Aturan Penulisan Kutipan Skripsi

Aturan Penulisan Kutipan Skripsi
Kutipan Skripsi

    Dalam Menyusun sebuah karya Tulis ilmiah misalnya skripsi data-data yang relevan sangat dibutuhkan untuk memperkuat esensi dari konten skripsi yang hendak kita buat. Tentu saja dalam mengutip sumber releVan dibutuhkan tata cara pengutipan yan gharus di ikuti agar tidak melanggar copyright dari sumber relevan tersebut.

    1.   Penulisan Kutipan
    Kutipan dibedakan atas dua macam. yaitu:
    (1) kutipan tidak langsung yaitu ide/konsep orang Iain yang dikutip dengan menggunakan kata-kata penulis/peneliti sendiri,
    (2) kutipan langsung, yaitu ide/konsep orang yang disalin sesuai dengan aslinya.

    Penulisan Kutipan Tidak Langsung


    Pada format APA, kutipan tidak langsung dituliskan dalam kalimat/teks dengan mencantumkan nama pengarang dan tahun penerbit tanpa menuliskan halaman karya yang dikutip.

    Nama penulis dicantumkan dalam kalimat. Contoh:
    Hendra (2016) menyatakan bahwa perbandingn antara...
    atauPada tahun 2016, hendra mengemukakan bahwa perbandingan...

    Nama penulis tidak dicantumkan dalam kalimat, Contoh:
    Perbandingan antara metode konvensial dengan …. (Haris, 2016).

    Penulisan Kutipan Langsung

    Kutipan langsung pada format APA ditulis dengan menyebut nama pengarang, tahun terbit, dan halaman kalimat/teks yang dikutip. kutipan langsung dibedakan atas dua jenis, yaitu kutipan langsung pendek dankutipan langsung panjang.
    Kutipan langsung pendek

    Kutipan langsung pendek adalah kalimat yang dikutip kurang atau sama dengan 40 kata (kurang atau sama dengan 3 baris). Kutipan langsung pendek dituliskan dalam teks (mengitukti format paragraf) dengan memberi tanda petik di awal dan di akhir kutipan.

    Nama penulis tidak disebutkan dalam kalimat, Contoh :
    Dia mengatakan. "mahasiswa sering mengalami kesulitan menggunakan teknik penulisan gaya APA," (Muhammad. 2016, h. 199). tetapi tidak menjelaskan alasannya.

    Nama penulis disebutkan dalam kalimat, Contoh :
    Menurut Muhammad (2016), "mahasiswa mengalami kesulitan dalam menggunakan teknik penulisan gaya APA, tetapi tidak menjelaskan alasannnya" (h. 199).Muhammad (2016) mengatakan "mahasiswa sulit menggunakan teknik penulisan gaya APA" (h. 199)...
    Kutipan langsung panjang

    Kutipan langsung panjang adalah kalimat yang dikutip lebih dari 40 kata. Kutipan langsung panjang ditulis dalam paragraf tersendiri dengan jarak 5 ketuk/spasi dari margin kiri dan ketikan naskah 1 spasi.
    Contoh kutipan langsung panjang tanpa menyebutkan nama pengarang dalam kalimat
    She stated: Students often had difficulty using APA styl especially when it was their first time citing sources. This difficul could be attributed to the fact that many students failed to purchij a style manual or to ask their teacher for help (Jones. 2007. p. 199)

    Karya dengan dua sampai enam penulis

    Nama keluarga/nama belakang penulis disebutkan semua.
         Contoh :
    Richards, Jones and Moore (2008) maintain that college siudt who actively participate in extracurricular activities achieve great academic excellence because they learn how to manage their til more effectively.
    atau
    The authors maintain that college students who actively participa in extracurricular activities achieve greater academic exceller because they learn how to manage their time more effectively (Richards, Jones, & Moore, 2008).

     karya lebih dari enam penulis

    jika karya yang dikutip ditulis lebih dari enam penulis, yang ditulis hanya nama keluarga/belakang penulis pertama, dengan memberi inisial et al.
    Contoh :
    Massachusetts state and municipal governments have initiated several programs to improve public safety, including community policing and after school activities (Smith et al., 2007).

    Jika karya Iebih dari satu karya dengan penulis yang sama

    Semua tahun penerbitan publikasi harus disebutkan semua.

    Contoh :Smith (2008) in his study of the effects of alcohol on the ability to drive, Smith (2011) showed that the reaction times of participating drivers were adversely affected by as little as a twelve ounces can of beer.
    Mengutip dari beberapa karya dari penulis yang berbeda dan tahun penerbitan dalam satu kaiimat (kutipan diambil dari sumber yang berbeda).
    ContohStudies of precautionary saving in response to earnings risk include Cantor (2009), Skinner (2010), Kimbal (2010a, 2010b) and Caballero (2010), among others...
    atau
    The hemispheric division of the human brain has been studied from Go to Setting  many different perspectives; however, not all researchers agree on exsact (Ellision, 2008; Jaynes, 2009; Mick, 2008).

    Karya dengan nama belakang penulis sama

    Jika mengutip dari karya dengan nama belakang penults yang Sama dengan kutipan sebelunmya, nama depan penulis perlu dicantumkan pada kutipan berikutnya.
    Contoh
    At least 66.665 lions were killed between 2007 and 2010 in Caines and the United States (Kevin Hansen, 2010).
    Jika dalam l kutipan
    M. Smith (2009) and P. W. Smith (2010) both reached the Id conclusion about parenting styles and child development.
    Mengutip rumus, hasil penelitian/Exact quotation

    Harus mencatumkan nomor halaman.
    Contoh
    In his study on the effects of alcohol on drivers, Smith (2012, 104) stated that "participants who drank twelve ounces of beer will a 3.5% alcohol content reacted, on average, 1.2 seconds n slowly to an emergency braking situation than they did when tl had not ingested alcohol."

    Mengutip dari kutipan

    Jika mengutip dan sttmber yang mengutip, nama penults u.f] dicantumkan pada kalimat, dan nama penulis yang mengut dieantumkan pada akltir kalimat kutipan.
    Contoh
    Behavior is affected by situation. As Wallace (2012) postulated in Individual and Group Behavior, a person who acts a certain way independently may act in an entirely different manner while the member of a group (Barkin, 2012, p. 478).Tidak ada nama penulis
    Jika tidak ada nama penulis, tuliskan 1 atau 2 kata pertma dari judul buku/halaman web. Jika mengutip dari buku atau website, judul ditulis dalam cetak miring. Jika mengutip dari artikel jumal/majalah/surat kabar, judul ditulis dalam huruf tegak dengan memberi tanda petik di awal dan akhir kutipan.

    Contoh
    Massachusetts state and municipal governments have initiated several programs to improve public safety, including community policing and after school activities (Innovations, 2011).

     Mengutip dari Website

    Pada dasamya mengutip dari website atau sumber elektronik sama dengan mengutip dari sumber tercetak. Jika mengutip dari website atau media elektronik, yang perlu dicantumkan adalah nama penuliS tahun penerbitan, nomor halaman (untuk kutipan langsung) atau jika tidak ada nomor halaman, sebutkan nomor bab (chapter), nomor gambar, label atau paragraf. Alamat website (URL) dan infonnasi tail\ dituliskan pada DaJ'tar Referensi.
    Contoh
    (Cheek & Buss, 2015, p. 332)(Shimamura, 2015. chap. 3)

     Mengutip dari puisi

    Jika mengutip puisi, yang perlu disebutkan adalah noinor bagian (jika ada), kemudian noinor baris.
    Contoh :

    When Homer’s Odysseus comes to the hall of Circe, he finds his men "mild/in her soft spell, fed on her drug of evil" (10.209-11).

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon