RPP FISIKA SMA MATERI Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN     :
KELAS / SEMESTER           : X / I (GANJIL)
MATA PELAJARAN            : FISIKA
PERTEMUAN KE-                : I
ALOKASI WAKTU              : 3 X 45 MENIT

I.          Kompetensi Inti (KI)
A.    Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI1) :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B.     Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
C.    Kompetensi Inti Pengetahuan (KI3) :
Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, proceduraldan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
D.    Kompetensi Inti Keterampilan (KI4) :
Mengolah, menalar, dan meyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II.       Kompetensi Dasar (KD)
A.    Kompetensi Dasar Sikap Spiritual :
1.1  Bertambah Keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan air sebagai unsur utama kehidupan dengan karakteristik yang memungkinkan bagi makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang.
B.     Kompetensi Dasar Sikap Sosial :
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingintahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalamaktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan perobaan dan berdiskusi.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
C.    Kompetensi Dasar Pengetahuan :
3.2 Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.
D.    Kompetensi Dasar Keterampilan :
4.3 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus.
III.    Indikator Pencapaian Kompetensi
A.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD-KI 1)
1.1.1        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan gerak dengan benda-benda lain di alam semesta.
1.1.2        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis gerak di alam semesta dengan kompleksiatsnya masing-masing.
1.2.1        Menyatakan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai jenis gerak bagi manusia dalam menjalani kehidupannya.
B.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD-KI 2)
2.1.1 Menampilkan perilaku rasa ingin tahu dengan mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran
2.1.2 Menampilkan perilaku hati-hati dalam kehidupan sehari-hari
2.2.1 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja individu teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran
2.2.2 Menampilkan bentuk penghargaan atas kerja kelompok teman sekelasnya di dalam dan di luar jam pembelajaran
2.2.3 Menampilkan sikap bekerja sama dalam kelompok saat melakukan dan melaporkan hasil percobaan
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan / Kognitif (KD-KI 3)
1.      Kognitif Produk
a.         Menentukan besarnya percepatan apabila gaya berubah pada katrol
b.        Menentukan besarnya percepatan apabila massa berubah pada katrol
c.         Menyimpulkan bunyi hukum II Newton
2.      Kognitif Proses
a.         Menghitung
b.        Merumuskan masalah
c.         Merumuskan hipotesis
d.        Merencakan percobaan
e.         Mengolah data
f.         Menyimpulkan
D.    Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan (KD-KI 4)
Disediakan seperangkat alat percobaan sesuai dengan rincian tugas yang di tentukan di LKFPD meliputi :
1.      Merangkai alat dan bahan untuk percobaan “Hukum II Newton”.
2.      Mengoperasikan neraca ohauss
3.      Membaca penunjukan skala pada neraca ohauss
IV.    Tujuan Pembelajaran
1.      Diberikan data pengukuran, peserta didik dapat menentukan besarnya percepatan apabila gaya berubah pada katrol dengan benar sehingga peserta didik bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap gerak dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Diberikan gambar katrol, peserta didik dapat menentukan besarnya percepatan apabila massa berubah pada katrol dengan benar sehingga peserta didik bertambah keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pemaknaannya terhadap gerak dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Diberikan 1 set percobaan hukum II Newton, peserta didik melakukan percobaan secara hati-hati untuk untuk dapat menyimpulkan bunyi hukum II Newton sehingga peserta didik dapat mengenali dan  mengaggumi kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
V.       Materi Pembelajaran
A.    Pendahuluan
Keutamaan Hukum II Newton
1.      Landasan Spiritual
Dukungan Al-Qur’an dan Al-Hadist
2.      Landasan Karakter
Kejujuran Ilmiah didukung oleh teliti, hati-hati, dst
B.     Hukum Newton Tentang Gerak
1.      Hukum II Newton
2.      Penerapan Hukum Newton
3.      Konsep percepatan, massa, dan gaya pada Hukum II Newton
VI.    Model, Metode, dan Pendekatan Pembelajaran
Model                   : Discovery Learning
Metode                 : Demonstrasi, Tanya Jawab, Eksperimen, Presentasi.
Pendekatan          : Saintifik
Teknik                  : Pembelajaran Kooperatif
Strategi                 : Interaktif
Taktik                   : Komunikatif
VII. Kegiatan Pembelajaran
SINTAKS PEMBELAJARAN
WAKTU
PENDAHULUAN
15 Menit
1)    Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
2)    Guru mengecek kehadiran peserta didik
3)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4)    Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
5)    Tanya jawab tentang materi sebelumnya dan materi yang akan dipelajari
6)    Tanya jawab sebagai pra-test pemahaman peserta didik tentang BFPD yang sudah dipelajari sebelumnya
KEGIATAN INTI
100 Menit
Sintaks
Pendekatan Saintifik
Stimulation
( Stimulasi )
Mengamati
7)   Peserta didik mengamati video ilustrasi yang yang ditampilkan oleh guru
8)   Peserta didik mendiskusikan apa yang mereka temukan dari pengamatan tersebut
9)   Guru menyampaikan manfaat pembelajaran dari hukum II Newton
Problem statement
(Identiikasi masalah)
Menanya
10)   Peserta didik berdiskusi untuk membuat pertanyaan-pertanyaan dari hasil pengamatan
11)   Peserta didik berdiskusi mengemukakan hipotesis berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat
Data collecting (Pengumpulan data)
Mencoba
12)    Peserta didik dibagi dalam 4 kelompok yang masing-masing terdiri dari 5-6 orang
13)    Guru membagikan LKFPD kepada peserta didik.
14)    Guru mendemonstrasikan prosedur percobaan yang akan dilakukan oleh peserta didik.
15)    Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk melakukan percobaan di depan kelas.
Data Processing (Mengolah data)
Mengasosiasi
16)   Peserta didik berdiskusi dalam mengolah dan menganalisis data berdasarkan hasil pengamatan di kelompoknya masing-masing
17)   Peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam LKFPD.
18)   Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan mempersiapkan bahan untuk presentasi.
Data verification (Menguji hasil)
Generalization (menyimpulkan)
Mengkomunikasikan
19)  Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil percobaannya di depan kelas.
20)   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik dari masing-masing kelompok untuk menanggapi hasil presentasi.
21)  Guru menampilkan kesimpulan dari percobaan yang telah peserta didik lakukan.
22)   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik.
PENUTUP
20 Menit
23)  Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya guna mengulas kembali materi yang tidak di pahami mulai dari materi di BFPD dan materi yang telah di ajarkan pada pembelajaran ini.
24)  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengerjakan latihan soal secara berkelompok dan menampilkan jawaban latihan
25)  Guru mengarahkan peserta didik utnuk mengerjakan soal evaluasi secara individu.
26)  Guru memberi penjelasan tambahan dan makna dari hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari melalui pesan-pesan moral
27)  Guru melakukan refleksi pembelajaran dengan menanyakan kepada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
28)  Guru menyampaikan tugas yang akan dikerakan oleh peserta didik di luar kelas.
29)  Guru Memberikan PR (jika ada peserta didik yang wajib)
30)  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama peserta didik dan mengucapkan salam



VIII.        Alat Dan Sumber Belajar
1.      Alat dan Bahan
-          LCD
-          Laptop
-          Perangkat percobaan Hukum II Newton
2.      Sumber Belajar
-          BFPD
-          LKFPD
-          Sumber lain yang relevan
-          Lingkungan Sekitar
IX.    Penilaian Proses Dan Hasil Belajar
1.      Teknik            : Tes
2.      Bentuk           :
·         Tes kognitif produk (uraian)
·         Tes keterampilan (lembar pengamatan)
·         Tes sikap sosial (lembar pengamatan)
·         Tes sikap spiritual (lembar pengamatan)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon