fakta Menarik Tentang Samudra Atlantik


berbagai dongeng datang dari arah hamparan air asin yang kitas ebut samudra. Dari bajak laut terkenal hingga harta di dasar samudera, dan segala sesuatu di antaranya, samudera penuh dengan fakta luar biasa! Di antara lima samudera  Samudra Atlantik adalah samudera terbesar kedua di dunia yang dipenuhi dengan fakta menarik.



    Samudra Atlantik


    Nama "Atlantik" berasal dari pulau lagenda "Atlantis" yang terkenal sebagai lost island.  Samudra Atlantik lebarnya 31.660.446 mil. Di samudra ini Palung tedalam diberi nama palung Puerto Riko, yang terletak tujuh puluh mil sebelah utara Puerto Riko dengan kedalaman lima mil (28.374 kaki) di bawah permukaan laut. ada juga Parit, atau irisan di dasar laut membentang sekitar 1.100 mil ke timur.

    Sebuah pegunungan bawah laut besar yang disebut Mid-Atlantic Ridge, membentang ke selatan Islandia sekitar sepuluh ribu mil. Ini lebih luas dari Pegunungan Andes dan membelah Samudra Atlantik dari utara ke selatan.
    Greenland berada di utara di mana Atlantik datang bersama dengan Samudra Arktik. Ini adalah pulau terbesar di lautan dan es menutupi sebagian besar pulau. 

    Tragedi Titanic

    Terkadang, gunung es akan pecah dan bergerak melalui air. Kapal terbesar di dunia yang pernah menjelajah samudra atlantik pada awal 1800-an adalah Titanic yang begitu terkenal melalu sebuah film drama romatis. Pembuat kapal titanik menjuluki kapanya dengan  " kapal tidak dapat tenggelam", tetapi pada tahun 1812, dalam pelayaran perdananya ke Amerika, Titanic tenggelam di Samudra Atlantik setelah menabrak gunung es.


    Hiu Macan

    Samudra Atlantik jauh lebih asin daripada Samudra Pasifik. Hiu Macan, yang paling berbahaya setelah Hiu Putih Besar, hanya terletak di Samudra Atlantik.
    Hiu Atlantik Besar memiliki berat sekitar empat ton dan merupakan yang terbesar kedua di dunia. Sekitar seperlima, atau dua puluh satu persen permukaan bumi terdiri dari Samudra Atlantik. Bagian terluas dari lautan adalah antara Meksiko dan Spanyol.

    Segitiga Bermuda


    Wilayah paling misterius di lautan dikenal sebagai Segitiga Bermuda. Terletak di lepas pantai tenggara Amerika Serikat, titik segitiga berada di pulau Bermuda, San Juan Puerto Rico, dan Miami, Florida. Ini mencakup sekitar lima ratus ribu mil persegi di Samudra Atlantik. Misteri dimulai pada tahun 1945, ketika sebuah kelompok di pesawat tempur Amerika Serikat menghilang.Sejak saat itu, ada banyak kasus hilangnya kapal dan pesawat terbang yang tidak dapat dijelaskan. Misteri masih terus diperdebatkan.


    karang Cancun

    Samudra Atlantik adalah rumah bagi terumbu karang terbesar kedua di dunia yang terletak di lepas pantai Meksiko. Ini disebut Karang Cancun. Gelombang pasang tertinggi di dunia, sekitar lima puluh kaki tingginya, terjadi di Teluk Fundy, Kanada. Teluk ini berada di pantai timur Kanada dan membentang dari New Brunswick ke Nova Scotia. Luas teluk samudera panjangnya seratus tujuh puluh mil.


    Seperempat ikan dunia ditangkap di Samudera Atlantik.Laut berbatasan dengan sisi barat Namibia, di Afrika Selatan. Ini adalah wilayah gurun di mana sebagian besar berlian dunia ditemukan. Saat ini sebagian besar penambangan intan dilakukan di lepas pantai karena pasokan di dekat pantai telah habis.


    Blackbeard Pirate

    Dari 1716 hingga 1718, Blackbeard the Pirate dan krunya akan berlayar di Samudra Atlantik untuk meneror pelaut lainnya. Dia sangat terkenal di sepanjang Outer Banks di pantai Carolina. Ia memiliki reputasi sebagai monster yang kejam dan terbunuh pada tahun 1718 di Pulau Ocracoke. Kepalanya melekat pada haluan kapal. Seperti legenda, Blackbeard meninggalkan harta terpendam besar di sepanjang pantai Carolina, tetapi belum pernah ditemukan.


    Gurun Mengambang

    Di tengah lautan, dekat Hindia Barat, adalah Laut Sargasso. Ia juga dikenal sebagai "gurun mengambang". Airnya sangat tenang dan dipenuhi rumput laut. Air bergerak dalam rotasi searah jarum jam, mengandung kadar garam sangat tinggi, dan berwarna sangat jernih dan sangat biru. Salah satu hal yang paling aneh adalah bahwa belut tertarik ke daerah ini dan datang dari segala penjuru untuk bertelur dan bertelur.


    Artikel Terkait


    EmoticonEmoticon