RPP FISIKA SMA MATERI GERAK PARABOLA

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMA
Mata Pelajaran                      : Fisika
Kelas/Semester                      : XI/satu
Materi Pokok                         :  Kinematika Gerak (Gerak Parabola)
Alokasi Waktu                       :  1  Jam Pembelajaran (45 menit)
A.      Kompetensi Dasar
3.5 Menganalisis  Gerak Parabola Dengan Menggunakan Vektor, Berikut Makna        
       Fisinya dan Penerapannya dalam kehidupan Sehari-hari
4.5  Mempresentasikan data hasil percobaan gerak parabola dan makna fisisnya
B.     Indikator Pencapaian KD
3.5. 1.  Mendeskripsikan karakteristik gerak parabola
3.5.2    Menggambarkan lintasan parabola dari gerak suatu benda
3.5.2.  Menjelaskan Pengaruh sudut elevasi dan kecepatan awal terhadap tinggi       makasimum dan jangkauan maksimum oleh benda yang bergerak parabola
4.5.1. Mempresentasikan data hasil percobaan gerak parabola dengan menggunakan simlasi gerak parabola.
C.  Tujuan Pembelajaran  
1.      Peserta didik  dapat menjelaskan definisi dan ciri-ciri benda  bergerak parabola atau gerak peluru dengan menggunakan vektor dengan benar
2.      Melalui diskusi kelompok dan praktikum simulasi virtual, peserta didik mampu mendeskripsikan karakteristik gerak parabola.
3.      Melalui kerja kelompok dalam melakukan percobaan gerak parabola dengan memanfaatkan media simulasi, peserta didik dapat menjelskan pengaruh sudut elevasi dan kecepatan awal terhadap tinggi dan jangkauan maksimum sebuah benda yang bergerak parabola.
4.      Melalui kerja kelompok dalam melakukan percobaan gerak parabola dengan memanfaatkan media simulasi peserta didik dapat mempersentasekan hasil pengamatan dan percobaan yang telah mereka lakukan melalui kerja kelompok secara baik.
D.    Materi Pembelajaran 
(untuk pertemuan I)

Gambar 1.  Gerak Parabola dari sebuah benda yang diberi kecepatan awal dan membentuk sudut tertentu
Suatu benda dikatakan bergerak parabola atau gerak peluru apabila benda yang bergerak tersebut membentuk lintasan yang menyerupai grafik parabola. Contohnya gerak bola yang ditendang oleh seorang pemain bola ke tengah lapangan akan membentuk lintasan yang menyerupai parabola,  

Pada arah sumbu X (horisontal)  tidak dipengaruhi oleh percepatan sehingga terjadi gerak lurus beraturan (GLB), maka berlaku hubungan,
      ....................................................................................................(1)
Pada arah sumbu Y (vertikal),  akan dipengaruhi percepatan gravitasi yang arahnya ke bawah yang  besarnya g = 9,8  m/s2. Sehingga pada arah ini terjadi gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang diperlambat. Perumusannya berlaku persamaan:       
    .............................................................................................(2)
Berdasarkan penjelasan di atas dapat Anda simpulkan, bahwa  gerak parabola terjadi karena perpaduan gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang saling tegak lurus.
            Besar kecepatan pada saat t di setiap selama benda bergerak parabola merupakan resultan vector dari komponen gerak horizontal dan komponen gerak vertical, sehingga :
       Titik tertinggi Jika Anda perhatikan Gambar 1. maka dapat diketahui bahwa titik tertinggi terjadi di titik B. Titik terjauh Perhatikan Gambar 1.di atas, titik terjauh terjadi pada titik C. Pada titik tersebut  y = 0 ;
            Dimana titik tertinggi dan titik terjauh dipengaruhi oleh kecepatan awal dan sudut elevasi. Kecepatan awal berbading lurus terhadap keduanya sementara sudut elevasi mempengaruhi dalam bentuk lain. Jika sudut elevasi  semakin besar, maka besar jarak jangkauan yang ditempuh benda yang bergerak parabola akan  semakin  jauh (besar) (untuk sudut elevasi antara 0-45 derajat) dan jarak jangkauan semakin kecil  pada sudut elevasi antara (45 – 90 derajat). Ini merupakan formulasi representative dari rumus titik tertinggi dan titik terjauh dari sebuah benda yang bergerak parabola.
E.     Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.    Pendekatan Saintifik approach (metode ilmiah)
2.    Model Problem based learning (PBL)
3.    Metode tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi.
F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.     Media :
·         Simulasi Interaktif (PhET) Simulation: Projection Motion. Diunduh dari
·         Laptop, LCD proyektor.
·         Video.
G.    Sumber Belajar:
Buku :  Siswanto. 2009. Kompetensi fisika Untuk SMA/MA kelas halaman (halaman 22-26)
H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
Kegiatan
Sintaks
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Fase 1
Orientasi peserta didik pada masalah


·         Mengarahkan siswa untuk Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
·         Guru memutarkan sebuah video.  Kemudian Guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan video yang telah diperlihatkan :
“Tahukah kalian permainan apa itu ?”
“Coba kalian sebutkan, apa saja Penomena fisika pada video tersebut?
“Bagaiamana dengan gerak bolanya ?” guru menunuju seseorang perwakilan kelas untuk menggambarkan ilustrasi gerak bola di papan tulis.
·         Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran dan cakupan pembelajaran tentang submateri pokok gerak parabola  yang akan di pelajarai pada pada pertemuan kali ini.
·         Guru membagi kelompok yang terdiri dari 4- 5 orang per kelompok.
5
menit
Inti
Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar




















·         Guru memberikan penjelasan pengantar materi tentang  gerak parabola melalui disertai dengan beberapa Tanya jawab dengan peserta didik
·         Guru mengantarkan siswa pada pertanyaan “ bagaimana pengaruh sudut terhadap titik tertinggi dan titik terjauh dari sebuah benda yang bergerak parabola.
·         Guru mengistruksikan kepada setiap kelompok untuk menyalakan laptop.
·         Guru membagikan file simulasi praktikum, disertai dengan LKPD praktikum kepada masing-masing kelompok.

10 menit

Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
·         Peserta didik diminta melakukan pengamatan terhadap visualisasi gerak parabola dengan menerapkan Projection Motion PhET Simulation agar dapat mendeskripsikan bagaimana karakterisitk gerak parabola, bagaimana pengaruh sudut elevasi terhadap tinggi maksimum dan titik terjauh,  (Mengacu pada LKPD Gerak Parabola)
·         Peserta didik diminta melakukan pengumpulan data percobaan  gerak parabola dengan menerapkan Projection Motion PhET Simulation agar dapat mengidentifikasi variabel-variabel manipulasi, variabel respon dan variabel kontrol (Mengacu pada LKPD Gerak Parabola)

10

Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·         Peserta didik menuliskan Hasil pengamatan peserta didik dalam bentuk laporan observasi tertulis yang berisi tentang  (permasalahan, identifkasi variabel, hipotesis, analisis, dan kesimpulan) tentang  gerak parabola (Mengacu pada LKPD Gerak Parabola)

5

Fase 5
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
·         Wakil dari setiap kelompok peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya tentang percobaan grak parabola 
·         Melalui tanya jawab dengan peserta didik, guru menggali pengetahuan peserta didik tentang pengertian karakteristik gerak parabola, dan menyebutkan variabel-variabel yang berpengaruh terhdap jarak jangkauan termasuk jangkauan maksimal sebauh peluru yang ditembakkan.  Serta guru membenarkan konsep yang keliru
·         Guru Memberikan Tugas






10
Penutup

Penutup
·         Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi oleh guru untuk membuat simpulan tentang konsep gerak parabola.
·         Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.
5
I.       Penilaian, Pembelajaran Remedian dan Pengayaan
1.      Penilaian
a.       Jenis Penilaian (untuk pertemuan I )
Laporan kelompok
Tugas individu (Tugas I)
b.      Pedoman Penilaian
Rubrik Penilaian Laporan (terlampir )
2.      Pembelajaran Remedial (terlampir)
3.      Pengayaan (Terlampir)



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon