RPP Fisika SMP Materi Getaran dan Gelombang

Tags

Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran

                        Satuan Pendidikan      : SMP
                        Mata Pelajaran : IPA Fisika
                        Kelas/Semester            : VIII/2
                        Materi Pembelajaran   : Getaran dan Gelombang
                        Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit

       I.            STANDAR KOMPETENSI  :
Memahami Konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari - hari

    II.            KOMPETENSI DASAR                   :
Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.

 III.            INDIKATOR                         :
A.    Kognitif
a)      Produk                              :
1.1Mengindentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari
1.2 Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran
b)      Proses                                :
1.1 Menyebutkan contoh  benda-benda yang bergetar
1.2 Menceritakan pengalaman berhubungan dengan benda-benda yang bergetar dalam kehidupan sehari-hari
1.3  Menyebutkan hubungan antara gelombang dan getaran
1.4  Mendefenisikan pengertian gelombang dan getaran
2.1  Menganalisis lamanya waktu suatu benda bergetar
2.2 Mengukur periode getaran dengan menerapkan persamaan peroide
2.3 Mengukur frekuensi getaran dengan menghubungkan hasil pengukuran periode  pada penerapan persamaan frekuensi 
B.     Psikomotor                                    :
Merancang percobaan untuk menunjukkan konsep getaran, percobaan menentukan periode dan menyelidiki pengaruh amplitudo pada periode getaran
C. Afektif       
a. Karakter
·         Taqwa
·         Disiplin
·         Rasa Hormat dan perhatian
·         Tekun
·         Tanggung Jawab
·         Ketelitian
b. Keterampilan Sosial
·         Bekerjasama
·         Bertanya
·         Memberikan idea tau berpendatpat
·         Menghargai pendapat orang lain
                                          :
 IV.            TUJUAN PEMBELAJARAN
A.    Kognitif
1.      Produk :
a.       Siswa mampu mengidentifikasi  getaran pada kehidupan sehari-hari
b.      Siswa dapat mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran
2.      Proses :
1.1  Siswa dapat menyebutkan contoh  benda-benda yang bergetar
1.2   Siswa mampu menceritakan pengalaman berhubungan dengan benda-benda yang bergetar dalam kehidupan sehari-hari
1.3  Siswa dapat menyebutkan hubungan antara gelombang dan getaran
1.4   Siswa mampu mendefenisikan pengertian gelombang dan getaran
2.1  Siswa dapat menganalisis lamanya waktu suatu benda bergetar
2.2  Siswa dapat mengukur periode getaran dengan menerapkan persamaan peroide
2.3  Siswa mampu mengukur frekuensi getaran dengan menghubungkan hasil pengukuran periode pada penerapan persamaan frekuensi 
B.     Psikomotorik
Siswa mampu merancang percobaan untuk menunjukkan konsep getaran, percobaan menentukan periode dan menyelidiki pengaruh amplitudo pada periode getaran

C.     Afektif:
a. Karakter
·         Siswa memulai dan mengakhiri pelajaran dengan berdoa
·         Siswa disiplin dalam belajar dan membuat tugas
·         Siswa diharapkan memperhatikan proses pembelajaran
·         Siswa tekun mengerjakan tugas
·         Siswa diharapkan melaporkan hasil pekerjaannya dengn bertanggung jawab
·         Siswa diharapkan teliti dalam mengerjkan tugas
b. Keterampilan Sosial
·         Siswa dapat beekerjasama dengan teman kelompoknya
·         Siswa dapat bertanya tanpa disuruh bertanya
·         Siswa mampu memberikan idea atau berpendapat
·    Siswa memberikan kesempatan kepada teman lain untuk menyampaikan pendapatnya

    V.            MATERI AJAR                     :
Geataran dan gelombang

 VI.            MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Kooperatif dengan metode pembelajaran langsung dan demonstrasi

VII.            SUMBER/MEDIA PEMBELAJARAN        :
Buku Siswa IPA kelas VIII semester 2, Penerbit Pusat Perbukuan Diknas, LKS Getaran dan Gelombang, Pegas, beban kecil, benang, stopwatch, penggaris, slinki, tali palstik 10 meter, Statif dan kelengkapannya

VIII.          PROSE PEMBELAJARAN ATAU SKENARIO PEMBELAJARAN
A.     Pendahuluan  :
           
a.      Motivasi                    :
Guru mengajukan pertanyaan :
Ketika kalian menggetarkan sebuah penggaris pada ujung meja, maka penggaris itu akan bergetar. Apa sebenarnya getaran itu ?
atau
Pernahkah kalian main ayunan. Apa yang terjadi ketika kalian menggerakkan ayunan? Apakah gerakan ayunan bisa disebut ayunan?
b.      Pengetahuan Prasyarat :
Cara membaca stop wach
B.      Kegiatan Inti  :

·          Siswa diberikan bahan bacaan (bacaan siswa) mengenai pengenalan tentang getaran dan gelombang.
·          Guru bertanya tentang materi tang telah dibaca oleh siswa dalam buku bacaan siswa
·          Memberikan informasi tentang kegiatan percobaan getaran dan memodelkan langkah-langkah melakukannya secara sederhana
·          Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran koperatif, kemudian membagikan alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan LKS Getaran dan meminta siswa untuk bekerja secara cermat dan hati-hati sesuai dengan LKS
·          Membimbing siswa dalam kelompoknya untuk melakukan percobaan sampai pada kesimpulan
·          Secara bergantian, kelompok mengemukakan hasil kerjanya dan ditanggapi oleh kelompok lain
·          Guru memodelkan cara menggunakan matematis sederhana untuk mengerjakan soal hubungan antara perioda dan frekuensi
·          Setiap kelompok diberikan soal dan dikerjakan dalam kelompoknya
·          Meminta salah satu kelompok untuk mengerjakan ke depan dan diberikan penguatan
·          Memberikan penghargaan pada kelompok-koelompok yang kinerjanya bagus.
·          Mengkonfirmasi tentang frekuensi, perioda, hubungan antara frekuensi dan periode

C.     Penutup                                        
·  Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran, sesuai dengan tujuan pembelajaran
·  Pada tahap akhir guru memberikan tes untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang telah dilakukan.
·  Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal  tentang getaran sebagai PR


 IX.            PENILAIAN
1. Teknik Penilaian :
6.1. Pemahaman dan Penerapan Konsep :.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan( tes tertulis) dalam bentuk uraian (dilakukan pada petemuan ketiga)
 6.2 Kinerja Ilmiah                         :
Guru menilai ketika siswa melakukan percobaan untuk menunjukkan untuk menunjukkan  konsep getaran, percobaan menentukan periode dan menyelidiki pengaruh amplitudo pada periode getaran..                     
 Alat dan Bahan :
·                  Mistar plastik
·                  Tali atau benang
·                  Beban atau bandol
·                  Pegas
·                  Statif, stopwatch
·                  Beban

Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran

                        Satuan Pendidikan      : SMP
                        Mata Pelajaran : IPA Fisika
                        Kelas/Semester            : VIII/2
                        Materi Pembelajaran   : Getaran dan Gelombang
                        Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit

I.                   STANDAR KOMPETENSI  :
Memahami Konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari - hari

II.                KOMPETENSI DASAR                    :
Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.

III.             INDIKATOR                         :
A.    Kognitif
a.       Produk                             :
1.1  Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
1.2  Mendeskripsikan besaran-besaran pada gelombang
1.3  Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
2.      Proses                               :
1.1  Mendefenisikan pengertian gelombang longitudinal
1.2  Mendefenisikan pengertian gelombang transversal
1.3  Mendeskripsikan karakteristik gelombang longitudinal
1.4  Mendeskripsikan karakteristik gelombang Transversal
1.5  Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
1.6  Mendeskripsikan besaran besaran pada gelombang
1.7  Menjelaskan perbedaan antara cepat rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
1.8  Menemukan hubungan antara cepat rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
1.9  Menemukan hubungan antara frekuensi dan periode gelombang
1.10                  Memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan panjang gelombang, frekuensi dan cepat rambat gelombang.
B.     Psikomotor                                   :
Melakukan percobaan untuk membuat gelombang, dinama percobaan menjukkan bahwa medium tidak merambat bersama gelombang
C.  Afektif      
a. Karakter
·         Taqwa
·         Disiplin
·         Rasa Hormat dan perhatian
·         Tekun
·         Tanggung Jawab
·         Ketelitian
b. Keterampilan Sosial
·         Bekerjasama
·         Bertanya
·         Memberikan idea tau berpendatpat
·         Menghargai pendapat orang lain
                                          :
IV.             TUJUAN PEMBELAJARAN
A.    Kognitif
1.      Produk :
a.       Siswa mampu membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
b.      Siswa mampu mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang

2.      Proses :
1.1  Siswa dapat mendefenisikan pengertian gelombang longitudinal
1.2  Siswa dapat mendefenisikan pengertian gelombang transversal
1.3  Siswa dapat mendeskripsikan karakteristik gelombang longitudinal
1.4  Siswa dapat mendeskripsikan karakteristik gelombang Transversal
1.5  Siswa mampu membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
1.6   Siswa mampu menjelaskan perbedaan antara cepat rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
1.7  Siswa dapat menemukan hubungan antara cepat rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
1.8  Siswa dapat menemukan hubungan antara frekuensi dan periode gelombang
1.9  Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan panjang gelombang, frekuensi dan cepat rambat gelombang.

B.     Psikomotorik
Siswa mampu melakukan percobaan untuk membuat gelombang, dinama percobaan menjukkan bahwa medium tidak merambat bersama gelombang

C.     Afektif:
a. Karakter
·         Siswa memulai dan mengakhiri pelajaran dengan berdoa
·         Siswa disiplin dalam belajar dan membuat tugas
·         Siswa diharapkan memperhatikan proses pembelajaran
·         Siswa tekun mengerjakan tugas
·         Siswa diharapkan melaporkan hasil pekerjaannya dengn bertanggung jawab
·         Siswa diharapkan teliti dalam mengerjkan tugas
b. Keterampilan Sosial
·         Siswa dapat beekerjasama dengan teman kelompoknya
·         Siswa dapat bertanya tanpa disuruh bertanya
·         Siswa mampu memberikan idea atau berpendapat
·         Siswa memberikan kesempatan kepada teman lain untuk menyampaikan pendapatnya

V.                MATERI AJAR                      :
Geataran dan gelombang

VI.             MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Kooperatif dengan metode pembelajaran langsung dan demonstrasi

VII.          SUMBER/MEDIA PEMBELAJARAN        :
Buku Siswa, LKS dan computer/laptop, tali dan pita sepanjang 2 meter, charta gelombang transversal, dan charta gelombang longitudinal.

VIII.       PROSES PEMBELAJARAN ATAU SKENARIO PEMBELAJARAN
A.     Pendahuluan  :
a.      Motivasi                    :
Guru mengajukan pertanyaan :
Mengapa kakimu terasa terdorong ketika terkena ombak di pantai?
Apa yang kamu ketahui tentang tsunami?
Mengapa kayu yang terapung di permukaan air akan bergerak naik-turun?

b.      Pengetahuan Prasyarat         :
Pengertian getaran

B.     Kegiatan Inti  :
·      Memberikan informasi bahwa  gelombang mekanik, membutuhkan tempat untuk merambat yang disebut medium . Jika gelombang merambat pada tali, maka mediumnya tali.
·      Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran koperatif, kemudian membagikan alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan LKS Gelombang  dan meminta siswa untuk bekerja secara cermat  sesuai dengan LKS
·      Membimbing siswa dalam kelompoknya untuk melakukan percobaan sampai pada kesimpulan tentang perbedaan gelombang transversal dan longitudinal
·      Guru memodelkan cara menggunakan matematis sederhana untuk mengerjakan soal hubungan antara frekuensi, panjang gelombang dan cepat rambat gelombang

·    Setiap kelompok diberikan soal dan dikerjakan dalam kelompoknya.

·  Secara bergantian kelompok mengemukakan hasil kerjanya dan ditanggapi oleh kelompok lain

· Meminta siswa untuk membaca buku siswa, dan mendiskusikannya tentang konsep besaran-besaran  (panjang gelombang, amplitudo, frekuensi dan periode)

·      Meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan ke depan dan diberikan penguatan

·      Memberikan penghargaan pada kelompok-koelompok yang kinerjanya bagus.


C.     Penutup :
§  Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran, sesuai dengan tujuan pembelajaran
§  Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal  tentang sifat-sifat gelombang dan contoh gelombang transversal maupun longitudinal

§  Pada tahap akhir guru memberikan tes untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang telah dilakukan

      IX.             PENILAIAN

1. Teknik Penilaian :                
6.1. Pemahaman dan Penerapan Konsep :.
Siswa diminta untuk menjawab soal kompetensi dalam bentuk tes uraian
6.2 Kinerja Ilmiah                          :
Guru menilai ketika siswa melakukan percobaan untuk membuat gelombang, percobaan menjukkan bahwa medium tidak merambat bersama gelombang dan  menyelidiki tentang gelombang longitudinal.
Alat dan Bahan :
·            Sebuah ember dan air secukupnya
·            Seutas tali atau pita sepanjang 2 meter
·            Charta gelombang transversal dan charta gelombang longitudinal



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon