RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 3 Kali Pertemuan (3x 2x 45 Menit)
Standar Kompetensi
4. Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
4.1 Mengidentifikasi karakteristik inti atom dan radioaktivitas.
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendeskripsikan karakteristik inti atom.
· Mendeskripsikan karakteristik radioaktivitas.
· Mendeskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
- Menjelaskan pengertian nukleon.
- Menjelaskan konsep partikel penyusun atom.
- Membedakan nomor atom dan nomor massa atom.
- Menghitung jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya.
- Menjelaskan konsep isotop, isoton, dan isobar pada atom.
- Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar.
- Menghitung jari-jari inti atom berdasarkan nomor massa atom.
- Menjelaskan konsep satuan massa atom.
- Menjelaskan pengertian defek massa.
- Menghitung energi ikat rata-rata per nukleon.
- Menjelaskan pengertian radioaktivitas.
- Menganalisis peristiwa radioaktivitas yang terjadi pada inti atom yang tidak stabil.
- Membedakan peluruhan alfa, beta, dan gamma.
- Menghitung laju peluruhan dan waktu paroh pada inti atom yang tidak stabil.
B. Materi Pembelajaran
Inti Atom dan Radioaktivitas
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Guru Mengabsen
b. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan Materi dengan menggunakan power point
· Siswa memperhatikan penjelasan guru dalam menentukan notasi Ilmiah, jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya
· Siswa memperhatikan contoh soal menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya yang disampaikan oleh guru
· Guru memberikan beberapa soal menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya untuk dikerjakan oleh siswa
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian isotop
· Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai contoh isotop umum dari beberapa unsur
· Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian isobar dan isoton
· Siswa dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh isoton dan isobar dari beberapa unsur
· Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya
· Siswa memperhatikan contoh soal mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar yang disampaikan oleh guru
· Guru memberikan beberapa soal mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isoton, dan isobar untuk dikerjakan oleh siswa
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
· Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Guru Mengabsen siswa
l Guru memeriksa tugas
b. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan tentang materi energi inti, stabilitas inti dan waktu paruh
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ukuran inti
· Siswa memperhatikan penjelasan guru
· Siswa memperhatikan contoh soal menentukan jari-jari inti atom berdasarkan nomor massa atom yang disampaikan oleh guru
· Guru memberikan quis untuk menghitung energy ikat inti
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
· ng belum diketahui.
c. Kegiatan Penutup
· Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Guru mengabsen siswa
b. Kegiatan Inti
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian radioaktivitas
· Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai peristiwa radioaktivitas yang terjadi pada inti atom yang tidak stabil
· Siswa dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sinar alfa (α), sinar beta (β), dan sinar gamma (γ)
· Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya
· Siswa memperhatikan perbedaan peluruhan alfa, beta, dan gamma yang disampaikan oleh guru
· Siswa memperhatikan contoh soal menuliskan reaksi lengkap dari peluruhan alfa, beta, dan gamma yang disampaikan oleh guru
· Guru memberikan beberapa soal menuliskan reaksi lengkap dari peluruhan alfa, beta, dan gamma untuk dikerjakan oleh siswa
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
· Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
E. Sumber Belajar
a. Buku Sains Fisika 3 SMA/MA, Pengarang : Heri Subagya, Penerbit : Bumi AksaraSains 141-179
b. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
· Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
· Tes uraian
· Tugas rumah
EmoticonEmoticon