Cara Memperbaiki MBR Error pada windows 8

Kesalahan pada saat booting pada perangkat komputer berbasis windows dapat disebabkan karena masalah Master Boot Record (MBR) yang korup atau hilang. . selain itu masalah ini juga dapat disebabkan karena rusaknya boot sector, atau kerusakan penyimpanan data konfigurasi Boot.

    #MBR

    Master Boot Record (MBR) adalah bagian dari program booting yang bekerja untuk menghidupkan perangkat. Bagian ini menyimpan data mengenai infromasi partisi lokal yang berisi sistem file. Ia berfungsi sebagai boot loader rantai independen pada partisi penyimpanan data.

    Meskipun Windows 8 adalah versi stabil dari sistem operasi windows tetapi tidak membuat sistem windows 8 ini kebal dari masalah stabilitas OS-nya. Terkadang dibeberapa kasus sistem windows 8 mengalami masalah saat proses boot berlangsung. Masalah ini kemungkinan besar disebabkan kesalahan boot yang disebabkan karena Master Boot Record (MBR) yang rusak atau hilang, kerusakan boot sector, atau kerusakan penyimpanan data konfigurasi Boot.

    Pada kasus Ini terjadi kegagalan sistem dalam menampilkan BIOS dan ditandai dengan munculnya pesan error.

    #Penyebab MBR

    Sekarang pertanyaannya mengapa hal ini bisa terjadi? Alasan di balik itu mungkin terjadi karena malware masuk ke sistem Anda atau Anda telah menginstal versi sebelumnya dari windows atas instalasi yang sudah ada.

     #Cara Mengatasi MBR

    Langkah-langkah untuk memperbaiki Windows 8, hilang atau rusak Master Boot Record adalah sebagai berikut.

    1.   Masukkan disk instalasi windows 8 ke driver perangkat komputer jika anda mengunakan cd untuk install. Intinya jalankan file instalasi windows 8 anda.

    Cara Memperbaiki MBR Error pada windows 8
    Repair ur Computer

    2.   Pilih Repair Your Computer di bagian kiri bawah bilah layar instalan

    Cara Memperbaiki MBR Error pada windows 8
    TrobleShoot

    3.   Kemudian pada jendela repair yang muncul pada bagian Trobleshoot Pilih Advance Tools

    Cara Memperbaiki MBR Error pada windows 8
    Command Prompt

    4.   Kemudian di jendela Advance Tools Pilih Command Prompt. Maka akan muncul jendela command Prompt.
    5.   Masukkan kodde berikut bootrec / fixmbr kemudian enter. Selanjutnya masukkan kode bootrec / fixboot Kemudian Enter. Selanjutnya masukkan kode bootrec / RebuildBcd dan tean enter. Jika kode benar akan muncul notice succelfull.

    Code

    6.   Langkah akhir close jendela command prompt kemudian restart perangkat window 8 anda.

    Ada beberapa kasus dimana cara diatas tidak menyelesaikan masalah MBR. Jika hal itu juga terjadi pada perangkaat anda maka kemungkinan besar kerusakan berada pada hardware. Misalnya hardisk anda bukan asli bawaan laptop atau Sektor boot rusak (bad sector).

    Karena Windows 8 adalah versi stabil dari sistem operasi windows Microsoft, tetapi itu tidak berarti tidak akan pernah menghadapi masalah stabilitas dengan OS-nya.




    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon