Mengatasi Hp android yang tidak bisa masuk menu

 Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu

Android atau smartphone saat ini tidak bisa terlepas dari aktivitas seharian manusia modern. Tak heran jika masalah pada smartphone kadang begitu memusingkan.
Salah satu masalah yang akan dibahasa solusinya adalalah saat smartphone anda tidak bisa masuk ke menu, yang ada saat dinyalakan yang muncul hanyala logo atau merek smatphone yang berulang-ulang.

Mengatasi Hp android yang tidak bisa masuk menu


Pernah mengalami atau sedang mengalami masalah ini ?

Dalam istilah sistem, masalah ini dikenal dengan istilah bootloop, yang diangkat dari kata boot dan loop, atau boting yang berulang-ulang.

Berbagai hal dapat menyebabkan masalah ini, yang paling umum adalah kebiasaan mengunakan hp ketika lagi panas-panasnya misalnya saat main game sambil ngecas dan lain-lain. Kita tidak membahas sebab terjadi tapi solusi mengatsinya.

Terus apa yang harus dilakukan ?

Pertama tenang dan jangan kesusu untuk menbawanya ke dokter handphone.
Cobalah memecahkan sendiri, terkadang ilmu datang dari masalah yagn dihadapi.

Mangatasi Bootloop ringan

terkadang bootloop hanya terjadi insidental, dalam artian tidak terjadi terus- menerus. Ini di istilahkan dengan istilah bootloop ringan.
Untuk bootloop ringan yang perlu anda lakukan adalah meberikan waktu istirahat sejenak untuk hp android anda. Cukup lepas baterei dan diamkan barang 30 menitan dan setelah itu pasang lagi baterei dan coba hidupkan kembali. Jangan lupa baca bismillah.

Baca Juga  5 APLIKASI ANDROID UNTUK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA


Namun jika ternyata masih bootloop, sekarang bootloop yang hp android anda derita termasuk dalam kategoti berat. Kemungkinan besar ada sistem yang erorr atau aplikasi yang crash.

Mengatasi Bootloop berat

Terus apa selanjutnya ?
Mudah anda tinggal melakukakn hard booting.
Apa itu factory reset, labih umum dikenal dengan istilah kembali kemode pengpabrikan. Anda mungkin agak kebingunan bagaimana cara kembali ke mode pengpabrikan sementara tidak bisa akses ke bagian pengaturan/setelan.

Caranya mudah untuk beberapa hp anda dapar melakukanya dengan menekan tombol power + volume bawah atau untuk beberapa hp mengunakan tombol home + power up + volume bawah anda tinggal mencoba salah satunya, karena ini tergantung dari tipe hp android anda.

Jika berhasil maka layar hp android anda sekarang akan menampilkan menu  recovary sistem

Mengatasi Hp android yang tidak bisa masuk menu


Nah sekarang anda tinggal pilih opsi wipe data/factory reset. Gunakan tombol power up down sebagai navigasi naik turun.
Wait.. dan cobah hidupkan kembali. InsyaAllah hp android anda sekarang bisa digunakan lagi.

Namun, perlu anda ketahui dengan melakukan factori reset seluruh data di internal memeri temasuk aplikasi yang bukan bawaan hp akan terhapus.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon