Cara mengganti format hard disk MBR ke GPT saat proses instalasi

Menganti format/jenis hardisk MBR ke GPT PC sangat dianjurkan sebelum memulai instalasi windows pada perangakat anda. Terutama bagi anda yang membuka jasa instalasi windows 8 dan 10 karena windows ini tidak dapat di install pada perangkat komputer dengan format hardisk MBR. Kesalahan langkah dapat menimbulkan resiko yang fatal seperti seluru data terancam hilang permanen. untuk itu sebelum menginsatal perlu mengecek format hardisk bawaan pc anda.

Baca Juga : Cara cek jenis/format partisi hard disk laptop Anda

sebagian besar orang yang belum terlalu paham menemukan masalah ini one the spot pada saat hendak mengistall windows 8 atau 10. parahanya lagi pesan error" windows cannot be installed on te disk. the selected disk is of the MBR patition disk style" baru akan muncul setelah partisi system telah terformat. Dengan kata lain proses instalasi tidak bisa di batalkan karena system windows semula terlah terformat. solusinya adalah dengan merubah jenis hardisk ke  GPT.

Perlu anda ketahui bahwa cara ini mempunyai konsekuensi yaitu data seluruh hardisk akan hilang permanen. Mengapa bisa hilang ? merubah jenis hardisk dari semulah MBR ke GPT atau sebaliknya mengharuskan seluruh partisi bergabung dan hal itu terjadi dengan syarat data isi dari partisi terebut harus dikosongkan terlebih dahulu. Meskipun sebenarnya ada trik lain yang bisa anda gunakan untuk menyelamatkan data anda jika kasus ini terjadi.

Baca Juga : Cara menyelamatkan data di hardisk pada kasus harus rubah style hardisk (GPT dan MBR)

Pertama. masuk ke menu kedua dari rangkaian instalasi windows. Kebetulan pada tutorial kali ini saya mengunakan contoh windows 8. Kemudian Klik install Now.
 Cara mengganti Jenis hardisk MBR ke GPT saat proses instalasi
Istalasi Windows

Kedua. Pada halaman selajutnya pada keyboard tekan SHIFT + F10 untuk membukan Command Prompt Administration. 
 Cara mengganti Jenis hardisk MBR ke GPT saat proses instalasi
CMD

Ketiga. masukkan script berikut secara sistematis
 Cara mengganti Jenis hardisk MBR ke GPT saat proses instalasi
Conver hardisk MBR ke GPT

ketik dikspart kemudian enter. dibawahnya ketik list disk kemudian enter. dibawahnya lagi ketik select Disk 0 kemudian enter. Selanjunya ketik clean kemudian enter. terakhir ketik Conver GPT kemudian Enter. lalu close jendela CMD. lihat gambar di atas

sekarang seharusnya format partisi anda telah menjadi GPT. selanjutnya lakukan langkah untuk mengitall windows sepeti biasa.  sekian informasi sederhana dari bloginfokuhaku semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. jika ada masalah terkait artikel ini kami mempersilahkan anda untuk berkomentar pada kolom postingan di bagian bawah blog ini. 





Artikel Terkait


EmoticonEmoticon