RPP FISIKA PERKEMBANGAN TEORI ATOM

Tags


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :
Kelas / Semester       : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran           : FISIKA
Alokasi Waktu            : 3 Kali Pertemuan ( 3 x 2 x 45 Menit)

Standar Kompetensi
3.    Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.

Kompetensi Dasar
   3.2  Mendeskripsikan perkembangan teori atom.

Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
·         Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi.
·         Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund pada spektrum atom hidrogen.
a.    Tujuan Pembelajaran
        Siswa dapat:
-         Menjelaskan Perkembangan teori atom
-         Menjelaskan Kelemahan  dari teori-teori atom
-         Mampu menjelaskan Model atom Rutherfort dan mampu menghitung besar energy total electron berdasarkan rumusan model atom rutherfort
-         Membedakan keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan keadaan terionisasi.
-         Membedakan peristiwa eksitasi dan deeksitasi.
-         Membedakan deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund.
-         Menjelaskan efek Zeeman.
-         Membedakan bilangan kuantum utama, orbital, magnetik, dan spin.
-         Menjelaskan pengertian kaidah seleksi.
-         Menyebutkan larangan Pauli.
-         Membedakan kulit dan subkulit.
-         Menjelaskan pengertian konfigurasi elektron.
-         Menuliskan notasi singkat konfigurasi elektron.


b.    Materi Pembelajaran
Perkembangan Teori Atom
Model Atom Rutherfort
Model Atom Bohr
Efek Zeeman
Atom Berelektro banyak
C. Metode Pembelajaran
   1.  Model     :    -  Direct Instruction (DI)
                                        -  Cooperative Learning
             2.  Metode    :  -   Diskusi kelompok
                                        -  Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
         a. Kegiatan Pendahuluan
·         Guru Mengabsen Siswa
b. Kegiatan Inti
·         Guru memberikan informasi yang disertai tanya jawab untuk menjelaskan perkembangan teori atom.
·         Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan dan menjelaskan teori atom Dalton dengan menggunakan peragaan di depan kelas. – Siswa membuat berbagai model tiruan atom berdasarkan perkembangan teori atom.
·         Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan dan menjelaskan model atom Thomson.
·         Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi dan membedakan adanya model atom Thomson dan Dalton.
·         Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi kelemahan teori atom Dalton dan Thomson.
·         Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan dan menjelaskan model atom Rutherford dengan menggunakan peragaan di depan kelas.
·         Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan dan menjelaskan spektrum atom hidrogen (deret Balmer).
·         Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi dan membedakan model atom Thomson, Dalton, Rutherford, dan Bohr
·         Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi kelemahan dari teori atom Rutherford.
c. Kegiatan Akhir
a.    Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan materi perkembangan teori atom, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, serta tugas membaca dan memahami materi berikutnya.


PERTEMUAN KEDUA
a.    Kegiatan Awal
·         Guru Mengabsen Siswa
·         Guru Memeriksa tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
·         Guru Mereview materi sebelumnya
b.    Kegiatan Inti
·         Guru memberikan informasi yang disertai tanya jawab untuk menjelaskan model atom Bohr.
·         Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan dan menjelaskan
·         model atom Bohr.
·         Guru Mejelaskan tentang Orbit atom bohr
·         Guru memberikan contoh soal berkaitan dengan orbit atom dan energy eksitasi atom
·         Guru meberikan soal untuk menguji pemahaman siswa
·         Siswa mengerjakan soal secara diskusi berpasangan
·         Guru membimbing siswa untuk menyelesaikan soal
·         Guru menunjuk salah seorang siswa untuk naik mengerjakan soal
c.    Kegitan Penutup
Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan materi yang telah disampaikan, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, serta tugas membaca dan memahami materi berikutnya.

PERTEMUAN KETIGA
a.    Kegiatan Awal
·         Guru Mengabsen Siswa
·         Guru Mereview materi sebelumnya
b.    Kegiatan Inti
·         Guru memberikan informasi dan penjelasan melalui mengenai  Jejari Lintasan Atom, garis-garis atom hydrogen,dan efek Zeeman serta atom berelaktron banyak
·         Guru Membagi kelompok dan memberikan soal untuk dikerjakan oleh masing-masing kelompok
·         Guru mempersilahkan masing masing kelompok untuk menuliskan jawabnya di papan
·         Guru membenarkan konsep yang masih salah dan memberikan penjelasan tambahan
c. Kegitan Penutup
Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan materi yang telah disampaikan.
E. Sumber Belajar
a. Buku Sains Fisika 3 SMA/MA, Pengarang : Heri Subagya, Penerbit : Bumi AksaraSains 141-179
b. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
       a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
·       Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
·       Tes uraian
·       Tugas rumah






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon