Cara mengatasi layar biru win32kfull.sys di windows 10


istilah layar biru juga dikenal dengan BSOD yang merupakan akronim dari Blue Screen of Death. Istilah ini merupakan istilah untuk menggambarkan keadaan dimana layar perangkat komputer anda tiba-tiba Berwarna biru ketika sedang mengoprasikan komputer misalnya saat bermain game atau saat proses startup berlangsung. Masalah Error BSOD seperti halnya jenis win32kfull.sys ini sering kali ditemukan diperangkat berbasis windows tak terkecuali versi terbaru windows yaitu windows 10.



    Pada Artikel ini membahas tentang BSOD Win32kfull.sys dan bagaimana memperbaikinya.

    #Apa itu Win32kfull.sys?

    Win32kfull.sys adalah salah satu layanan dari  BSOD. Jenis file dengan format .sys ini terkait dengan info terjadinya kesalahan pada driver perangkat, seperti halnya file dxgkrnl.sys yang memberikan infromasi bahwa terjadi Error pada driver grafis.  Error pada driver ini menyebabkan satu atau beberapa komponen dari perangkat komputer windows 10 Anda, seperti memori tidak berfungsi dengan baik. Hal ini yang menyebabkan seringnya muncul layar biru dan diikuti dengan restart otomatis pada pc saat anda mengoprasikan perangkat komputer anda. tentu saja hal ini agak menyebalkan

    Cara Mengtasi BSOD error Win32kfull.sys

    #Ada beberapa cara untuk memperbaikinya.


    Cara mengatasi layar biru win32kfull.sys di windows 10
    win32kfull.sys


    cara 1: Hapus Instalasi Driver yang Error


    Seperti disebutkan di atas, file .sys adalah driver yang terkait, jadi Anda harus memeriksa informasi driver dan memperbaiki Error pada driver. Coba hapus dan install ulang driver yang error.

    1.   Buka file explorer kemudian klik kanan pada This PC/My computer kemudian pada menu klik kanan yang muncul pilihlah manage .
    2.   pada jendela komputer menagemen pilih device manager, kemudian perhatikan di bilah kanan jendela lihat apakah ada satu atau lebih device driver dengan tanda seru kuning.

    Cara mengatasi layar biru win32kfull.sys di windows 10
    Uninstall Driver Error
    3.   Klik kanan pada driver  dengan tanda seru berwarna kuning tersebut dan pilih Uninstall.
    4.   Setelah itu klik kanan pada bagian kosong di jendela komputer menagement tadi dan pilih Scan for change hardware. maka Windows akan mulai memindai perangkat keras dan menginstal ulang driver. Pastikan anda terhubung dengan internet.

     Cara 2: Perbarui Driver


    Dalam beberapa kondisi, jika Windows tidak dapat membantu menginstal driver dan ada beberapa driver perangkat yang tidak dikenal, Anda dapat memperbaruinya driver untuk mengatasi masalah BSOD Win32kfull.sys.

    1.   Buka device manager (caranya Sama seperti langkah pada cara 1 tadi) dan temukan driver kesalahan.
    2.   Kemudian Klik kanan untuk memilih Update Driver.
    3.  Kemudian pilih Search automatically for updates  driver. 

    Cara mengatasi layar biru win32kfull.sys di windows 10
    Update Driver

    4. Selanjutnya Windows akan mencari driver secara online dan menginstalnya secara otomatis. Kemudian setelah update selesai, reboot komputer Anda untuk melihat apakah layar biru BSOD win32kfull.sys saat startup sudah hilang.

    Jika Anda memiliki masalah dengan memperbarui driver di device manager, Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti Doctorto untuk memperbarui driver driver dan kesalahan yang hilang secara otomatis.

    Setelah Anda mengunduhnya ke komputer Anda, klik dua kali untuk menginstal dan menjalankannya.

    cara 3: Periksa Pembaruan Windows 10


    adanya masalah pada file sistem juga dapat menjadi penyebab monitor Windows 10 berubah menjadi layar biru seperti Win32kfull.sys. Jadi jika Windows 10 telah mempunyai update yang baru, cobalah untuk mengupdate sistem windows 10 yang anda gunakan.

    Cara termudah untuk memeriksa apakah ada pembaruan baru untuk Windows 10 adalah dengan memeriksa pembaruan disistem update dan recovery di menu pengaturan windows anda.

    Di jendela Windows update, klik cek update.

    Jika ada pembaruan baru, Windows 10 akan mengunduh dan memperbaruinya secara otomatis.

    Cara 4: Periksa Memori Anda


    Error BSOD Win32kfull.sys bisa juga disebabkan karena masala pada hardisk perangkat komputer anda. Jadi, Anda harus menguji apakah hardisk bermasalah atau tidak
    Caranya ?

    Buka  Windows Memory Diagnostic, klik Restart sekarang dan periksa masalah.

    Komputer akan restart dan akan memasuki proses untuk menguji RAM. Setelah tes selesai, komputer akan reboot dan menunjukkan Anda kondisi hardisk.

    Cara 5: Hapus Program Bermasalah


    Terkadang, beberapa program tambahan baru akan menyebabkan Win32kfull.sys Blue Screen of death, jadi jika itu terjadi setelah Anda menginstal program-program ini, Anda harus menghapusnya satu per satu.

    1. buka Kontrol Panel> Program and Fitur> unistall Program untuk membuka jendela uninstall.

    2. Temukan program yang bermasalah, klik kanan untuk Uninstall
      

    Setelah Anda menghapus program yang bermasalah, Anda dapat menguji apakah masalah terpecahkan atau tidak. Jika terselesaikan, Anda dapat mencoba menginstal ulang versi program yang berbeda.

    sekian dan terimahkasi

    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon