RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 2 Kali Pertemuan ( 2 x 2 x 45 Menit)
Standar Kompetensi
3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.
Kompetensi Dasar
3.3 Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi.
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Memformulasikan relativitas khusus untuk massa, panjang, dan waktu.
· Menganalisis relativitas panjang, waktu, massa, energi, dan momentum.
· Mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
l Menerangkan percobaan Michelson-Morley untuk membuktikan ada-tidaknya eter.
l Menjelaskan syarat terjadinya transformasi Galileo.
l Menjelaskan ketidakabsahan penggunaan transformasi Galileo dalam mengukur laju benda yang bergerak mendekati kecepatan cahaya.
l Menjelaskan postulat Einstein.
l Menjelaskan syarat terjadinya transformasi Lorentz.
l Menjelaskan pengertian kontraksi Lorentz.
l Menunjukkan perubahan panjang sebuah benda yang bergerak dengan laju mendekati kecepatan cahaya oleh seorang pengamat.
l Menjelaskan syarat terjadinya dilatasi waktu.
l Menjelaskan relativitas massa.
l Menjelaskan relativitas momentum.
l Menjelaskan relativitas energi.
l Menjelaskan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.
B. Materi Pembelajaran
Teori Relativitas Khusus
Percobaan Michaeson-Morley
Transformasi Galileo
C. Metode Pembelajaran
· Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
· Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Guru Mengabsen Siwa
l Guru Membukan dengan Menceritakan Sebuah Film fiksi ilmiah tentang relativitas
b. Kegiatan Inti
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan percobaan Michelson dan Morley
· Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai percobaan Michelson-Morley untuk membuktikan ada-tidaknya eter
· Siswa memperhatikan syarat terjadinya transformasi Galileo yang disampaikan oleh guru
· Guru menjelaskan ketidakabsahan penggunaan transformasi Galileo dalam mengukur laju benda yang bergerak mendekati kecepatan cahaya
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan postulat Einstein
· Siswa memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan relatif sebuah benda yang disampaikan oleh guru
· Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan relatif sebuah benda untuk dikerjakan oleh siswa
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat terjadinya transformasi Lorentz
· Perwakilan siswa diminta untuk menjelaskan pengertian kontraksi Lorentz. Siswa dalam setiap kelompok mendiskusikan perubahan panjang sebuah benda yang bergerak dengan laju mendekati kecepatan cahaya oleh seorang pengamat
· Siswa memperhatikan contoh soal menentukan kontraksi Lorentz yang disampaikan oleh guru
· Guru memberikan beberapa soal menentukan kontraksi Lorentz untuk dikerjakan oleh siswa
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
c. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Guru mengabsen
l Guru memeriksa tugas
b. Kegiatan Inti
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat terjadinya dilatasi waktu
· Siswamemperhatikan contoh soal menentukan dilatasi waktu sebuah benda yang disampaikan oleh guru
· Guru memberikan beberapa soal menentukan dilatasi waktu sebuah benda untuk dikerjakan oleh siswa
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
· Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat terjadinya relativitas massa
· Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai relativitas momentum
· Siswa memperhatikan penjelasan relativitas energi yang disampaikan oleh guru
· Siswa memperhatikan contoh soal menentukan massa, momentum, dan energi relativistik dari sebuah benda yang disampaikan oleh guru
· Guru memberikan beberapa soal menentukan menentukan massa, momentum, dan energi relativistik dari sebuah benda untuk dikerjakan oleh siswa
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
· Siswamemperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir
c. Kegiatan Penutup
- Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman
E. Sumber Belajar
a. Buku Sains Fisika 3 SMA/MA, Pengarang : Heri Subagya, Penerbit : Bumi AksaraSains 141-179
b. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
· Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
· Tes uraian
· Tugas rumah
EmoticonEmoticon