RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 6 Kali Pertemuan ( 6 X 2 X 45 Menit)
Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi Dasar
2.2 Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi.
Indikator
1. Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus.
2. Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak.
3. Menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi.
Baca Juga
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan definisi medan magnet
2. Menerangkan fenomena kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menjelaskan gaya antar-kutub magnet.
4. Menganalisis pengaruh medan magnet terhadap kawat yang dialiri arus listrik dan terhadap muatan listrik yang bergerak.
5. Mendeskripsikan fluks magnet pada permukaan yang tertembus sejumlah garis gaya magnet.
6. Menganalisis fenomena munculnya medan magnet pada suatu konduktor berarus melalui hukum Biot-Savart.
7. Menghitung medan magnet yang timbul pada kawat berarus listrik dalam berbagai bentuk.
8. Merumuskan besarnya medan magnet pada kawat berarus listrik dalam beragam bentuk geometri.
B. Materi Pembelajaran
Kemagnetan, Fluks Magnetik, Hukum Biot-Savart, Gaya lorent.
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang materi
pelajaran telah lalu dan materi yang akan diajarkan.
b. Kegiatan Inti
· Guru memberikan ceramah yang disertai tanya jawab untuk menjelaskan adanya medan magnetik di sekitar kawat berarus listrik.
· Guru menjelaskan tentang adanya medan magnetik di sekitar kawat berarus listrik melalui ilustrasi percobaan Oersted
· Siswa melakukan diskusi kelas untuk memformulasikan hukum Biot- Savart.
· Siswa membentuk kelompok belajar bersama teman sebangkunyauntukmenyelesaikan persoalan persoalan yang berkaitan dengan hukum Biot-Savart Guru memberikan soal-soal latihan/kuis.
c. Kegiatan Akhir
· Dengan cara tanya jawab siswa menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi medan magnetik dan hukum Biot-Savart.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru meriview materi pada pertemuan sebelumnya
b. Kegiatan Inti
· Guru memberikan informasi yang disertai tanya jawab untuk menentukan atau memformulasikan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik.
· Guru melakukan tanya jawab untuk menentukan atau memformulasikan induksi magnetik di pusat kawat melingkar berarus listrik.
· Guru melakukan tanya jawab untuk menentukan atau memformulasikan induksi magnetik pada sumbu kumparan berarus listrik.
· Siswa melakukan diskusi kelas untuk memformulasikan induksi magnetik pada sumbu solenoida dan tororida.
· siswa memperhatikan contoh soal yang disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
· siswa (dibimbing oleh guru) untuk membuat kesimpulan
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru Menunjuk beberapa orang siswa untuk menuliskan jawaban berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh guru dipertemuan sebelumnya
· Guru meriview materi pada pertemuan sebelumnya
b. Kegiatan Inti
· Guru memberikan informasi yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan pengaruh medan magnet terhadap kawat berarus listrik.
· Siswa melakukan pengamatan terhadap demonstrasi yang menunjukkan pengaruh medan magnet terhadap kawat berarus listrik.
· Guru memberian informasi yang disertai dengan tanya jawab untuk mengidentifikasi adanya gaya pada muatan yang bergerak dalam medan magnet.
· Siswa melakukan diskusi untuk memformulasikan besaran-besaran yang trekait dalam medan magnet atau partikel bermuatan.
· siswa memperhatikan contoh soal yang disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
· Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
· Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi gaya magnetik.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru Menunjuk beberapa orang siswa untuk menuliskan jawaban berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh guru dipertemuan sebelumnya
· Guru meriview materi pada pertemuan sebelumnya
b. kegiatan Inti
· Guru memberikan informasi yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan pengaruh medan magnet terhadap kawat berarus listrik.
· Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan penerapan gaya Lorentz pada motor listrik.
· Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan penerapan gaya Lorentz pada alat ukur listrik.
· Siswa membentuk kelompok belajar untuk menjelaskan pemanfaatan induksi magnetik pada bel listrik, inti transformator.
c. Kegiatan Penutup
· Dengan caratanya jawab, siswa menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi gaya magnetik.
E. Sumber Belajar
a. Buku Sains Fisika 3 SMA/MA, Pengarang : Heri Subagya, Penerbit : Bumi Aksara Sains 141-179
b. LKS Fisika Untuk Kelas XII Semester Ganjil
c. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
- Tugas rumah
EmoticonEmoticon