Kemampuan berpikir tingkat tinggi

Tags


Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan bagian yang penting dalam suatu pembelajaran karena kemampuan berpikir tingkat tinggi membantu siswa atau peserta didik untuki menguasai pelajaran yang diajarak guru.

Apa sih kemampuan berpikir tingkat tinggi itu ?


Sebenarnya istilah kemampuan berpikir tingkat tinggi di adaptasi dari bahasa aslinya yaitu higher order thinking skills (HOTs). Skills jika diartikan secara  sepihak ke dalam bahasa indonesia berarti keterampilan bukan kemampuan. Tetapi dalam istilah kita mengunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi bukan keterampilan berpikir tingkt tinggi karena aslinya hots ini erat kaitannya dengan aspek kognitif sementara dalam kurikulum kita keterampilan mengarah ke rana psikomotorik.

Dalam mengavaluasi Kemampuan berpikir tingkat tinggi ini mempunyai banyak aspek yang berbeda tergantu perefrensinya. Namun yang paling umun digunakan dalam sejumlah penelitian adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan acuan taksonomi entah itu taksonomi bloom maupun taksonomi revisi bloom oleh anderson.

Kemampuan berpikir tingkat tinggi


Pada takonomi bloom  aspek kognitif dibagi manjadi 6 bagian yang sering disimbolkan C1, C2 sampai C6. C1 sampai C3 dikategorikan sebagai bagian dari kemampuan berpikit tingkat rendah sendanglan C4 dan C6 adalah kemampuan berpikir tinggkat tinggi. Jadi untuk  mengevaluasi kemampuan berpikir tinggkat tinggi maka pendidik dapat mengunakan soal tipe C4, C5, C6. Berdsarkan taksonomi revisi bloom yang saat ini di jadikan acuan untuk kurikulum k13 C4, C5 dan C6 berturut-turut adalah kemampuan menganalisi, mengevaluasi dan kemampuan mencipta.

Artikel lain : Soal-soal Fisika Tingkat Kognitif C4 (menganalisis ) 


  
 pada mata pelajaran fisika kemampuan berpikir tinggkat tinggi merupakan kemampuan yang akan samgat berguna dalam pembelajaran sehingga mengajarkan kemampuan ini adalah salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan nilai pembelajaran fisika.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon