RPP Fisika MAteri Radioaktiv

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :
Kelas / Semester       : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran           : FISIKA
Alokasi Waktu            : 3 Kali Pertemuan (3x 2x 45 Menit)

Standar Kompetensi
      4.   Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
            4.1  Mengidentifikasi karakteristik inti atom dan radioaktivitas.

Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan karakteristik inti atom.
·         Mendeskripsikan karakteristik radioaktivitas.
·         Mendeskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti.

A. Tujuan Pembelajaran
         Siswa dapat:
-         Menjelaskan pengertian nukleon.
-         Menjelaskan konsep partikel penyusun atom.
-         Membedakan nomor atom dan nomor massa atom.
-         Menghitung jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya.
-         Menjelaskan konsep isotop, isoton, dan isobar pada atom.
-         Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar.
-         Menghitung jari-jari inti atom berdasarkan nomor massa atom.
-         Menjelaskan konsep satuan massa atom.
-         Menjelaskan pengertian defek massa.
-         Menghitung energi ikat rata-rata per nukleon.
-         Menjelaskan pengertian radioaktivitas.
-         Menganalisis peristiwa radioaktivitas yang terjadi pada inti atom yang tidak stabil.
-         Membedakan peluruhan alfa, beta, dan gamma.
-         Menghitung laju peluruhan dan waktu paroh pada inti atom yang tidak stabil.
B. Materi Pembelajaran
            Inti Atom dan Radioaktivitas

C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                   -  Cooperative Learning
             2.  Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Observasi
                                    -  Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l   Guru Mengabsen
b. Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan Materi dengan menggunakan power point
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru dalam menentukan notasi Ilmiah, jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya 
·         Siswa memperhatikan contoh soal menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya yang disampaikan oleh guru 
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya untuk dikerjakan oleh siswa 
·         Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan 
·         Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian isotop 
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai contoh isotop umum dari beberapa unsur 
·         Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian isobar dan isoton 
·         Siswa dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh isoton dan isobar dari beberapa unsur 
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal 
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya 
·         Siswa memperhatikan contoh soal mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar yang disampaikan oleh guru 
·         Guru memberikan beberapa soal mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar untuk dikerjakan oleh siswa 
·         Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan 
           c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik 
·         Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman 
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal 

PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Guru Mengabsen siswa
l  Guru memeriksa tugas
b. Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan tentang materi energi inti, stabilitas inti dan waktu paruh
·         Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ukuran inti 
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru
·         Siswa memperhatikan contoh soal menentukan jari-jari inti atom berdasarkan nomor massa atom yang disampaikan oleh guru 
·         Guru memberikan quis untuk menghitung energy ikat inti 
·         Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan 
·         ng belum diketahui.  
          c. Kegiatan Penutup
·         Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman 

PERTEMUAN KETIGA
              a. Kegiatan Pendahuluan
l  Guru mengabsen siswa
            b. Kegiatan Inti
·         Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian radioaktivitas 
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai peristiwa radioaktivitas yang terjadi pada inti atom yang tidak stabil 
·         Siswa dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sinar alfa (α), sinar beta (β), dan sinar gamma (γ) 
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal 
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya 
·         Siswa memperhatikan perbedaan peluruhan alfa, beta, dan gamma yang disampaikan oleh guru 
·         Siswa memperhatikan contoh soal menuliskan reaksi lengkap dari peluruhan alfa, beta, dan gamma yang disampaikan oleh guru 
·         Guru memberikan beberapa soal menuliskan reaksi lengkap dari peluruhan alfa, beta, dan gamma untuk dikerjakan oleh siswa 
·         Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan 
               c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik 
·         Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

E. Sumber Belajar
a.    Buku Sains Fisika 3 SMA/MA, Pengarang : Heri Subagya, Penerbit : Bumi AksaraSains 141-179
b.    Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
       a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
·       Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
·       Tes uraian
·       Tugas rumah
       



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon