memori berkapasita besar di hp anda. Anda dapat memidahkan beban berupa file-file di memori internal anda ke sd card termasuk data aplikasi ke sd card. Dengan begitu sekarang sistem anda akan lebih mudah beroprasi dan itu dapat mengatasi kelemotan yang hp anda derita selama ini.

anda juga dapat mengatur selan penyimpanan sistem ke katus sim

caranya cukup setelan > peyimpanan > pada bagian diks default gunakan penyimpanan internal

   3.    Rajin besihkan chace

Fungsi Chace sebenarnya adalah mempercepat prosesor mengakses atau menampilkan sesuatu yang pernah dibuka sebelumnya. Chace dapat diumpamakan tempat menyimpan ingatan jangka pendek. Loh terus knp cahce dikatakan dapat memperlambat ?. sesuatu yang telalu berlebihan tidak baik”.  chace yang menumpuk dan apalagi berasal dari banyak aplikasi akan membebani prosesor dalam menjalankan sistem. Inilah kenapa anda akan merasakan hp anda akan lebih lemot ketika telah mengunakanya dalam wktu yang relatif lama ketimbang saat pertam dihidupkan.

Terus bagaiman cara membersihkanya ?

Anda membutuhkan aplikasi, dan sekarang ada baaaanyak aplikasi untuk membersihkan chace. Bahkan beberapa vendor merek hp mempunyai aplikasi bawaan untuk membersihkan chace pada hp android anda. Contohnya cclener.

   4.    Jaga suhu hp

Jangan mainkan hp saat dicas. Ini akan menyebabkan suhu hp meningkat. Suhu hp berdampak langsung dengan mesin hp android anda. Dan pada keadaan tertentu daapt mengakibatkan kerusakan permanen pada komponen mesin dan bahkan pada beberapa kejadian yang diberitakan suhu hp yang tidak terkendali dapak menyebabkan mesin meledak. Ini fakta loh. Jadi berhati-hatilah.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon