RPP Fisika Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya.

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :
Kelas / Semester       : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran           : FISIKA
Alokasi Waktu            : 2 Kali pertemuan ( 2 x 2 x 45 Menit)

Standar Kompetensi
    3.   Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.

Kompetensi Dasar
 3.1  Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat  dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mendeskripsikan fenomena radiasi benda hitam.
2.    Menjelaskan berbagai peristiwa yang berkaitan dengan radiasi kalor.
3.    Menjelaskan dan memformulasikan hukum Stefan- Boltzmann.
4.    Menjelaskan hukum Pergeseran Wien
5.    Menjelaskan Teori Reyleigh- Jeans
6.    Mendeskripsikan hipotesis Planck tentang kuantum cahaya.
A. Tujuan Pembelajaran
        Siswa dapat:
1.    Menjelaskan pengertian benda hitam.
2.    Menjelaskan karakteristik radiasi pada benda hitam.
3.    Menjelaskan hubungan antara intensitas radiasi benda hitam terhadap panjang gelombang pada berbagai suhu.
4.    Menjelaskan aplikasi hukum pergeseran Wien.
5.    Menjelaskan aplikasi hukum Stefan-Boltzmann.
6.    Menjelaskan aplikasi hukum Rayleigh-Jeans.
7.    Menganalisis fenomena pergeseran Wien melalui teori Planck.
8.    Membedakan pandangan Rayleigh-Jeans dan Planck mengenai radiasi benda hitam.
9.    Menjelaskan aplikasi dari sifat radiasi benda hitam dalam kehidupan sehari-hari.
10. Menjelaskan pengertian efek fotolistrik.
11.Membedakan teori efek fotolistrik menurut teori elektrodinamika klasik dan Enstein.
12.Menjelaskan eksperimen mengukur energi kinetik maksimum.
  1. Materi Pembelajaran
Benda Hitam
Hukum Stefan-Boltzman
Hukum Pergeseran Wien
Teori Reyleigh-Jeans
Teori Plank
  1. Metode Pembelajaran
1.    Model   :    -   Direct Instruction (DI)
                                             -   Cooperative Learning
               2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok            
                                          -   Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengabsen siswa
·         Guru memulai pembelajaran dengan bertanya
- Mengapa ketika kita mengenakan pakaian berwarna hitam terasa lebih panas?
b. Kegiatan Inti
·         Guru memberikan informasi dan Tanya jawab mengenai Karakteristik benda hitam
·         Siswa memperhatikan penjelasan karakteristik radiasi pada benda hitam yang disampaikan oleh guru.
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai hubungan antara intensitas radiasi benda hitam terhadap panjang gelombang pada berbagai suhu.Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi hukum pergeseran Wien.
·         Perwakilan siswa diminta untuk menyebutkan hukum pergeseran Wien.Siswa memperhatikan contoh soal aplikasi hukum pergeseran Wien yang disampaikan oleh guru.
·         Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi hukum Stefan Boltzmann.
·         Perwakilan siswa diminta untuk menyebutkan hukum Stefan-Boltzmann.
·         Siswa memperhatikan contoh soal aplikasi hukum Stefan-Boltzmann yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal aplikasi hukum pergeseran Wien dan Stefan-Boltzmann untuk dikerjakan oleh siswa.
·         Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
-         Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
a.    Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengabsen Siswa
·         Guru Mereview Materi pertemuan sebelumnya
b. Kegiatan Inti
·         Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi hukum Rayleigh-Jeans.
·         Siswa memperhatikan penerapan hukum Rayleigh-Jeans dalam menjelaskan radiasi benda hitam yang disampaikan oleh guru.
·        Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi teori Planck.
·         Siswa memperhatikan penerapan teori Planck dalam menjelaskan radiasi benda hitam yang disampaikan oleh guru.
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai fenomena pergeseran Wien melalui teori Planck.
·         Siswa dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan pandangan Rayleigh-Jeans dan Planck mengenai radiasi benda hitam. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.  
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya.  
·         Siswa memperhatikan contoh soal aplikasi teori Planck yang disampaikan oleh guru 
·         Guru memberikan beberapa soal aplikasi teori Planck untuk dikerjakan oleh siswa. 
·         Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan 
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui  
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.  
c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.  
·         Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. 
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal 

E. Sumber Belajar
a.    Buku Sains Fisika 3 SMA/MA, Pengarang : Heri Subagya, Penerbit : Bumi AksaraSains 141-179
b.    Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
       a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
·       Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
·       Tes uraian
·       Tugas rumah
       

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon