Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan bagian yang penting dalam suatu pembelajaran karena kemampuan berpikir tingkat tinggi membantu siswa atau peserta didik untuki menguasai pelajaran yang diajarak guru.
Apa sih kemampuan berpikir tingkat tinggi itu ?
Dalam mengavaluasi Kemampuan berpikir tingkat tinggi ini mempunyai banyak aspek yang berbeda tergantu perefrensinya. Namun yang paling umun digunakan dalam sejumlah penelitian adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan acuan taksonomi entah itu taksonomi bloom maupun taksonomi revisi bloom oleh anderson.
Pada takonomi bloom aspek kognitif dibagi manjadi 6 bagian yang sering disimbolkan C1, C2 sampai C6. C1 sampai C3 dikategorikan sebagai bagian dari kemampuan berpikit tingkat rendah sendanglan C4 dan C6 adalah kemampuan berpikir tinggkat tinggi. Jadi untuk mengevaluasi kemampuan berpikir tinggkat tinggi maka pendidik dapat mengunakan soal tipe C4, C5, C6. Berdsarkan taksonomi revisi bloom yang saat ini di jadikan acuan untuk kurikulum k13 C4, C5 dan C6 berturut-turut adalah kemampuan menganalisi, mengevaluasi dan kemampuan mencipta.
Artikel lain : Soal-soal Fisika Tingkat Kognitif C4 (menganalisis )
EmoticonEmoticon