Cara menyelamatkan data di hariddisk Kasus Harus rubah format hard disk (GPT dan MBR)

Tags


Kasus Harus merubah forat harddisk dari GPT ke MBR atau sebaliknya kadang ditemukan saat proses instalasi windows. hal yang membuat kompleks adalah bahwa pesan harus mengganti format harddisk baru muncul saat partisi system yang memuat windows sudah diformat. Dengan kata lain tidak ada jalan untuk  mencancel instalasi dan untuk menggunakan perangkata anda kembali mau tidak mau harus mengistall kan ?

cara atau tutorial menganti GPT ke MBR atau sebaliknya saat proses instalasi berlangsung bisa anda temukan di internet. Semua tutorial tersbut bisa bekerja dengan konsekuensi seluru data dalam harddisk perangkat anda akan hilang karena cara ini mengharuskan seluruh partisi di hapus dan digabungkan kembali menjadi satu partisi. Solusi seperti recovered atau mengembalikan data dengan software seperti recuva dari pengalaman pribadi kami tidak bisa mengatasi masalah kehilangan data.

salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk mencegah kehilangan data adalah dengan back up paksa data anda  kekomputer lain. meskipun kami menyebutnya cara namun ini lebih pas dikatakan trik karena untuk menerapkanya anda harus membongkar perangkat anda dan mengambil hardisk di dalamnya. Untuk itu diperlukan alat antara lain obeng set dan sata to  usb converter. Konverter USB ke sata ini adalah alat agar harddisk anda isinya bisa diakses di perangkat lain.

tutorial bagaimana melepas harddisk dapat anda cara di youtube biar lebih mudah. singkat cerita setelah anda melepas harddisik segera hubungkan dengan sata to usb konverter dan akses dengan perankat komputer lain. pindahkan semua data anda yang dianggap penting. setalah selesai masukkan kembali hardisk ke pc sebelumnya dan lakukan istalasi dengan terlebih dahulu mengganti format yang diminta system windows. anda bisa membaca caranya di article dibawah :






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon