RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah | : | SMA/MA |
Mata pelajaran | : | FISIKA |
Kelas / semester | : | XI / 2 |
Materi pokok | : | Getaran harmonis |
Sub materi | : | Gaya pemulih |
Alokasi waktu | : | 2 × 45 menit ( 1 kali tatap muka ) |
KOMPOTENSI INTI
KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI.3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPOTENSI DASAR
1.1 Bertambahnya keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan dengan adanya gaya pemulih.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; kekompakan, proaktif, dan toleran) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan kegiatan diskusi.
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran
Indikator :
1.1.1 Memperlihatkan kekaguman dengan mengucapkan rasa syukur dengan adanya pengetahuan yang siswa peroleh
2.1.1 Memperlihatkan rasa ingin tahu, dengan mengajukan pertanyaan pada saat proses pembelajaran berlangsung
2.2.1 Menghargai hasil kerja individu atau kelompok pada saat proses pembelajaran berlangsung.
3.4.1 Menjelaskan pengertian gaya pemulih
3.4.2 Mengimplementasikan gaya pemulih pada getaran pegas dan ayunan bandul.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui studi pustaka, peserta didik dapat menuliskan pengertian gaya pemulih.
2. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan gaya pemulih pada getaran pegas dan ayunan bandul.
3. Melalui tes tertulis, siswa mampu menentukan nilai gaya pemulih pada getaran pegas dan ayunan bandul.
Untuk selengkapnya download rpp berikut melalui link dibawah
EmoticonEmoticon